Perbedaan Yamaha R1 dan R1M
Foto: blibli.com

Perbedaan Yamaha R1 dan R1M

Mirip tetapi berbeda, itulah yang bisa kami katakan tentang dua motor besar dari Yamaha, R1 dan R1M. Penting untuk memahami perbedaan antara Yamaha R1 dan R1M agar tidak terjadi kebingungan.

Yamaha, sebagai produsen motor besar yang terkenal, selalu berusaha untuk berinovasi dalam setiap model yang mereka rilis. Tidak hanya itu, mereka juga menawarkan versi upgrade untuk menarik berbagai segmen pasar.

Ambil contoh model YZF-R1 atau yang biasa disebut Yamaha R1, yang juga memiliki versi upgrade kedua, YZF-R1M. Jadi, apa yang membedakan kedua model ini? Berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Yamaha R1 dan R1M

1. Penampilan dan Desain

Yang paling mencolok dari perbedaan antara Yamaha R1 dan R1M adalah pada penampilan eksteriornya, khususnya pilihan warnanya. YZF-R1 menawarkan dua pilihan warna: Team Yamaha Blue yang legendaris dan Performance Black yang elegan.

Di sisi lain, YZF-R1M, motor super sport ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna, yaitu Carbon Fibre. Tidak hanya itu, tangki R1M juga memiliki aksen silver aluminium yang menawan.

Untuk model YZF-R1M, ketinggian joknya sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan R1, yaitu 861mm, sementara YZF-R1 memiliki ketinggian jok 855mm, yang mungkin tidak terlalu terlihat perbedaannya dari kejauhan.

Windshield pada YZF-R1M dirancang untuk lebih aerodinamis, memberikan stabilitas tambahan saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Fairing pada YZF-R1M dirancang dengan detail yang lebih tajam dan bertahap, berbeda dengan R1. Sentuhan karbon pada model ini sangat detail dan mewah.

2. Spesifikasi Mesin Tambahan

Meskipun YZF-R1 dan YZF-R1M memiliki mesin dengan kapasitas dan sistem dasar yang serupa, R1M terbukti memiliki daya maksimum yang lebih tinggi (200 HP) dibandingkan dengan R1 (197.2 HP) pada RPM yang sama.

Viral :   Makin Terjangkau, Ini Harga Mobil Ayla Bekas Terbaru

Kecepatan maksimal YZF-R1M juga sedikit lebih tinggi, mencapai 299 km/jam. Sementara itu, kecepatan maksimal YZF-R1 adalah 285 km/jam, yang menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Dalam hal traksi, sistem yang digunakan pada YZF-R1M memungkinkan perpindahan gigi yang lebih lancar dan cepat. Namun, kedua model tetap menawarkan performa yang mengesankan dengan handling yang serupa.

YZF-R1M juga dilengkapi dengan sistem injeksi ganda yang lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Untuk knalpot, kedua model telah dilengkapi dengan fitur EXUP (Exhaust Ultimate Powerhouse).

3. Fitur Tambahan

Perbedaan harga antara kedua model tidak hanya berasal dari desain dan mesin. Fitur tambahan juga menjadi salah satu faktor yang membedakan Yamaha R1 dan R1M.

Salah satu fitur tersebut adalah suspensi ERS (Electronic Racing Suspension) dari Öhlins, yang eksklusif untuk YZF-R1M. Suspensi ini meningkatkan kenyamanan pengereman dan menjaga stabilitas performa.

Untuk spesifikasi lebih lengkap, suspensi depan YZF-R1M menggunakan 43mm Öhlins ERS NPX fork, sementara suspensi belakang menggunakan Öhlins ERS suspension shock. Kedua suspensi ini dapat diatur sepenuhnya.

Selain itu, YZF-R1M dilengkapi dengan sistem Y-TRAC yang memberikan informasi tentang pengaturan fitur keselamatan berkendara. Sedangkan R1 hanya dilengkapi dengan CCU.

4. Komponen Roda

Kita akan melihat lebih lanjut perbedaan antara Yamaha R1 dan R1M pada komponen roda dari kedua motor super sport ini. Selain perbedaan suspensi yang telah kita bahas, ukuran ban yang mereka gunakan pun berbeda.

Perbedaan pada ban terletak di bagian belakang. YZF-R1 dilengkapi dengan ban berukuran 190/55 R17, sementara YZF-R1M memilih ban yang sedikit lebih lebar, yaitu 200/55 R17. Kedua model ini menggunakan ban RS10 dari Bridgestone.

Viral :   Kenali Beberapa Penyebab RPM Mobil Karburator Tidak Stabil

Selanjutnya, knalpot pada YZF-R1M terbuat dari titanium yang berkualitas, dan velgnya dibuat dari magnesium. Kombinasi ini membuat berat YZF-R1M sedikit lebih berat, yaitu 204 kg, dibandingkan dengan R1 yang beratnya 201 kg.

Ban yang lebih lebar pada dasarnya memberikan kemudahan dalam mengontrol traksi motor. Ini juga berkontribusi pada kontrol handling dan pengereman yang lebih unggul pada YZF-R1M dibandingkan dengan Yamaha R1.

5. Struktur Harga

Perbedaan harga antara Yamaha R1 dan R1M juga patut diperhatikan. Harga yang ditawarkan untuk YZF-R1 adalah Rp 605 juta, sementara YZF-R1M dibanderol dengan harga Rp 812 juta.

Pada suatu waktu, harga untuk YZF-R1M bahkan mencapai lebih dari satu miliar, yang disebabkan oleh kelangkaan yang terjadi pada model tersebut, sehingga meningkatkan harganya.

Namun, perbedaan harga yang signifikan ini bukan tanpa alasan. Hal ini disebabkan oleh perbedaan fitur, tampilan bodywork, dan berbagai aspek lainnya yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tidak hanya harga pembelian yang lebih tinggi pada YZF-R1M, tetapi juga biaya pemeliharaannya. Karena tidak diproduksi lagi di Indonesia, harga spare part untuk perbaikan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan R1.

Dari perbedaan-perbedaan yang telah dijelaskan, kita bisa menyimpulkan bahwa YZF-R1M menawarkan keunggulan lebih. Harga yang ditetapkan untuk model ini memang mencerminkan nilai tambah yang diberikan.

Namun, bagi kamu yang memiliki anggaran terbatas namun masih ingin merasakan sensasi mengendarai motor super sport berkapasitas 1000cc, Yamaha R1 adalah pilihan yang tepat. Model standar R1 juga sudah menawarkan kualitas yang sangat baik.