Tips Modifikasi Mobil Tua

Tips Modifikasi Mobil Tua

Tips Modifikasi Mobil Tua – Mengubah tampilan kendaraan bisa memberikan kesan yang stylish pada mobil dari era manapun. Banyak pemilik mobil lawas yang memilih untuk mengubah penampilannya, menambahkan nilai estetika, meskipun beberapa orang memang lebih menyukai keaslian mobil tersebut.

Kamu yang berkeinginan untuk mulai merombak mobil lawas atau mobil bergaya klasik, ada baiknya memahami beberapa poin penting berikut ini. Daihatsu menyarankan beberapa langkah persiapan dalam merestorasi mobil klasik.

1. Anggaran

Hal pertama yang harus kamu pertimbangkan ketika ingin memodifikasi adalah anggaran. Pastikan anggaran yang kamu miliki sesuai dengan konsep modifikasi yang diinginkan. Namun, ini tidak berarti kamu tidak dapat merestorasi mobil klasik. Kamu bisa memulai proses modifikasi secara bertahap.

2. Konsep

Langkah berikutnya adalah menentukan tema atau konsep modifikasi yang kamu inginkan. Ada beragam konsep yang bisa dipilih atau bahkan kamu bisa menciptakan konsep unikmu sendiri. Jika kamu merasa kebingungan, coba pertimbangkan konsep-konsep seperti modern, gothic, retro balap, imut, atau sporty sebagai inspirasi.

3. Perencanaan

Setelah menetapkan tema atau konsep, waktunya untuk menyusun daftar komponen yang perlu diganti atau diubah. Dengan daftar ini, kamu akan lebih mudah menemukan dan mengetahui komponen mana yang tersedia dengan mudah dan mana yang sulit didapat. Ini memungkinkan kamu untuk memesan komponen dari luar negeri jika diperlukan.

4. Mesin

Mesin pada mobil tua biasanya sudah tidak dalam kondisi terbaik, jadi penting untuk melakukan inspeksi terlebih dahulu. Sebaiknya lakukan pemeriksaan menyeluruh pada mobil untuk mengetahui bagian mana yang benar-benar membutuhkan modifikasi.

5. Audio

Sistem audio pada mobil klasik umumnya sudah ketinggalan zaman dan kualitasnya tidak sebanding dengan sistem audio modern. Bagi kamu yang gemar mendengarkan musik, ini adalah aspek yang layak untuk diperhatikan.

Viral :   Mengenal 5 Gejala Kerusakan TPS Mobil

5 Bengkel Modifikasi Mobil Tua Terbaik

Produksi mobil modern selama beberapa dekade terakhir tidak mengurangi minat terhadap mobil klasik. Industri restorasi dan modifikasi mobil lawas tetap bersinar dan bahkan semakin banyak penggemarnya seiring berjalannya waktu. Tidak hanya di kalangan penggemar otomotif, tetapi juga banyak orang awam yang terpikat oleh pesona mobil klasik dan memilih untuk memiliki satu atau dua dari kendaraan eksotis tersebut.

Untuk kolektor pemula yang masih hijau dalam dunia otomotif, salah satu tantangan adalah memilih bengkel restorasi dan modifikasi yang tepat. Memilih bengkel secara asal-asalan bisa berakibat pada hasil yang tidak memuaskan.

Oleh karena itu, di bawah ini kami akan mengungkapkan lima bengkel restorasi dan modifikasi mobil klasik terbaik di Indonesia yang telah kami kunjungi. Bengkel-bengkel ini telah terbukti memberikan hasil yang memuaskan dan layanan yang prima.

1. Kupu-Kupu Malam Jogja

Alamat: Jl. Kabupaten KM.3,5 No.50 A, Salakan, Trihanggo, Yogyakarta

Instagram: @kupukupumalamjogjaindonesia

Kami ingin memperkenalkan kamu pada Kupu-Kupu Malam, sebuah bengkel modifikasi yang berakar di Jogja. Didirikan oleh Rudi Purnomo pada tahun 2005, bengkel ini telah berkembang dari menyediakan layanan variasi menjadi salah satu bengkel modifikasi terkemuka berkat visi dan misinya yang kuat untuk meningkatkan industri otomotif di tanah air.

Dikenal karena kreasi modifikasi mobilnya yang unik dan sering kali radikal, Kupu-Kupu Malam telah menarik perhatian dan memenangkan banyak penghargaan di berbagai kontes modifikasi, termasuk mendapatkan gelar “The King”.

2. G-Speed

Alamat: Jl. Pangeran Antasari No.31, RW.9, Cipete Utara, Jakarta Selatan

Viral :   Inilah 10 Garasi Mobil Mewah dan Termahal di Dunia

Instagram: @gspeed1

G-Speed, yang didirikan oleh Galih Laksono setelah memenangkan “Meguiar’s Car Crazy Award” di SEMA Show 2013 dengan Holden Monaro 1969, telah berkembang menjadi bengkel restorasi dan modifikasi yang terkenal. Bengkel ini tidak hanya merestorasi tetapi juga membangun muscle car dari nol, yang telah memukau banyak penggemar otomotif internasional.

3. Volkswise

Alamat: Sidoarjo, Jawa Timur

Instagram: @volkswise

Volkswise, terletak di Sidoarjo, Jawa Timur, adalah spesialis dalam restorasi mobil VW dan Porsche, tetapi juga terbuka untuk bekerja pada mobil klasik dari merek lain. Didirikan oleh Sthefanus Giovanni Witjaksana (Koh Stevi) pada tahun 2021, bengkel ini telah merestorasi banyak mobil berkualitas tinggi.

4. GM Power

Alamat: Jl. Tukad Ayung No.20, Renon, Denpasar

Instagram: @gmpowerbali

Bagi kamu yang sedang berada di Bali, GM Power Bali, yang dimiliki oleh Om Nyoman, adalah tempat yang patut dikunjungi. Bengkel ini spesialis dalam merestorasi Toyota FJ Series dan terkenal dengan kemampuannya merestorasi Toyota Land Cruiser Hardtop dengan cepat dan mempertahankan originalitas mesin Toyota.

5. Tuksedo Studio

Alamat: Jl. Tukad Tampungan No.356, Kab. Gianyar, Bali

Website: https://tuksedostudio.com

Instagram: @tuksedo.studio

Terakhir, Tuksedo Studio milik Pudji Handoko, yang berfokus pada rekreasi mobil klasik langka. Dengan teknik yang sesuai standar pabrikan mobil terkemuka, Tuksedo Studio menawarkan rekreasi yang sangat mirip dengan mobil asli, baik dari segi tampilan luar, interior, maupun performa.

Kesimpulan

Itulah lima bengkel terbaik di Indonesia yang telah kami kunjungi. Bengkel-bengkel ini telah terbukti memberikan hasil restorasi dan modifikasi yang mengesankan dan dapat menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merestorasi mobil klasik.