dashcam mobil

Dashcam Mobil Terbaik Tahun 2023

Dashcam mobil termasuk aksesoris penting yang dipasang oleh pengemudi. Apalagi pengunaan dashcam mobil kini menjadi banyak menyita perhatian karena ada beberapa kasus kejahatan yang menimpa pengendara ataupun orang lain yang kemudian terekam oleh kamera dashcam mobil. Sehingga disini kehadiran dashcam justru menjadi sebuah penyelamat bagi korban yang sebenarnya tak berasalah. Dilain sisim keberadaan dashcam juga menjadi bukti real ketika merekam kecelakaan lalu lintas.

Apa Itu Dashcam Mobil?

Dashcam, singkatan dari dashboard camera, adalah kamera yang dipasang di dalam kendaraan Anda, biasanya pada dashboard atau kaca depan. Dashcam ini dirancang khusus untuk merekam video dan audio selama perjalanan Anda. Video yang direkam oleh dashcam dapat berfungsi sebagai bukti otentik dalam berbagai situasi, seperti kecelakaan lalu lintas, tindakan vandalisme, atau insiden lainnya yang melibatkan kendaraan Anda. Dashcam sendiri cara kerjanya sama seprti CCTV yang bisa merekam kondisi ijalan di sepanjang perjalanan yang umumnya menghadap ke depan namun ada juga yang menghadap kebelakang

Manfaat Dashcam Mobil

Penggunaan dashcam mobil telah menjadi tren di berbagai negara, dan banyak pemilik kendaraan yang mengakui manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat utama penggunaan dashcam mobil:

1. Bukti dalam Kasus Kecelakaan

Salah satu manfaat utama dashcam adalah memberikan bukti otentik dalam kasus kecelakaan lalu lintas. Video yang direkam oleh dashcam dapat membantu menentukan siapa yang bertanggung jawab atas kecelakaan dan mempercepat proses klaim asuransi. Hal ini dapat menghindari sengketa yang tidak perlu dan membantu Anda mendapatkan kompensasi yang layak.

2. Keamanan Kendaraan

Dashcam juga dapat digunakan untuk menjaga keamanan kendaraan Anda saat parkir. Beberapa model dashcam dilengkapi dengan fitur deteksi gerakan yang akan merekam aktivitas di sekitar kendaraan saat ada gerakan yang mencurigakan. Ini dapat membantu mengidentifikasi pelaku tindakan vandalisme atau pencurian.

3. Memonitor Perilaku Pengemudi

Bagi pemilik kendaraan pribadi, dashcam dapat digunakan untuk memonitor perilaku pengemudi. Anda dapat merekam bagaimana kendaraan Anda digunakan oleh pengemudi lain, seperti keluarga atau teman. Ini dapat membantu memastikan bahwa kendaraan Anda digunakan dengan aman dan sesuai dengan aturan lalu lintas.

Viral :   Range Rover Velar 2023: Review Harga & Spesifikasi.

4. Catatan Perjalanan

Dashcam juga dapat berfungsi sebagai catatan perjalanan yang berguna. Anda dapat merekam perjalanan liburan atau perjalanan bisnis Anda dan menyimpan rekaman tersebut sebagai kenangan atau referensi di masa mendatang.

Cara Memasang Dashcam Mobil

Pemasangan dashcam mobil biasanya cukup sederhana, meskipun beberapa model mungkin memerlukan sedikit pengetahuan tentang kelistrikan kendaraan. Berikut langkah-langkah umum untuk memasang dashcam:

  1. Pilih Lokasi yang Tepat: Pilih lokasi di dalam kendaraan Anda yang dapat memberikan pandangan yang jelas ke depan. Biasanya, dashcam dipasang di dekat kaca depan atau di dashboard.
  2. Pasang Mounting Bracket: Mounting bracket biasanya disertakan dalam paket dashcam. Pasang bracket ini pada lokasi yang Anda pilih dan pastikan bracket tersebut kokoh.
  3. Hubungkan Kabel Daya: Hubungkan kabel daya dashcam ke sumber daya yang tersedia di dalam kendaraan Anda. Ini bisa melalui port USB atau melalui soket rokok. Pastikan kabel tidak mengganggu pengemudi atau menghalangi pandangan.
  4. Pasang Kartu Memori: Dashcam biasanya menggunakan kartu memori untuk menyimpan video. Pasang kartu memori dengan kapasitas yang memadai dan format kartu jika diperlukan.
  5. Atur Pengaturan: Setelah dashcam terpasang, atur pengaturan seperti resolusi video, durasi loop rekaman, dan pengaturan lain sesuai dengan preferensi Anda.
  6. Tes dan Uji: Sebelum Anda mulai mengemudi, uji dashcam untuk memastikan bahwa itu merekam dengan benar dan tidak ada masalah teknis.

Dashcam Mobil Terbaik 2023

  • Dashcam mobil Philips CVR208

Dashcam dari brand philips ini mempu mereka dengan resolusi 1920×1080 atau 1280×720 (30fps) yang bbisa menangkap detai yang jauh lebih jernih. Dengan dibekali lensa yang memiliki sudut pengambilan hingga 140 derajat ini memberikan sudut yang lebih luas ketika merekam. Dimensinya yang kecil yaitu hanya 7.4 x 6.2 x 3.3 cm dengan berat 63 gram sehingga tak akan menggangu visibilitas anda dalam berkendara.

Viral :   Gagahnya Tampilan Jeep Wrangler Rubicon Terbaru

Selain itu, Philips CVR208 juga dilengkapi dengan fitur night vision, G-Sensor Lock, parking g monitor, motiion detection dan juga loop record yang menajdi kamera mobil anda semakin lengkap untuk segala situasi dan kondisi. Jika anda berminat, harga dashcam mobil ini dijual seharga Rp 1.027.400 ditokopedia.

  • Xiaomi DDPAI Mola N3 Dashcam

Dengan dibanderol harga Rp 1.369.000 untuk spesifikasi kamera yang sudah mempunyai GPS Logger dan satu lensa serta bisa dikases dengan sistem smartphone android 5.0 atau up IOS 8.0. Sementara Hasil rekaman videonya berbentuk Mp4 Pixels berkapasitas kurang dari 300 Mb. Adapun hasil resolusi videonya 1080 px (30fps). Anda bisa mendapatkan dashcam ini ditokopedia serta garansi resminya.

  • Adzome PG16S 2K GPS Dual Camera

Fitur GPS pada Adzome ini mampu merekam kecepatan serta loksi mobil di video. Terdapat juga fitur parking monitoring 24 jam. Keunggulan laiinnya adalah 11 inch full touchscreen. Spesfikasi lainnya;

– dual camera (depan 2.5K & belakang 1080p/ 30 fps)

– wide angles lens, 170’s front, 150’ rear / kamera belakang water proof IP67,

– parking monitor (bisa jadi layar kamera mundur saat perkir),

– night vision untuk hasil rekaman kamera yang lebih baik meskipun dalam kondisi minim cahya,

– mampu merekam 24 jam dengan modul tambahan (modul dijual terpisah)

– support memory yp to 128 GB (wajib class10).

Dengan berbagai fitur unggulan ini, adzome PG16S GPS dual camera ini dijual Rp 1.699.000 ditokopedia.

  • Car DVR Full HD Spion Dashcam

Diantara model dashcam mobil lainnya, Car DVR inilah yang menawrkan harga yang paling terjangkau yaitu hanya Rp 155.000 saja ditokopedia. Dengan budget ramah kantong ini anda sudah bisa mendapatkan CCTV dengan resolusi kamera 1080 px full HD, lebar lensa 179 derajat, penglihatan malam hari atau night vision function, digital zoom 4x, mempunyai fungsi deteksi gerak, dan G-Sensor.