Mobil Tercepat di Dunia

Mobil Tercepat di Dunia Catat Rekornya!

Buggati yang paling mendominasi jajaran Mobil Tercepat di Dunia. Buggati Chiron Super Sport 300+ memasuki posisi nomor satu dan dibanderol US$ 3,9 juta atau setara dengan Rp 56 M. Perlu diketahui bahwa setiap tahunnya, produsen mobil di seluruh penjuru dunia berkompetisi serta berinovasi untuk menciptakan mobil yang mampu mencapai kecepatan tertinggi. Keceparan mobil bisa dicapai secara optimal sebab empat faktor pendukung yang saling berkaitan yakni tenaga, power train, berat dan juga aerodinamika.

Mengutipo dari Top Speed, sebuah mobil diukur kecepatan maksimalnya dengan data mesin (putaran maksimal), transmisi (rasio roda gigi), serta dari ukuran bannya. Ketika melaju, pistol radar dipakai untuk menentukan kecepatan maksimum. Piston radar bisa digenggam maupun dipasang pada kamera kecepatan. Dimana alat ini akan menembakkan sinar elektromagnetik ke mobil dengan kecepatan cahaya. Sehingga mobil nantinya akan memantulkan sinar itu kembali lalu data akan dihtung untuk menentukan kecepatan. Perpaduan metode inilah yang dipakai untuk menentukan kecewptan suatu mobil. Di tahun 202, Forbes merilis beberapa daftar mobil tercepat di dunia dari berbagai produsen mobil dunia.

Mobil Tercepat di Dunia

  • Bugatti Chiron Super Sport 300+

Buggati Chiron Super Sport 300+ tercatat menjadi mobil tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 304,77 mil per jam (mph) atau 490,47 kpj (km/h). Mobil tercepat in adalah hasil pembaharuan dari tipe Chiron Super Sport dengan body work yang dioptimalkan dengan aerodinamis untuk kinerja kecepatan yang lebih tinggi. Buggati Chiron Super Sport 300+ Yang diberi nama dari nama pengemudi Monégasque Louis Chiron yang didesain oleh tim Achim Anscheidt. Mobil ini resmi diluncurkan pada 2 Agustus tahun 2019 seharga US$3,9 juta (Rp 56 M) dan hanya diproduksi dalam 30 unit saja di seluruh dunia.

  • SSC Tuantara

SSC Tuantara adalah mobil tercepta kedua di dunia dengan kecepatan hingga 295 mph atau sama dengan 474,75 km/h. Mobil ini dirancang oleh Jason Castriota, dan mengambil inspirasi dari industri kedirgantaraan. Nama Tuantara ini juga berasal dari spesies kadal asal Selandia Baru yang terkenal mempunyai evolusi molekul tercepar dari seluruh hewan yang pernah hidup. Mobil tercepat Tuantara ini pun memasuki pasar dagang di Philadelphia Auto Show di bulan Februari 202 dengan banderol harga Rp 30 M atau US $ 2 jutaan dan hanya diprosduksi dalam 100 unit saja. Mobil ini juga dikembangkan serta diproduksi oleh SSC Amerika Utara tepatnya di Richland (Washington). SSC sendiri merupakan produsen mobil Amerika mulai tahun 1998 silam.

  • Koenigsegg Agera RS

Mobil tercepat di dunia berikutnya adalah Koenigsegg Agera RS yang menempati posisi ketiga dengan kecepatan 277.87 mph atau 447.19 km/h. Mobil masuk dalam kategori mobil sport mid-engine yang diproduksi oleh produsen mobil dari Swedia yaitu Koenigsegg. Adapun nama “Agera” yang berasal dari bahasa Swedia memiliki arti “bertindak”. Mobil Koenigsegg Agera RS ini mulai diproduksi 25 unit saja di seluruh dunia pada tahun 2015 sampai 2018 serta memakai bahan bakar hayati (biofuel) dan dijual US$ 4,1 juta atau Rp 58,5 M.

Viral :   BMW 330i M Sport, Mobil Mewah Spek Mengagumkan

Koenigsegg Agera RS ini dirilis pada Geneva Motor Show bulan maret 2011 lalu. Adapun versi 2013 dari Agera R ini dikenalkan perdana pada Geneva Motor Show tahun 2012 dengan beberapa pembaharuan termasuk di bagian roda serat karbon, mesin dan juga peningkatan aerodinamikanya.

  • Hannessey Venom GT

Kecepatan 270,49 mph atau 435,31 km/h membuat Hannessey Venom GT menempati posisi kelima dalam kategori mobil tercepat didunia. Pada tanggal 21 JAnuari 2013 lalu, mobil yang satu ini berhasil meraih rekor dunia Guinness untuk mobil legal jalan raya tercepat dari 0-186 mph (0-300 km/jam) dengan waktu rata-rat akselerasi yang dihasilkan 13,63 detik. Mobil Hannessey Venom GT ini diproduksi hanya 13 unit di seluruh dunia  oleh Hannessey Performance Engeneering yang diketuai oleh John Hannessey dan juga Don Goldman.

  • Buggati Veyron Super Sport

Nama Veyron dipakai untuk menghormati Pierre Veyron yang merupakan seorang insinyur pengembangan Buggati, pengemudi penguji sekaligus pembalap yang telah memenangkan 24 Hours of Le Mans di tahun 1939 ketika mengendari Buggati. Buggati Veyron Super Sport Ini mampu melaju hingga kecepatan 267 mph atau setra dengan 429,69 km/h. Adapun harga dari mobil ini US$ 2,4 juta atau Rp 36 M serta diproduksi hanya dalam 30 unit saja.

  • Buggati Chiron

Mobil tercepat yang terakhir dalam urutan artike ini adalah yang mempu melaju hingga kecepatan 261 mph atau 420 km/h dan dijual seharga US$ 3 juta (Rp 42 M). Mobil Buggati Chiron yang sempat dirilis pada 1 Juni 2018 ini merupakan mobil sport dengan dua tempat duduk bermesin tengah yang sengaja dirancang serta dikembangkan di Jerman oleh Buggati Engineering GmbH. Selanjutgnya mobil ini diproduksi di Molsheim (Perancis).

Viral :   Snei Thread Die: Alat Otomotif untuk Membuat Ulir Presisi