Mitsubishi Colt Diesel FE 71 Unggulan untuk Berbagai Proyek

Colt diesel menjadi salah satu jenis armada yang sering digunakan berbagai macam proyek pembangunan. Apa lagi saat ini pemerintah sedang gencar dalam melakukan pembangunan. Salah satu merek ternama yang sering hadir adalah Mitsubhisi Colt FE 71. Mempunyai transmisi manual.

Mampu menghasilkan tenaga hingga 110 bhp dan kecepatan maksimalnya hanya 116 Kmph. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp219 juta sampai Rp304 juta. Sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan khususnya untuk para pengemudi. Karena, kursi dapat di atur sesuai keinginan dan jangkauan.

Sayangnya, fasilitas lain belum disediakan seperti AC hingga telematika. Tetapi, tetap mengutamakan keselamatan karena, sudah tersedia seat belt. Sistem kopling menggunakan Single Dry Plate. Mempunyai gearbox sebanyak 5 percepatan. Mampu melewati jalan tanjakan sampai dengan 35%. Sementara, sistem pengereman sudah Hidrolik.

Agar mudah dipahami sistem pengereman Colt diesel ini menggunakan tekanan pada oli. Ada banyak keuntungan menggunakan jenis ini. Salah satunya adalah mampu mengurangi berbagai kerugian yang terjadi. Bila melakukan pengereman pada kecepatan tinggi. Dari sistem konstruksinya juga jauh lebih sederhana.

Sistem Pengereman Mitsubhisi FE 71

Tidak hanya itu saja, Truk tersebut juga sudah dilengkapi dengan Rem kedua atau pembantu menggunakan gas buang. Sistem ini biasanya disediakan untuk bus juga. Sebenarnya, fungsinya hanya menahan laju kecepatan saja. Bukan untuk menghentikannya sampai benar-benar berhenti.

Cara kerjanya juga sangat singkat. Saat Exhaust Brake ini dihidupkan oleh pengemudi. Akan menimbulkan suara seperti gas terbuang. Tetapi, sebenarnya adalah tertahan karena, saat exhaust dihidupkan katup akan menutup. Dengan begini putaran pada piston akan melambat dengan sendirinya.

Viral :   Mengenal Jenis-Jenis dan Ukuran Bearing Mobil

Penggunaan Exhaust Brake pada Colt diesel sangat bermanfaat bila pengemudi sedang bermanuver dengan kecepatan tinggi. Tanpa perlu menginjak rem, putaran rodanya secara otomatis melambat. Pada Bus, cara ini cukup efektif memberikan kenyamanan para penumpangnya. Karena, tidak langsung menginjak rem.

Spesifikasi Keseluruhan Mitsubishi FE 71

Bila dilihat berdasarkan suspensinya sudah menggunakan leaf elliptic. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan. Suspensi tersebut mampu menahan guncangan sampai dengan getaran saat armada ini sedang berjalan. Jadi, rasanya jauh lebih empuk tidak terlalu keras. Total kapasitas tangki mencapai 70 Liter.

Dari sisi kemudi sendiri sudah menggunakan teknologi power steering, dengan radius putar mencapai 5100 mm. Selain itu, saat dikemudikan sangat stabil. Jadi, lebih nyaman dan aman. Cocok juga digunakan baik diperkotaan atau pedesaan. Jalan raya yang lebar sampai sempit.

Jika dilihat dari segi mesin sudah mumpuni karena, dilengkapi sistem ijeksi. Mempunyai air pendingin dapat dijalankan dari air turbo intercooler. Sehingga, mampu menjaga mesin tetap pada keadaan dingin. Dengan begini, kondisinya jauh lebih awet dan bahan bakar sendiri juga tidak terlalu boros.

Telescopic And Tilt Pada Setir Kemudi

Ada hal yang menarik dari Colt diesel andalan Mitsubhisi dari sistem kemudi khusus untuk sopir. Di mana sudah menggunakan Telescopic and Tilt. Teknologi tersebut biasa digunakan untuk beberapa mobil pilihan seperti, Honda Jazz, Kijang Innova dan masih banyak lagi. Sehingga, tingkat kenyamanan dapat dirasakan.

Viral :   Transportasi Baru Hiasi Otomotif Modern. Begini Mobil Terbang

Fungsi Tilt ini sendiri mampu mengatur berbagai macam posisi. Dapat naik atau juga turun caranya buka saja, tuas pada pengunci yang terdapat di bawah setir. Sementara, untuk telescopicnya mampu mengatur jarak maju atau mundur maksimal 3 inci Inilah cara terbaik dari Mitsubishi menyematkan fitur keamanan.

Beberapa ahli mengatakan salah satu tingkat kemanan sebuah kendaraan adalah dapat mengatur posisi nyaman dari sebuah kemudi. Usahakan jangan terlalu dekat atau jauh. Lebih disarankan adalah 25 cm sampai 30 cm saja. Menggunakan tipe Ball and Nut yang memanfaatkan berbagai macam link.

Dengan begini berbagai macam getaran mampu teratasi tidak terasa dan sangat halus baik untuk belok kanan atau kiri. Hal ini dipengaruhi oleh link yang bekerja secara maksimal. Sehingga, meminimalisir terjadinya getaran dengan begini keamanan saat mengemudi lebih terjamin dibandingkan tipe lainnya.

Mitsubishi FE 71 menjadi, armada yang cukup menarik untuk dikemudikan. Mulai dari sistem pengeremannya sampai setir kemudi. Menggunakan sistem kelistrikan berupa Accu berkapasitas 24 volt. Bila dilihat harga yang ditawarkan untuk tipe baru Colt diesel tersebut sepertinya sangat sepadan.