mobil mercedes vision avtr

Mobil Mercedes Vision AVTR

Mercedez benz merupakan salah satu pabrikan mobil yang lain memberikan mobil konsep masa depan. Beberpa waktu lalu, pabrikan asal Jerman ini sudah meluncurkan mobil dengan konsep masa depan yakni mobil mercedes vision AVTR. Dan kini pihak pabrikan mulai membocorkan sedikit demi sedikit beberapa fitur yang ada pada mobil ini.
Salah satu fitur keren yang ditawarkan ialah kontrol pikiran atau Brain-Computer Interfaces / BCI. Mercedez benz juga memamerkan konsep ini pada ajang IAA MOBILITY 2021 di Jerman pada tanggal 7-12 September di Munich. Sedikit informasi bahwa teknologi BCI mengendalikan pikiran sebagai dimensi baru pada interaksi manusia dengan mobil. Perangkat BCI yang terpasang di kepala dapat menganalisis gelombang otak yang diukur serta memicu fungsi yang ditentukan. Walaupun begitu terlihat canggih, fitur kontrol pikiran ini masih terbatas hanya untuk mengoperasikan UI (user interface) mobil saja.

Britta Seeger selaku member of the board of management of Daimler AG and Mercedez benz AG pada keterangan resminya “Mercedez benz kembali menciptakan tonggak sejarah lain dalam penggabungan manusia dan mesin lewat penelitian dan penggabungan brain-computer interface pada mobil. Teknologi BCI mempunyai potensi untuk lebih meningkatkan kenyamanan ketika berkendara di masa depan”

“Mercedez benz selalu menginovasi solusi cerdas serta inovatif untuk memberikan pengalaman produk serta layanan terbaik kepada para pelanggan kami. Teknologi BCI bekerja sepenuhnya secara independen dari ucapan dan juga sentuhan. Hal ini membuka kemungkinan revolusioner untuk interaksi intuitif dengan kendaraan,” tambahnya.

Viral :   Titik Tumpu Dongkrak Avanza : Fungsi & Cara Menggunakannya

”Dengan pengembangan lebih lanjut dari fitur asisten suara yakni “Hey Mercedez” kami dengan konsep zero-layer MBUX Hyperscreen, kami sudah menyederhanakan pengoperasian kendaraan secara radikal” kata Markus Schafer selaku member of the board of management of daimler AG and Mercedez benz AG.

”Teknologi BCI lebih meringankan pengguna supaya dapat fokus pada proses berkendara. Mercedez Vision AVTR menggarisbawahi keberanian serta semangat perintis brand kami dan juga merupakan konsep yang tepat untuk menguji dn mengembngkan aplikasi BCI lebih lanjut. Kendaraan dengan ionsep ini secara mengesankan menggambarkan masa depan mobilitas dimana alam, manusia, teknologi selaras satu dengan lainnya, ujarnya lagi.

Cara Kerja Teknologi BCI pada Mercedez Vision AVTR

Teknologi kontrol pikiran BCI atau Brain Compter Interface bekerja dengan proses interaksi biometrik dengan kenaraan yang dilengkapi koneksi langsung ke otak manusia. Pada gelaran ajang IAA MOBILITY 2021 lalu, pendekatan pertama untuk pengendalian pikiran berdasarkan persepsi visual akan ditunjukkan dalam mockup kursi visioner dari Vision AVTR. Maka dari itu untuk mencapai tujuan ini, titik-titik cahaya diproyeksikan ke dashbor digital sepenuhnya. Perangkat BCI dengan konduktor yang bisa digunakan terpasang pada bagian belakang kepala penggunana serta merekam aktifitas otak kemudian membuat koneksi langsung pada kendaraan setelah kalibrasi kurang lebih stu menit. Otak berekasi terhadap rangsangan visual dashbor yang kemudian perangkat BCI ini akan mengukur aktivitas saraf pada korteks secara real time.

Viral :   Mazda RX 7, Mobil Ikonik Bermesin Rotary

Selain itu, teknologi canggih ini juga menganalisis gelombang paa otak yang dikur dan mengenali titik cahaya mana yang mengarah pada fikus serta perhatian penuh / attention sensing interface. Dimana semakain kuat fokusnya maka akan semakain tinggi pula aktivitas sarafnya yang kemudian perangkat memicu fungsi yang ditargetkan dalam kendaraan. Dengan memakai beberapa fungsi yang berhubungan dengan teknologi BCI, maka pengunjang pameran bisa mengalami bentuk interaksi yang cukup inovatif pada kendaraan modern ini secara langsung. Meraka akan merasakan betapa cepatnya otak mereka terhubung dengan kendaraan. Pasalnya, dengan memfokuskan pada titik cahaya, mereka bisa menggunakan kekuatan pikiran mereka untuk melakukan seluruh fungsi yang ada pada dunia Vision AVTR digital yang akan ditampilkan pada dasbor, misalnya memilih tempat parkir untuk mengisi daya, menghasilkan angin ataupun menumbuhkan tanaman.