Jenis Mesin Diesel Mobil dan Perbedaan dengan Mesin Bensin

Produsen mesin biasanya akan memberikan penawaran paling umum yaitu menggunakan diesel ataukah bensin. Penawaran ini sengaja diberikan karena masing-masing orang memiliki selera serta tujuan penggunaan mesinnya berbeda. Jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan sendiri dalam memilih terutama pada kendaraan khususnya seperti mobil.

Secara umum antara disel dengan bensin memiliki cara kerja berbeda sehingga mempengaruhi banyak perbedaan lainnya. Penting untuk diingat jika keduanya juga memiliki banyak kelebihan untuk dipertimbangkan. Kembali lagi ke kebutuhan masing-masing orang yang akan membelinya sebenarnya mau digunakan untuk apa mesin tersebut.

Jika kamu ingin membeli mobil maka harus mempertimbangkan dari awal ingin mencari kendaraan dengan mesin apa. Di bawah ini akan dijelaskan jenis mesin-mesin disel yang memang sering dipakai pada mobil dan cara kerjanya. Serta berbagai perbedaan dengan mesin-mesin bensin sehingga sebagai gambaran secara umum saja.

Jenis-Jenis Mesin Diesel yang Sering Dipakai Pada Mobil

Mesin disel memang sering ditemukan pada mobil niaga karena memang penggunaan bahan bakarnya lebih irit. Performa yang diberikan jauh lebih kuat sehingga jika digunakan untuk menempuh perjalanan jauh tidak masalah. Ada 3 jenis mesin yang paling sering dipakai oleh mobil dan dijelaskan di bawah ini.

  1. Indirect Injection Diesel (IDI)

Mesin IDI sering diaplikasikan pada mesin kapasitas rendah biasanya justru di bawah 3000 cc seperti truck kecil dan SUV. Ciri khasnya ada ruang bakar di dalamnya yang berjumlah dua dengan fungsi berbeda-beda. Tipe ini tidak digunakan lagi untuk mesin terbaru karena kurang efisien, emisinya buruk.

  1. Direct Injection Diesel (DI)
Viral :   Perbedaan Kunci Stir Mobil Berdasarkan Jenis dan Kegunaan

Mesin DI dianggap jauh lebih praktis karena ruang bakarnya hanya tersedia satu saja dan tidak ribet. Injektor langsung dimasukkan ke ruang bakar tanpa perlu adanya busi pijar untuk membantu. Kelebihannya jauh bertenaga, emisinya baik, lebih efisien dan banyak keunggulan lainnya dibandingkan dengan mesin IDI.

  1. Common Rail Direct Injection (CRDI)

CRDI yaitu teknologi modern pada mesin kendaraan sehingga pengaturan bahan bakarnya jauh lebih bagus. Jika kamu melihat tanda CRDI pada mobil SUV menjadi tanda kalau mesinnya berbahan bakar solar. Mesin ini menggunakan satu ruang bakar namun tetap memiliki busi pijar dan kelebihannya jauh lebih banyak.

Perbedaan Mendasar Mesin Diesel dengan Mesin Bensin Harus Diketahui

Jika kamu menganggap kalau mesin diesel dengan bensin dianggap sama tentu salah besar karena keduanya sangat berbeda. Ada beberapa perbedaan dasar penting untuk kamu ketahui apalagi dalam memilih jenis mobil. Simak hal-hal yang membedakan di bawah ini agar memudahkan kamu dalam menentukan pilihan nantinya.

  1. Perbedaan dari bahan bakarnya

Dari bahan bakar yang digunakan sudah jelas sangat berbeda yaitu memakai solar dengan bensin. Pada mesin disel bahan bakar disuntikkan di akhir karena udara akan dikompresi terlebih dahulu. Sementara mesin bensin bahan bakarnya dicampur udara dulu kemudian dikompresi memakai piston menimbulkan percikan api dari busi.

  1. Performa mesinnya
Viral :   Mobil Kia Sportage - Mobil SUV Terbaru Yang Bertabur Fitur Canggih

Mesin yang menggunakan disel performanya jauh lebih kuat sehingga sering digunakan pada kendaraan berat. Seperti truck besar ataupun truck kecil, bus, kendaraan niaga dan masih banyak lagi. Sedangkan mobil bermesin bensin lebih unggul dari segi respon sehingga mesin menjadi lebih halus saat dijalankan.

  1. Kebutuhan bahan bakarnya

Memakai disel membuat kebutuhan bahan bakarnya cenderung lebih irit namun menghasilkan tenaga besar. Jadi untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh juga tidak mengeluarkan banyak biaya bahan bakar. Sedangkan mesin bensin cenderung lebih boros dan butuh banyak bensin sehingga tidak cocok untuk kendaraan niaga.

  1. Perawatan mesinnya

Dalam hal perawatan juga ada banyak perbedaan yang harus kamu ketahui agar tepat dalam memilih kendaraan. Meskipun tenaganya kuat dan irit namun perawatannya jauh lebih ribet karena cepat kotor. Sementara sebaliknya menggunakan mesin berbahan bensin jauh lebih mudah perawatannya dan hemat budget.

Mengetahui jenis-jenis mesin pada kendaraan menjadi dasar penting apalagi jika kamu ingin melakukan pembelian mobil. Ada dua jenis pilihan yang umum ada di pasaran yaitu diesel ataukah bensin dengan berbagai kelebihannya. Setelah mengetahui apa saja perbedaan mesin diesel dan bensin membuat kamu lebih tepat memilih.