suzuki fronx

Suzuki Fronx: Spesifikasi dan Harganya

Selain Jimny 5 pintu, ternyata Suzuki juga resmi memperkenalkan suzuki fronx pada ajang Auto Expo India 2023. Jika dilihat dari segi dimensi dan mesinnya, SUV ini mempunyai spesifikasi yang pas untuk dijadikan rival Toyota Raize dan juga Daihatsu Rocky. Apalagi SUV Suzuki Fronx ini juga cukup terjangkau yaitu mulai dari 120 jutaan saja.

Suzuki Fronx

Bagi anda yang belum mengetahui bahwa Fronx ini adalah SUV milik Suzuki yang belum pernah hadir sebelumnya maka, perlu diketahui mobil ini sebenarnya mengambil basis dari Baleno. Maka tak heran banyak media yang kerap menyebutnya sbegai BAleno SUV atau Baleno Crossover. Meskipun dirilis di India, namun bukan berarti tidak mungkin masuk ke pasar tanah air. Apalgi Suzuki ini memang sering kali mengimpor produknya ke pasar Indonesia. Bahkan yang lebih menarik lagi, kabarnya Suzuki Fronz ini bakal diproduksi langsung di Indonesia. Maka tak ada salahnya untuk mengetahui sebenarnya apa saja sih spesifikasi dari Suzuki Fronx 2023 ini. Yuk simak selengkapnya!

  • Eksterior

Menurut pernyataan resmi Suzuki, Fronx ini dirancang sebagi sebuah crossover yang desainnya terinspirasi dari Suzuki Grand Vitara dan juga Baleno. Hal ini terlihat sangat jelas pada bagian deoannya, dimana kombinasi tersebut membuat tampilannya terkesan maskulin namun masih tetap manis dilihat. Dibagian depan mobil ini memakai grille jaring yang didesain dengan aksentuasi krom, DRL LED serta bumper yang lumayan besar dengan tambahan lampu di atasnya. Sentuhan keren di bagian eksterior ini juga terlihat berkat penggunaan overvender berwarna hitam hingga roof rail yang belum diketahui fungsinya apakah hanya aksesoris semata ataukan bisa dipakai sebagai roofbox?

Viral :   Review Honda CRV Gen 3 Lengkap Beserta Kekurangan dan Kelebihan

Masih bicara soal eksterior Suzuki Fronx, SUV terbaru ini memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.765 mm serta tinggi 1.550 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya sebesar 2.520 mm dan menggunakan velg 16 inch dengan band 195/60 R16. Jika lihat iatas ertas, dimensi ini lebih ringkas daripada kompetitornya yakni TOyota RAize dan Daihatsu Rocky yang kabarnya mempunyai panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm serta tinggi mencapai 1.635 mm maka artinya Suzuki Fronx menang di bagain lebar bodinya. Pada SUV Fronx kali ini Suzuki memberikan warna bodi two tone untuk anda yang ingin tampil beda yaitu warna earthen brown + black, splendid silver + black dan juga warna opulent red + black.

  • Interior

Beralih ke bagian interior Suzuki Fronx yang hadir dengan tampilan modern seperti Suzuki Baleno. Hanya saja kali ini dashboard Fronx sudah diberi sentuhan aksen perak dan terdapat kombinasi warna two tone (merah hitam) pada jok, panel pintu dan juga dashboard. Sedangkan untuk konfigurasi joknya hanya cukup untuk 4 orang saja, hal ini terlihat dari kehadiran 4 head rest yang teretak dua di depan dan duanya lagi di belakang. Kemudian soal bagasi yang hanya muat barang 308 liter sehingga unterior Fronx ini bisa dikatakan tidak terlalu lega dari saingannya. Buktinya bagasi Toyota Raize dan DAihatsu Rocky bisa mencapai 369 liter. Adapun penyebab interior SUV Fronx ini cukup sempit adalah karena dimensinya yang memang tidak terlalu besar.

Viral :   SUV Chery Omoda 5

Untuk fiturnya, pada tipe tertingginya terdapat 6 titik airbag, hill hold control, ESP (elevtronic stability program), reverse parking sensors + kamera 360 dan juga sistem pengereman berteknologi ABS dan EBD. Kekurangan dari SUV SUzuki Fronx ini adalah tidak tersedainya fitur keselematan aktif yang dimiliki oleh para kompetitornya seperti Toyota Raize (punya Toyota Safety Sense/ TSS) dan Daihatsu Rocky (punya Advanced Safety Asisst / ASA).

Disisi lain Suzuki menyediakan konektivitas mobil dengan smart watch via Suzuki connect. Jadi anda bisa melakukan berabagi pengaturan dan melihat informasi terkait Fronx hanya melalui smartwach saja. Keren bukan?

  • Performa Mesin

Suzuki Fronx ini tersedia dalam dua pilihan mesin yakni 1.0 liter turbo dan 1.2 liter. Khusus untuk mesin kecilnya sudah memakai teknologi Booster Jet / mild hybrid yang berkapasitas murni 998 cc. Jika dilihat di atas kertas, SUV ini mampu mengeluarkan torsi maksimum 147,6 Nm pada rmp 2.000 sampai 4.500 serta tenaga maksimal 1000,06 PS pada rpm 5.500. Lalu untuk mesin 1.0 liter turbonya, Suzuki Fronx akan mendapat padanan transmisi 5 percepatan manual dan 6 percepatan otomatis. Suzuki juga menawarkan pilihan mesin nonturbo dan nonhybrid.

Harga SUV Suzuki Fronx

Terkait harganya memang belum diumumkan secara resmi. Meskipn begitu kisaran harganya adalha Rs 6.50 lak hingga Rs 11 lakh atau untuk kurs Indonesia kurang lebih setara dengan Rp 120 juta hingga RP 200 jutaan. Sangat terjangkau bukan?

Perlu diingat harga tersebut masih untuk pasar Indoneisa. Sehingga ketika masuk di Indoneia bisa jadi harganya naik karena pajak atau sebagainya.