Toyota GR86
Foto: toyota.co.uk

Toyota GR86: Mobil Sport yang Menawarkan Performa dan Gaya

Toyota GR86 adalah mobil sport yang merupakan penerus dari Toyota 86, yang telah menjadi salah satu mobil sport terpopuler di dunia. Toyota GR86 diluncurkan pada tahun 2021, dengan mengusung konsep Gazoo Racing, yang merupakan divisi balap dan performa dari Toyota. Toyota GR86 menawarkan performa yang lebih tinggi, penanganan yang lebih presisi, dan desain yang lebih elegan dan sporty, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Artikel ini akan membahas tentang fitur-fitur unggulan dari Toyota GR86, yang membuatnya menjadi mobil sport yang layak untuk dimiliki.

Mesin

Toyota GR86 menggunakan mesin boxer 4 silinder berkapasitas 2,4 liter, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 237 hp dan torsi sebesar 250 Nm. Mesin ini memiliki peningkatan sekitar 20 persen dari mesin Toyota 86, yang hanya berkapasitas 2 liter dan menghasilkan tenaga sebesar 200 hp dan torsi sebesar 205 Nm. Mesin ini juga memiliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik, yaitu sekitar 13,5 km/liter untuk transmisi manual dan 14,5 km/liter untuk transmisi otomatis.

Toyota GR86 memiliki dua pilihan transmisi, yaitu manual 6 percepatan atau otomatis 6 percepatan dengan paddle shift. Transmisi manual memiliki rasio gigi yang lebih pendek, yang membuat akselerasi lebih responsif dan menyenangkan. Transmisi otomatis memiliki fitur Sport Mode, yang membuat perpindahan gigi lebih cepat dan agresif. Kedua transmisi ini dilengkapi dengan sistem penggerak roda belakang, yang membuat mobil lebih stabil dan bermanuver.

Toyota GR86 dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 230 km/jam, dan dapat melaju dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,3 detik untuk transmisi manual dan 6,8 detik untuk transmisi otomatis.

Desain

Toyota GR86 memiliki desain yang menggabungkan unsur retro dan modern, yang menciptakan kesan elegan dan dinamis. Mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar, yaitu panjang 4.265 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.310 mm, dengan jarak sumbu roda 2.575 mm. Bobotnya berkisar antara 1.270 kg hingga 1.315 kg, tergantung dari transmisi yang dipilih.

Viral :   Skema Persneling L300¬†Yang Wajib Diketahui!

Bagian depan mobil ini terlihat menonjol dengan grille berbentuk heksagonal yang berwarna hitam, dengan logo GR di tengahnya. Lampu depannya berbentuk bulat dan minimalis, dengan daytime running light (DRL) yang terpisah di atasnya. Bumper depannya memiliki lubang udara yang berfungsi untuk mendinginkan mesin dan rem. Bagian samping mobil ini terlihat ramping dan aerodinamis, dengan garis-garis tegas yang membentuk siluet yang sporty. Peleknya berukuran 18 inci, dengan desain yang berbeda untuk setiap varian. Varian GT memiliki pelek yang berwarna silver, sedangkan varian GTS memiliki pelek yang berwarna hitam. Pintunya memiliki handle yang menyatu dengan bodi, yang memberikan kesan futuristik. Bagian belakang mobil ini terlihat simpel dan bersih, dengan lampu belakang yang memanjang sepanjang bodi, yang terhubung dengan garis krom. Knalpotnya tersembunyi di bawah bumper, yang menegaskan karakter ramah lingkungan dari mobil ini. Spoiler belakangnya memiliki bentuk yang menyerupai bebek, yang berfungsi untuk meningkatkan downforce dan stabilitas. Bagasi belakangnya memiliki kapasitas yang cukup besar, yaitu 235 liter.

Toyota GR86 tersedia dalam enam pilihan warna, yaitu merah, putih, hitam, abu-abu, biru, dan kuning.

Fitur

Toyota GR86 dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan modern, yang meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan dari mobil ini:

  • Sistem infotainment dengan layar sentuh 7 inci, yang terintegrasi dengan navigasi, kamera mundur, Bluetooth, USB, dan Apple CarPlay. Layar ini juga menampilkan informasi tentang status mesin, jarak tempuh, dan konsumsi bahan bakar.
  • Panel instrumen digital dengan layar 7 inci, yang menampilkan informasi seperti kecepatan, odometer, trip meter, bensin, jam, dan indikator lainnya. Layar ini juga dapat disesuaikan dengan preferensi pengemudi, dengan berbagai pilihan tema dan warna.
  • Sistem kunci pintar (keyless entry) dan tombol start/stop, yang memudahkan pengemudi untuk menghidupkan dan mematikan mesin tanpa harus memasukkan kunci.
  • Sistem pengaturan suhu otomatis (automatic climate control) dengan satu zona, yang memungkinkan pengemudi untuk mengatur suhu sesuai dengan keinginan mereka.
  • Sistem audio premium dengan 6 speaker, yang memberikan kualitas suara yang jernih dan menggelegar, baik untuk musik, radio, maupun telepon.
  • Sistem pengemudi cerdas (smart driver system), yang terdiri dari berbagai fitur keselamatan aktif dan pasif, seperti pre-collision system, adaptive cruise control, lane departure alert, blind spot monitor, rear cross traffic alert, parking assist, dan airbag.
Viral :   Meluncur di Indonesia, Inilah Spesifikasi dan Harga New BMW Series 7

Harga

Toyota GR86 dijual dengan harga yang bervariasi di berbagai negara, tergantung dari pajak, bea, dan biaya lainnya. Di Amerika Serikat, harga Toyota GR86 dimulai dari $28.400 untuk varian GT manual, hingga $31.425 untuk varian GTS otomatis. Di Australia, harga Toyota GR86 dimulai dari $38.990 untuk varian GT manual, hingga $42.990 untuk varian GTS otomatis. Di Malaysia, harga Toyota GR86 dimulai dari RM305.000 untuk varian otomatis.

Kesimpulan

Toyota GR86 adalah mobil sport yang menawarkan performa dan gaya yang menarik, dengan mesin yang lebih bertenaga, penanganan yang lebih presisi, dan desain yang lebih elegan dan sporty, dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mobil ini cocok untuk digunakan sebagai sarana mobilitas dan gaya hidup yang sesuai dengan zaman. Mobil ini juga memiliki fitur yang canggih dan modern, yang dapat meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang. Mobil ini juga memiliki harga yang kompetitif, jika dibandingkan dengan mobil sport lainnya yang sekelas.