Jenis Mobil Pemadam Kebakaran

Jenis – jenis Mobil Pemadam Kebakaran

Seperti yangs kita ketahui bersama bahwa setiap dinas pemadam kebakaran yang berada di seluruhIndonesia pasti mempunyai mobil pemadam kebakaran serta peralatan penyelamatan yang dibutuhkan untuk menunjang kinerja tim pemadam kebakaran. Jenis mobil pemadam kebakaran di Tanah air biasanya tersedia dalam 6 jenis yakni; Fire truck, mining field fire service, airpot crash tender, fire ladder, dan juga rescue forestry. Dimana setiap masing-masing jenis kendaraan pemadam kebakaran ini memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga bekerja sesuai dengang fungsinya dan wajib memenuhi persyaratan yang berbeda-beda pula.

Dalam artikel kami kali ini, kami akan berusaha menjelaskan beberapa jenis kendaraan oemadam kebakaran yang disesuaikan dengan kondisi lokasi operasi serta yang memang sudah di gunakan di seluruh Indonesi a. Mari simak selengkapnya!

  • Fire Truck

Jenis mobil pemadam kebakaran yang peratama adalah fire truck yang fungsinya berada di daerah perkotaan ataupun daerah pemukiman warga sehingga juga dikenal dengan sebutan city fire truck. Mobil pemadam ini mengutamakan kelincahan dan kecepatan yang disesuaikan dengan kondisi jalanan serta pemukiman dalam kota atau daerah. Fire truck sendiri terbagi menjadi beberapa sesuai dengan kapasitas air yang diperlukan untuk memedamkan api serta dilengkapi pompa dan semua peralatan pemadam kebakaran lainnya. Untuk saat ini tipe yang ada ialah; 3000 L, 4000 L, 5000 L, 6000 L, 10.000 L dan juga 12.000 L. Tersedia juga fire truck water supply PTO dan portable yang berguna membawa air untuk mendukung mobil pemadam utama supaya semakin efisien dalam melakukan penyelamatan ketika terjadi kebakaran. Adapun ciri khusus nya. Dari bentuk tangki air yang dapat anda lihat dari bagian belakangnya.

  • Fire Ladder

Fire ladder atau truk tangga biasanya digunakan untuk mengevakuasi korban ataupun untuk mejangkau area yang tinggi sehingga dibutuhkan. Alat bantu tangga, misalnya seperti di gedung dan ketinggian yang mampu di capai oleh fire ladder adalah 10 sampai 72 meter. Jenis kendaraan pemadam kebakaran fier ladder yang ada di tanah air adalah fire ladder dan skywalker dengan sistem hidrolik dan juga telescopic laddder yang juga disesuaikan dengan tekonologi yang dipakai.

  • Airpot Crash Tender

Mobil pemadam jenis ini biasa dikenal dengan mobil pemadam kebakaran bandara udara  dengan satuan unuit kebakaran bandara udara yang terdapat di fasilitas pesawat udara serta helikopter bisa lepas landas di aerodrome, bandara, serta pangkalan udara militer. Jenis kendaraan kebakaran yang satu ini bermesin sangatkuat yakni dengan akselerasi yang relatif baik untuk ukuran dan beratnya, dimana mampu melewati medan kasar di luar area bandara serta mampu membawa air dan juga busa pem.

Airpot Crash Tender berkapasitas besar, dilengkapi dengan pompa berkapasitas tinggi yang kuat dam meriam air/busa serta mampu mengirimkan media pemadam kebakaran jarak jauh. Mereka bisa dipasang pada sasis beroda 4×4, 6×6, bahkan 8×8. Untuk mengurangi radius beloknya, unit roda 8×8 mungkinmempnyai keempat roda depan yang bisa dikemudikan. ICAO / Organisasi penerbangan sipil internasional sudah memberikan standar serta praktek yang direkomendasikan pada kategori pemadam kebakaran penyelamatan aerodrome sipil. Layanan penyelamatan serta pemadam kebaran bandara udara mengoperasikan banyak kendaraan spesialis guna memberikan perlindungan darurat di bandara, termasuk diantaranya ialah; type V, type IV, type III, type II, type I, dan juga COmpact Emergency Vehicles.

  • Mining Field Fire Seervice

Jenis kendaraan pemadam kebakaran Mining Field Fire Seervice merupakan unit khusus yang hanya beroperasi di area industri sektor pertambangan dan juga migas, unit pemadam kebakaran ini dikelola serta dijalankan pada setiap perusahaan yang diharuskan memiliki unit dan divisi dalam keselamatan kerja. Perbedaan dengan jenis mobil pemadam kebakaran lainnya hanya terletak pada warnya yaitu kuning lemon dengan perlengkapan dan spesifikasi kendaraan yang memiliki tenaga kuda yang lebih besar daripada fire truck lainnya yang biasanya ada di perkotaan. Tipe Mining Field Fire Seervice yang ada di Indonesia adalah jenis single cabin dan double cabin yang berkualifikasi serta spesifikasi kendaraan heavy rescue.

  • Rescue

Warna dari jenis mobil kebakaran ini sama seperti mobil kebarakan pada umumnya, namun ada beberapa kondisi khusus yang memakai warna orange untuk digunakan oleh tim penyelamatan serta penanggulangan bencana alam. Adapun spesifikasi dari jenis rescue ini digunakan sesuai perlengkapan keamanan dan keselamatan yang di bawanya, semua spesifikasi pada jenis mobil kebakaran lainnya di aplikasikan pada rescue. Dan rescue sendiri terbagi menjadi beberapa yakni heavy rescue, medium rescue, dan tipe mobil bak semi truk (RIV / Rapid Intervention Vehicle).

  • Forestry

Forestry merupakan jenis kendaraan pemadam kebakaran yang juga sudah banyak digunakan di Indonesia. Dimana kategori jenis ini biasanya dipakai di hutan sesuai demografi yang ada di tanah air. Unit pemadam kehutanan atau polisi kehutanan memanfaatkan kendaraan ini untuk penunjang kinerja mereka dengan medan atau lintasan jalan yang, jenis kendaraan ini ada lebih kecil dan juga lebih kuat di area hutan.

Viral :   Harga Mobil Honda Brio dan Kelebihannya

Selain beberapa mobil pemadam kebakaran, terdapat juga kendaraan lain yang kerap digunakan untuk pemdam kebakaran, diantaranya seperti:

Motor pemadam kebakaran

Motor pemadam kebakaran juga hadir untuk melengkapi para pemadam demi memadamkan api. Motor pemadam ini memang mempunyai ukuran yang kecil dan tidak bisa membawa banayk pelengkapan atau bahkan tidak bisa membawa air untuk memadamkan api. Namun dengan berbagai inovasi serta modifikasi motor bisa sangat berguna untuk membantu memadam kan api.

1. Motor pemadam kebakaran air

Motor jenis ini memilki fungsi untuk membawa air dan juga pompanya untuk memadamkan api. Adapun air yang bisa di tampung sekitar 300 sampai 400 liter. Motor ini telah di modifikasi yang memang mampu memadamkan api ringan sampai sedang saja, sebelum mobil pemdam kebakaran sampai di tempat lokasi untuk membantu memadamkan api.

Viral :   Mobil Mewah BMW M5 dengan Berbagai Kelebihannya

2. Motor pemadam kebakaran ifex

Motor pemadam kebakaran jenis ifex ini sudah hadir khusus nya di wilayah DKI Jakarta yang berfungsi untuk memadamkan kebakaran ringan dan cepat. Motor yang di modifikasi dengan baik ini mempunyai bentuk motor seperti pada umumnya akan tetapi yang membedakannya adalah pada bagian bbelakang motor yang sudah di lengkapi denan tabung pemadam api ringan (H20 Science Fire Fighting System) pada bagian sebelah kiri dan kanannya. Tak hanya itu, sepeda motor ini juga dilengkapi dengan selang guglung denan panjang 20 meter serta nozzle.

3. Motor pemadam kebakaran rescue

Motor pemadam kebakaran jenis ini memiliki kotak di sebelah kiri dan kanan yang membawa peralatan pendukung memadamkan api dan penyelamatan korban. Adapun Combi Tools Charher yang berguna untuk memotoang benda keras untuk membuat celah atau lubang. Adapun peralatan lainnya seperti rantai, alat pemotong kaca,  linggism APAR, dan juga erbagai alat P3K. Dengan adanya motor pemadam kebakaran, harapannya mampu dengan cepat mencapai tempat kejadian kebakaran. Meskipun dengan peraltan minim, akan tetapu jika terjadi kebakaran dengan tipe api kecil bisa teratasi dengan cepat. Motor pemadam kebakaran juga di perbolehkan untuk melewati jalur tol sehingga  dapat membantu berbagai kebakran dengan jarak tempuh jauh maupun kebakaran yang terjadi  di area kemacetan atau area dalam tol itu sendiri.

Pesawat Pemadam Kebakaran

Selain beberapa kendaraan di atas, pesawat juga di gunakan untuk memadamkan api. Dimana pesawat pemadam ini yang di buat dari pesawat. Boeing 747 bisa membawa 24 ribu. Galon air pesawat ini juga mampu memadamkan 105 ribu hektar hutan maupun lahan terbakar. Hal ini karena area hutan biasanya sulit di jangkau menggunakan motor ataupun mobil pemadam kebakaran sehingga pesawat lah yang menjadi salah satu solusinya.

Dengan adanya pesawat pemadam kebakaran maka semua area kebaran bisa di lihat dan bisa di atasi dengan cepat. Akan tetapi ternyata biaya nya cukup besar yaitu untuk sekali penerbangan membuat pesawat pemadam kebakaran ini sangat jarang sekali diigunakan. Kecuali keadaan ayng betul-betul mendesak. Apabila pesawat pemadam ebakaran tidak digunakan, maka. Penangan kebakaran lahan hutan akan dilakukan secara manual senfan mengirim anggota pemadam k area ataupun titik api terdekat.