Grease Pelumas

Grease Pelumas Penting Yang Wajib Anda Miliki

Hallo kawan-kawan OTO! Apa kabar hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang salah satu komponen mesin kendaraan yang sangat penting, yaitu grease. pelumas kental atau Grease pelumas suatu bahan yang digunakan untuk melumasi atau melindungi permukaan mesin kendaraan dari aus atau gesekan. Grease biasanya digunakan pada komponen mesin yang tidak terkena tekanan yang besar seperti bantalan, sambungan kardus, dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan membahas tentang apa itu grease, jenis-jenis grease, serta cara perawatan grease agar mesin kendaraan kita tetap prima.

Pengertian Grease

  1. Apa itu grease?

Grease adalah bahan pelumas yang terdiri dari campuran minyak dan sabun atau bahan pengental lainnya. Grease memiliki sifat yang kental dan dapat menempel pada permukaan mesin kendaraan sehingga dapat melindungi permukaan mesin dari gesekan dan aus.

  1. Jenis-jenis grease

Ada beberapa jenis grease yang umum digunakan pada mesin kendaraan, antara lain:

  • Grease mineral: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu rendah dan kecepatan rendah.
  • Grease sintetik: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu tinggi dan kecepatan tinggi.
  • Grease kompleks: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu tinggi dan beban berat.
  • Grease lithium: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu sedang dan kecepatan sedang.
  • Grease kalsium: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu sedang dan kecepatan rendah.
  • Grease aluminium: digunakan pada mesin kendaraan yang bekerja pada suhu tinggi dan kecepatan tinggi.
  1. Fungsi grease Grease memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

  • Melindungi permukaan mesin dari gesekan dan aus.
  • Mencegah kebocoran oli pada komponen mesin.
  • Menjaga kestabilan suhu pada komponen mesin.
  • Mencegah korosi pada komponen mesin.
  • Meredam suara yang dihasilkan oleh gesekan antara komponen mesin.
  1. Cara aplikasi grease

Grease dapat diaplikasikan pada komponen mesin kendaraan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Dengan menggunakan grease gun.
  • Dengan menggunakan sikat atau kuas.
  • Dengan mengoleskan langsung pada permukaan mesin.
  1. Waktu penggantian grease

Waktu penggantian grease pada komponen mesin kendaraan berbeda-beda tergantung dari kondisi penggunaan dan jenis grease yang digunakan. Secara umum, waktu penggantian grease adalah setiap 6 bulan atau 10.000 km. Namun, perlu diperhatikan bahwa kondisi penggunaan mesin kendaraan juga berpengaruh pada waktu penggantian grease.

Selanjutnya adalah Overgreasing Overgreasing atau kondisi dimana terlalu banyak grease yang digunakan pada satu komponen mesin kendaraan, yang dapat mengakibatkan penumpukan grease dan mempengaruhi kinerja mesin.

Rekomendasi Grease Terbaik Beserta Harganya

Grease adalah bahan pelumas yang umum digunakan pada kendaraan dan mesin-mesin industri. Grease terdiri dari campuran minyak dan padatan, seperti sabun logam, dan digunakan untuk melumasi benda-benda yang bergerak di dalam mesin atau kendaraan.

Pemilihan grease yang tepat sangat penting untuk menjaga kinerja kendaraan atau mesin-mesin industri. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi grease terbaik dan harganya yang dapat menjadi referensi untuk kalian.

  • Mobil 1 Synthetic Grease

Mobil 1 Synthetic Grease adalah salah satu grease terbaik di pasaran saat ini. Grease ini cocok untuk digunakan pada berbagai jenis kendaraan dan mesin, mulai dari kendaraan pribadi hingga mesin-mesin industri. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per tube.

  • Shell Gadus S2 V220

Shell Gadus S2 V220 adalah salah satu grease terbaik yang cocok digunakan untuk mesin-mesin industri. Grease ini memiliki daya tahan yang baik pada kondisi yang berat dan dapat digunakan pada suhu tinggi atau rendah. Harganya berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 120.000 per tube.

  • Castrol LMX Grease

Castrol LMX Grease adalah salah satu grease terbaik yang dapat digunakan pada kendaraan, seperti mobil dan motor. Grease ini memiliki daya tahan yang baik pada suhu tinggi dan dapat digunakan pada kondisi yang berat. Harganya berkisar antara Rp 40.000 hingga Rp 80.000 per tube.

  • Pertamina Alvania EP

Pertamina Alvania EP adalah salah satu grease terbaik yang diproduksi oleh perusahaan lokal, Pertamina. Grease ini dapat digunakan pada berbagai jenis mesin dan kendaraan. Harganya berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 60.000 per tube.

  • Mobilgrease XHP 222

Mobilgrease XHP 222 adalah salah satu grease terbaik yang cocok digunakan pada mesin-mesin industri dan kendaraan berat, seperti truk atau alat berat. Grease ini memiliki daya tahan yang baik pada kondisi yang berat dan suhu tinggi. Harganya berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per tube.

  • Shell Alvania RL3

Shell Alvania RL3 adalah salah satu grease terbaik yang digunakan untuk mesin-mesin yang beroperasi dalam kondisi yang kotor dan berdebu. Grease ini dapat digunakan pada suhu tinggi dan tahan terhadap air. Harganya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per tube.

  • ExxonMobil Unirex N3

ExxonMobil Unirex N3 adalah salah satu grease terbaik yang digunakan pada mesin-mesin yang beroperasi dalam kondisi yang ekstrim, seperti pada mesin industri atau kendaraan berat. Grease ini memiliki daya tahan yang baik pada suhu tinggi dan kondisi yang berat. Harganya berkisar antara Rp 150.

Viral :   Sebelum Beli, Cek Harga Mobil Innova Terbaru
  • Shell Gadus S2 V220 2

Shell Gadus S2 V220 2 adalah grease multipurpose yang cocok untuk digunakan pada berbagai aplikasi di industri dan kendaraan. Grease ini memiliki stabilitas suhu yang baik, tahan air, dan anti-karat.

Shell Gadus S2 V220 2 memiliki NLGI Grade 2 dan tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari 180 kg drum hingga kemasan tube 400 gram. Harga grease ini berkisar antara Rp 90.000 hingga Rp 500.000 tergantung pada ukuran kemasan.

  • Fuchs¬†Renolit LX EP 2

Fuchs Renolit LX EP 2 adalah grease pelumas yang dapat digunakan pada bantalan, sambungan, dan roda gigi. Grease ini memiliki NLGI Grade 2 dan dilengkapi dengan perlindungan anti-karat yang baik.

Fuchs Renolit LX EP 2 tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari kemasan tube 400 gram hingga drum 180 kg. Harga grease ini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 1.000.000 tergantung pada ukuran kemasan dan tempat pembelian.

  • Kluber Isoflex NBU 15

Kluber Isoflex NBU 15 adalah grease khusus yang dapat digunakan pada mesin dan peralatan dengan kecepatan tinggi dan beban berat. Grease ini memiliki NLGI Grade 2 dan tahan terhadap suhu tinggi dan beban berat.

Kluber Isoflex NBU 15 tersedia dalam kemasan tube 50 gram dan 1 kg. Harga grease ini cukup mahal, yakni sekitar Rp 3.500.000 untuk kemasan 1 kg.

  • Castrol Spheerol AP 3

Castrol Spheerol AP 3 adalah grease pelumas yang cocok digunakan pada mesin kendaraan dan industri dengan suhu operasi sedang hingga tinggi. Grease ini memiliki NLGI Grade 3 dan tahan air serta anti-karat.

Castrol Spheerol AP 3 tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari tube 400 gram hingga drum 180 kg. Harga grease ini berkisar antara Rp 70.000 hingga Rp 600.000 tergantung pada ukuran kemasan.

  • Mobilux EP 2

Mobilux EP 2 adalah grease yang cocok digunakan pada berbagai aplikasi di industri dan kendaraan. Grease ini memiliki NLGI Grade 2 dan tahan terhadap air serta anti-karat.

Mobilux EP 2 tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari tube 400 gram hingga drum 180 kg. Harga grease ini berkisar antara Rp 60.000 hingga Rp 500.000 tergantung pada ukuran kemasan.

  • Valvoline Moly-Fortified Multi-Purpose Grease

Valvoline Moly-Fortified Multi-Purpose Grease adalah grease yang dapat digunakan pada berbagai aplikasi di industri dan kendaraan. Grease ini memiliki NLGI Grade 2 dan tahan terhadap air serta anti-karat.

Valvoline Moly-Fortified Multi-Purpose Grease tersedia dalam kemasan tube 400 gram. Harga grease ini cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 50.000.

Tips Perawatan Grease Untuk Kendaraan

Grease pelumas penting yang berfungsi untuk melumasi komponen mesin yang bergesekan, sehingga mengurangi gesekan dan memperpanjang umur mesin kendaraan. Namun, seperti halnya komponen mesin lainnya, grease juga memerlukan perawatan yang tepat agar dapat berfungsi secara optimal dan menjaga performa mesin kendaraan tetap prima. Berikut adalah urutan tips perawatan grease yang perlu Anda ketahui:

  1. Pastikan menggunakan grease yang berkualitas. Gunakan grease yang direkomendasikan oleh pabrik atau bengkel terpercaya, karena grease yang berkualitas akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada mesin kendaraan Anda.
  2. Periksa kadar air dalam grease. Grease yang terkontaminasi air dapat menyebabkan korosi dan merusak komponen mesin kendaraan. Pastikan untuk memeriksa kadar air dalam grease dan ganti jika diperlukan.
  3. Jangan terlalu banyak menggunakan grease. Terlalu banyak menggunakan grease dapat menyebabkan penumpukan grease yang berlebihan dan merusak komponen mesin kendaraan. Pastikan menggunakan grease secukupnya sesuai dengan kebutuhan.
  4. Bersihkan area yang akan diolesi grease. Pastikan membersihkan area yang akan diolesi grease dari kotoran dan debu, karena hal tersebut dapat mengganggu kinerja grease.
  5. Gunakan grease pada suhu ruangan. Grease yang terlalu panas atau terlalu dingin dapat mempengaruhi kinerja grease dan bahkan merusak komponen mesin kendaraan. Pastikan untuk menggunakan grease pada suhu ruangan yang normal.
  6. Periksa label kemasan grease. Pastikan untuk membaca label kemasan grease dan memperhatikan informasi seperti viskositas, suhu kerja, dan waktu penggantian grease.
  7. Jangan campurkan grease yang berbeda jenis. Grease yang berbeda jenis dapat saling bercampur dan menghasilkan campuran yang tidak stabil, yang dapat merusak komponen mesin kendaraan.
  8. Gunakan alat dan peralatan yang tepat. Pastikan menggunakan alat dan peralatan yang tepat saat mengoleskan grease, agar dapat menjangkau area yang sulit dijangkau dan tidak merusak komponen mesin kendaraan.
  9. Periksa level grease secara berkala. Pastikan untuk memeriksa level grease pada komponen mesin kendaraan secara berkala, dan tambahkan grease jika diperlukan.
  10. Ganti grease secara berkala. Grease pelumas perlu diganti secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik atau bengkel terpercaya, karena grease yang lama dapat mengendap dan menghasilkan endapan yang merusak komponen mesin kendaraan.
  11. Periksa kondisi komponen mesin yang dilumasi dengan grease. Pastikan untuk memeriksa kondisi komponen mesin yang dilumasi dengan grease, seperti bantalan roda dan sambungan kardus, karena grease yang buruk atau aus dapat mempengaruhi performa mesin kendaraan.
  12. Pastikan pengolesan grease dilakukan secara merata. Pastikan pengsaan grease dilakukan secara merata pada seluruh permukaan komponen mesin yang dilumasi, agar tidak ada area yang terlewat dan mengakibatkan gesekan yang berlebihan.
Viral :   Pick Up Isuzu E2, Mobil Terbaru dengan Spek Menarik
  1. Simpan grease pada tempat yang tepat. Pastikan untuk menyimpan grease pada tempat yang kering, sejuk, dan terhindar dari sinar matahari langsung. Hal tersebut dapat mencegah grease menjadi terkontaminasi dan memperpanjang umur simpan grease.
  2. Gunakan grease sesuai dengan rekomendasi pabrik. Pastikan untuk menggunakan grease sesuai dengan rekomendasi pabrik atau bengkel terpercaya, agar dapat memperpanjang umur mesin kendaraan dan menjaga performa mesin kendaraan tetap prima.
  3. Periksa konsistensi grease. Periksa konsistensi grease secara berkala, karena grease yang terlalu encer atau terlalu kental dapat mempengaruhi kinerja grease dan bahkan merusak komponen mesin kendaraan.
  4. Bersihkan area kerja setelah menggunakan grease. Pastikan untuk membersihkan area kerja setelah menggunakan grease, agar tidak ada sisa grease yang menempel dan memperburuk kondisi mesin kendaraan.
  5. Periksa kebocoran grease. Periksa kebocoran grease pada komponen mesin kendaraan, seperti sambungan kardus dan bantalan roda, karena kebocoran grease dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin kendaraan.
  6. Periksa tanda-tanda aus pada komponen mesin kendaraan. Periksa tanda-tanda aus pada komponen mesin kendaraan, seperti bantalan roda dan sambungan kardus, karena grease yang buruk atau aus dapat mempengaruhi performa mesin kendaraan.
  7. Periksa keausan pada komponen mesin kendaraan. Periksa keausan pada komponen mesin kendaraan, seperti gigi pada roda gigi, karena grease yang buruk atau aus dapat mempercepat keausan pada komponen mesin kendaraan.
  8. Gunakan grease dengan spesifikasi yang tepat. Pastikan untuk menggunakan grease dengan spesifikasi yang tepat untuk komponen mesin kendaraan, seperti grease untuk sambungan kardus atau grease untuk bantalan roda, agar dapat memperpanjang umur mesin kendaraan dan menjaga performa mesin kendaraan tetap prima.