Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate
Foto: setirkanan.co.id

Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate

Perbedaan Xpander Sport dan Ultimate – Sejak kehadirannya yang pertama kali pada 10 Agustus 2017, Xpander telah menjadi bintang di antara jajaran mobil Mitsubishi. Kita patut berbangga karena MPV ini tidak hanya dirancang tetapi juga diproduksi langsung di tanah air. Diluncurkan ke pasar pada 3 Oktober 2017, Xpander menonjol dengan desainnya yang tangguh, berwibawa, dan juga memiliki sentuhan keanggunan.

Pada awal tahun 2020, Xpander mengalami pembaruan desain atau facelift untuk pertama kalinya. Kemudian, pada November 2021, versi facelift yang kedua pun diperkenalkan. Dari berbagai model Xpander, dua yang menonjol adalah Xpander Sport dan Ultimate. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa bedanya kedua model tersebut dan manakah yang lebih unggul? Yuk, kita ulas lebih lanjut.

Apa Saja Perbedaannya?

Sesuai dengan namanya, Xpander Sport hadir dengan desain yang lebih sportif. Di sisi lain, Xpander Ultimate merupakan varian yang lebih premium dengan desain yang cenderung lebih mewah. Meskipun dari segi harga keduanya tidak terlalu berbeda jauh, mari kita lihat beberapa perbedaan kedua Xpander ini:

1. Perbedaan pada Bagian Eksterior

Pada pandangan pertama, semua model Mitsubishi Xpander tampak serupa. Namun, ada beberapa perincian yang membedakan. Xpander Sport dilengkapi dengan velg berukuran 16 inci berwarna single tone, sementara Xpander Ultimate memakai velg 17 inci yang memberikan kesan lebih elegan. Velg pada varian Sport sama dengan yang ada pada Exceed dan GLS.

Untuk eksterior lainnya, perhatikan kaca spion. Pada Xpander Sport, warna kaca spion serasi dengan warna bodi, sedangkan pada Xpander Ultimate, kaca spion berwarna chrome yang menambah kesan kemewahan. Emblem pada kedua varian juga berbeda; Xpander Sport bertanda ‘Sport’, sementara Xpander Ultimate memiliki emblem ‘Ultimate’.

Handle pintu pada kedua varian ini juga tidak sama. Xpander Sport memiliki handle pintu yang warnanya menyatu dengan bodi, berbeda dengan Xpander Ultimate yang handle pintunya berwarna chrome. Ini membuat Xpander Ultimate mudah dibedakan dengan varian lainnya. Baik grille depan, spion, maupun handle pintu pada Ultimate semuanya berwarna chrome.

Viral :   Langkah Mudah 6 Cara Reset Remote Mobil Yang Eror

2. Perbedaan pada Bagian Interior

Ketika kamu memasuki kabin, barulah perbedaan antara kedua varian Xpander ini menjadi sangat nyata. Xpander Sport memiliki kabin dan dashboard dengan warna gelap, kombinasi dari hitam dan coklat tua. Sebaliknya, Xpander Ultimate memilih warna yang lebih terang, yaitu beige. Ini membuat Xpander Sport lebih praktis dalam hal perawatan karena tidak mudah terlihat kotor, sedangkan Ultimate memerlukan perawatan lebih.

Meskipun begitu, desain interior keduanya tidak terlalu berbeda. Baik Xpander Sport maupun Ultimate mengadopsi desain Horizontal Axis dengan kombinasi material soft touch yang nyaman dan detail jahitan yang elegan. Selain itu, AC pada dashboard kini sudah berteknologi digital, memberikan kesan lebih modern.

Kedua model ini juga telah dilengkapi dengan layar sentuh berukuran 8 inci pada dashboard. Baik Sport maupun Ultimate sudah mendukung konektivitas dengan Apple Car Play atau Android Auto. Desain setir yang lebih modern tidak hanya eksklusif untuk varian Ultimate, karena pada varian Sport pun sudah tersedia.

3. Perbedaan Fitur

Pada setir Xpander Ultimate, terdapat tombol tambahan untuk fitur Cruise Control, yang memungkinkan pengemudi mengatur kecepatan secara otomatis, menjaga mobil berjalan stabil tanpa perlu menekan pedal gas. Fitur ini eksklusif hanya untuk Xpander Ultimate, tidak terdapat pada Xpander Sport.

4. Perbedaan Harga

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, perbedaan harga antara kedua varian Mitsubishi Xpander ini tidak signifikan, hanya sekitar Rp 2 juta. Xpander Sport dijual dengan harga sekitar Rp 270 jutaan, sementara Xpander Ultimate berkisar Rp 272 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Xpander Sport dan Ultimate

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil, penting untuk mengetahui apa saja keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki. Ini akan menjadi pertimbangan yang berharga, sehingga kamu akan tahu apa yang akan didapatkan saat membeli. Berikut adalah keunggulan dan keterbatasan dari Xpander Sport dan Ultimate.

Kelebihan

  • Kapasitas untuk 7 penumpang dengan kabin yang luas, berdimensi 4595 mm (panjang) x 1750 mm (lebar) x 1730 – 12750 mm (tinggi).
  • Ruang bagasi yang besar, memungkinkan kamu membawa banyak barang. Jika perlu ruang lebih, jok belakang dapat dilipat menjadi MPV 5 penumpang.
  • Mesin berkapasitas 1499 cc yang efisien dalam konsumsi bahan bakar, lebih hemat dibandingkan mobil dengan kapasitas mesin yang lebih besar.
  • Performa yang kuat di jalan menanjak, bahkan ketika mobil penuh penumpang. Keunggulan ini telah terbukti sejak Mitsubishi Xpander pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Dirancang untuk kondisi jalan di Indonesia yang berbukit, mobil ini dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist untuk membantu di jalan menanjak.
  • Suspensi pada Xpander Sport dan Ultimate yang nyaman, mengurangi getaran di jalan, bahkan saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Kendaraan tetap stabil dan nyaman melewati jalan yang bergelombang.
  • AC yang sejuk, cocok untuk berkendara di berbagai kota di Indonesia yang cenderung panas di siang hari.
  • Tingkat kedap suara di dalam kabin yang semakin baik, terutama pada versi facelift terbaru di tahun 2021. Suara bising dari luar kendaraan dapat diminimalisir, membuat pengalaman berkendara lebih nyaman.
  • Kualitas pembuatan yang semakin baik dengan finishing yang rapi.
  • Suku cadang yang dijual dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan di seluruh Indonesia.
  • Jaringan Mitsubishi yang sudah tersebar luas di Indonesia, dengan lebih dari 300 bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh negeri. Ini memudahkan pencarian bengkel resmi, bahkan saat mobil dibawa berkendara ke luar kota.
  • Harga Xpander Sport dan Xpander Ultimate yang terjangkau, yaitu di bawah Rp 300 juta.
  • Harga jual kembali Xpander Sport dan Xpander Ultimate yang masih tinggi, karena mobil ini sangat diminati. Mitsubishi bahkan telah dua kali menerima Gridoto Award untuk kategori mobil dengan harga jual kembali terbaik.
Viral :   Spesifikasi dan Harga Peugeot 5008 Terbaru

Kekurangan

Tampilan interior mungkin terkesan terlalu sederhana, termasuk pada varian Xpander Ultimate yang merupakan yang termahal.
Pada dasbor, tidak semua bagian terbuat dari bahan yang lembut, hanya beberapa saja. Ini membuat sentuhan pada dasbor kurang memberikan kesan mewah.
Untuk model yang belum mendapatkan pembaruan facelift terkini, masih terdapat port USB tipe B yang terasa usang. Port USB tipe C baru tersedia pada model dengan facelift terbaru.