Mobil Terjelek di Dunia
Foto: way.com

10 Mobil Terjelek di Dunia: Ada Nissan S-Cargo!

Kami mengakui bahwa keindahan adalah masalah selera pribadi. Namun, mari kita hadapi kenyataan; ada kendaraan yang secara umum dianggap tidak menarik oleh banyak orang. Beberapa kendaraan ini bahkan bisa membuat Medusa tampak menawan. Siapkan diri kamu, karena kami akan membawa kamu melalui daftar sepuluh mobil terjelek di dunia yang pernah ada dalam sejarah otomotif.

Daftar Mobil Terjelek di Dunia

1. Mobil Listrik Citicar

Ketika kamu memikirkan mobil listrik, mungkin kamu membayangkan Tesla yang elegan atau Lucid yang chic. Namun, lupakan bayangan tersebut karena kami akan memperkenalkan kamu pada Citicar Sebring-Vanguard, sebuah mobil listrik yang penampilannya sangat kurang menarik (dan kami sedang berusaha bersikap sopan). Diperkenalkan pada tahun 1974 selama krisis energi, satu-satunya inspirasi yang tampaknya diambil oleh mobil ini adalah dari krisis desain itu sendiri. Bentuk depannya yang agresif dan lampu depannya yang terlihat seperti kartun bisa membuat Lightning McQueen dari Pixar merasa malu.

Sekarang, mari kita bicara tentang performanya, atau lebih tepatnya, kurangnya performa. Dengan tenaga yang hanya berkisar antara 2.5 hingga 6 tenaga kuda (benar, kamu tidak salah baca), kendaraan ini bahkan kalah cepat dari gerombolan siput. Kecepatan maksimumnya hanya 30 hingga 50 mph, yang lebih lambat dari kecepatan nenek kamu saat mengemudi di hari Minggu. Jadi, kecuali kamu ingin menyatakan, “Saya telah menyerah pada kehidupan,” lebih baik kamu menghindari Citicar.

2. Chevrolet HHR

Jika kamu mencari kendaraan yang akan membuat orang-orang menoleh—dan bukan karena alasan yang baik—maka Chevrolet HHR adalah pilihan yang sempurna. Disebut sebagai “Heritage High Roof,” kendaraan ini seharusnya mengingatkan kita pada Suburban tahun 1949. Namun, sebaliknya, ia terlihat seperti sebuah mesin waktu yang tersesat, bingung memilih era mana yang ingin diwakilinya. Proporsi HHR yang canggung dan kaku menjadikannya salah satu kendaraan terburuk dalam daftar kami.

Meskipun penampilannya kurang memikat, HHR memiliki beberapa keunggulan. Ruang interiornya cukup luas, memungkinkan kamu untuk membawa seluruh keluarga dengan nyaman. Efisiensi bahan bakarnya juga cukup mengesankan. Namun, sayangnya, itu tidak cukup untuk menyelamatkan HHR dari menjadi bagian dari tumpukan sampah sejarah otomotif. Produksi HHR dihentikan pada tahun 2011 karena penjualan yang tidak memuaskan, membuktikan bahwa ruang interior yang luas dan efisiensi bahan bakar yang baik tidak cukup untuk mengatasi penampilan yang hanya bisa disayangi oleh seorang ibu.

3. Fiat Multipla

Ah, Italia, negara yang memberikan kita patung David oleh Michelangelo, fesyen dari Versace, dan… Fiat Multipla. Ya, kamu tidak salah dengar. Negara yang sama yang menghasilkan karya seni yang luar biasa dan fesyen mewah juga bertanggung jawab atas kehadiran Fiat Multipla yang kontroversial di dunia. Debutnya pada tahun 1998, Fiat Multipla mungkin adalah kendaraan paling tidak menarik yang pernah ada, dengan bentuknya yang unik dan lampu depan yang tidak biasa.

Tidak hanya bentuknya yang menjadi masalah. Dua set lampu depannya memberikan kesan yang sangat berantakan dengan pandangannya yang tajam. Namun, setidaknya Multipla menawarkan tiga kursi di bagian depan, memungkinkan kamu untuk memuat lebih banyak penumpang ke dalam kendaraan yang tidak biasa ini. Pada akhirnya, Fiat Multipla menjadi pengingat bahwa bahkan para kreatif dan berbakat terkadang bisa meleset. Atau, dalam kasus ini, selama satu dekade terakhir.

Viral :   Perbedaan Ring Kompresi 1 dan 2 yang Wajib Diketahui

4. BMW Isetta

Mobil terjelek di dunia selanjutnya adalah BMW Isetta. Dan mobil ini merupakan bukti nyata bahwa keajaiban sering kali datang dalam paket yang mungil dan kurang menawan. Dengan siluetnya yang bulat dan pintu yang terbuka layaknya pintu kulkas, mobil ini tampak seperti pesawat luar angkasa mini yang dirancang untuk keluarga berukuran sangat kecil. Dan yang unik, mobil ini hanya memiliki satu pintu yang terletak tepat di bagian depan!

Bayangkan jika BMW mengambil sebuah mobil standar dan menyusutkannya hingga bisa masuk ke dalam saku kamu. Atau, bayangkan sebuah kereta golf yang dikemas dalam bentuk sup! Meski penampilannya mungkin menimbulkan tanda tanya, Isetta berhasil menjadi fenomena di Jerman dan negara-negara sekitarnya, dengan penjualan melebihi 161,000 unit. Ini menunjukkan bahwa kecintaan tidak selalu berdasarkan kecantikan – cukup tanyakan pada kucing-kucing imut yang menjadi bintang di video viral.

5. Nissan Cube

Nissan Cube seringkali terdaftar sebagai salah satu kendaraan paling tidak menarik yang pernah dibuat. Sepertinya Nissan Cube dirancang oleh seseorang yang baru saja belajar menggunakan fitur kotak di Microsoft Paint. Nissan berambisi untuk menciptakan sesuatu yang unik dan eksentrik, namun mereka meleset dari target dan menghasilkan sebuah kendaraan yang tampak seolah-olah telah dikalahkan oleh tongkat kejelekan.

Jendela besar dan pintu bergaya lemari es yang melingkupi Cube memberikan kesan lebih mirip mainan daripada kendaraan. Gril depannya yang berani, terinspirasi oleh bulldog yang memakai kacamata hitam, seolah-olah berusaha terlalu keras untuk tampak keren. Namun, meskipun desainnya menimbulkan pertanyaan, Cube tetap memiliki penggemar setianya. Bagi mereka yang bosan dengan mobil konvensional yang membosankan, Cube menawarkan bentuk yang unik dan interior yang luas. Seperti kata pepatah, setiap pot memiliki tutupnya… atau dalam kasus ini, setiap Cube memiliki pengemudinya.

6. Pontiac Aztek

Pontiac Aztek adalah contoh sempurna dari kegagalan mode dalam dunia otomotif. Para desainer tampaknya bingung antara ingin menciptakan mobil sport atau minivan, sehingga mereka memutuskan untuk menggabungkan keduanya dan berakhir dengan hasil yang mengecewakan. Dan itu tidak berhenti di situ! Interiornya terasa canggung dengan penggunaan campuran plastik dan karet daur ulang untuk kursinya.

Performa Aztek juga tidak memenuhi harapan. Mobil ini mengalami krisis identitas, tidak yakin apakah ingin cepat atau irit bahan bakar. Spoiler alert: tidak ada yang tercapai. Kegagalan desain Aztek begitu mencolok sehingga menjadi simbol dari kegagalan desain di industri otomotif. Pada akhirnya, Pontiac Aztek adalah pelajaran tentang risiko mencoba terlalu banyak hal sekaligus. Seperti mobil yang berkata, “Hei, saya mobil sport! Eh, tunggu, saya minivan! Atau, mungkin saya pesawat luar angkasa?” Maaf, Aztek, tapi kamu tidak pernah menjadi pesawat luar angkasa. Kamu hanya sebuah mobil yang ingin kita semua lupakan.

7. AMC Gremlin

Membahas tentang kendaraan yang aneh dan tidak menarik, AMC Gremlin memimpin. Dengan nama seperti “GREMLIN”, sudah jelas bahwa kendaraan ini tidak akan memenangkan kontes kecantikan. Sepertinya mereka mengambil mobil otot klasik Amerika dan hatchback kompak Perancis, memasukkannya ke dalam blender, dan menekan tombol “jelek”.

Viral :   Terminal Pada Alternator IC; Fungsi & Perawatannya

Bagian depannya semuanya tentang gaya mobil poni, namun bagian belakangnya terlihat seperti hasil tebasan kapak atau guillotine. Jika kamu mencari kendaraan yang berteriak “Saya tidak punya selera,” GREMLIN adalah jawabannya. Ini setara dengan mengenakan kaus kaki dengan sandal atau tas pinggang di dunia otomotif. Tidak heran jika sering disebut sebagai kendaraan paling tidak menarik di dunia.

8. Nissan Juke

Nissan Juke tampaknya merupakan hasil eksperimen desainer yang mencoba menyatukan elemen katak, belalang sembah, dan vacuum cleaner. Lampu seinnya yang terletak di atas kap mesin memberikan kesan bahwa mobil ini selalu terkejut. Ukurannya yang sangat kompak juga berarti kamu mungkin akan kesulitan memasukkan belanjaan ke dalam bagasinya.

Juke adalah paradoks otomotif; meskipun memiliki penampilan yang unik, ia memiliki daya tarik tersendiri. Ada yang menyukainya, ada pula yang tidak, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Juke memiliki karakter yang kuat. Dengan penampilannya yang mirip dengan karakter dari game Pokemon, Juke berhasil terjual sebanyak 135,000 unit di tahun 2013. Mungkin karena keunikan inilah yang membuat banyak orang terpikat, atau mungkin ini membuktikan bahwa “tampilan luar tidak selalu mencerminkan isi hati.” Apapun alasannya, Juke dengan jelas masuk ke dalam daftar mobil terjelek di dunia karena desainnya yang kurang menarik menurut kami.

9. Nissan S-Cargo

Nissan S-Cargo mencoba bermain dengan kata-kata dengan nama yang merupakan plesetan dari kata Perancis untuk siput, “escargot”. Namun, tidak seperti escargot yang merupakan hidangan lezat Eropa, tidak ada yang mewah dari S-Cargo ini. Desainnya yang unik seringkali hanya mengundang tawa karena dianggap lucu. S-Cargo adalah salah satu dari empat kendaraan yang dihasilkan oleh pabrik Nissan Pike, yang bertujuan untuk menciptakan kendaraan dengan desain unik dan bergaya. S-Cargo memang unik, tapi apakah bergaya? Itu seperti mengklaim Crocs sebagai puncak fashion.

Dengan atap tingginya, S-Cargo dirancang sebagai van kargo kompak yang ideal untuk pengiriman dan penyimpanan. Namun, atap yang sama ini juga memberikan bentuk yang tidak biasa dan menempatkannya dalam daftar kendaraan dengan desain yang kurang menarik. Diluncurkan pada tahun 1989 dan hanya bertahan selama dua tahun, mungkin karena orang-orang menyadari bahwa mengendarainya membuat mereka terlihat seperti pengantar pizza. Dengan total produksi sekitar 8,000 unit, itu adalah jumlah yang jauh lebih banyak dari yang diinginkan siapa pun.

10. Aston Martin Lagonda Shooting Brake

Mungkin mengejutkan melihat nama Aston Martin dalam daftar mobil terjelek di dunia ini, tetapi Lagonda Shooting Brake adalah pengecualian yang menarik. Jika kamu berpikir untuk mengemudikan Aston Martin Lagonda Shooting Brake untuk meniru gaya James Bond, kamu mungkin ingin memikirkan ulang. Kendaraan ini bisa saja membuat gaya kamu terasa kuno. Lagonda asli memang bukanlah puncak keindahan, dengan hanya 645 unit yang diproduksi antara tahun 1974 dan 1990.

Namun, kemudian Roos Engineering, sebuah perusahaan Swiss, memutuskan untuk mengambil model ini dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih ekstrem – Shooting Brake. Kendaraan ini memiliki panjang yang luar biasa, membuat leher jerapah tampak pendek dibandingkan. Jadi, sebaiknya hindari kekejian otomotif ini kecuali kamu ingin orang berpikir bahwa kamu telah mengubur indra gayamu jauh di dalam tanah.