Review, Spesifikasi, dan Harga Mobil Mini Cooper

Pada tanggal 14 Februari 2020 lalu, MINI Indonesia meluncurkan Mini Cooper Clubman dan Mini Cooper S Clubman. Desain yang klasik, ekspresif, dan bahan premium serta kenyamanan menjadi faktor yang membuat penjualannya di Indonesia cukup baik, meskipun harga mobil Mini Cooper tidak bisa dibilang murah.

Mobil keluaran produsen asal Inggris ini diperkenalkan di Indonesia sejak 2011. Mini Cooper merupakan nama yang ikonik di dunia otomotif Eropa karena hadir sebagai solusi kelangkaan BBM pada tahun 1950-an. Ukuran yang kecil, hemat BBM, tetapi lega membuat popularitasnya melejit dengan cepat.

Review dan Spesifikasi Mini Cooper Clubman 2020

Sebelum membahas harga mobil Mini Cooper, tentu sangat menarik untuk membahas keunikan mobil mungil ini? Berikut ulasannya.

  • Desain Ikonik

Meski tetap mempertahankan ciri khasnya, terdapat beberapa pembaruan, seperti desain kisi-kisi radiator, grill yang memanjang di seluruh bumper, dan lampu yang serba LED baik lampu depan, lampu kabut, driving light ring, dan lampu belakang.

Kap kubah menjadi salah satu bagian yang ikonik dari mobil ini. Garis atapnya memanjang dengan buritan yang proporsional. Dua pintu belakang memiliki model sayap yang terbuka secara lateral.

Pada Mini Cooper S Clubman, terdapat pola kisi heksagonal, strut krom individual di air inlet, dan emblem “S” dengan warna merah.

Lampu depan berdesain bundar dengan surround chrome atau Piano Black pada varian Mini Cooper S. Velg berukuran 17 inci Net Spoke black, sedangkan seri S menggunakan velg 18 inci Mini Yours British Spoe 2-tone. Adapun bannya sudah berteknologi run-flat.

Viral :   Yuk, Kenali Jenis Mobil Derek Beserta Fungsinya

Untuk warna, ada 2 pilihan baru, yaitu Indian Summer Red metallic yang berani atau British Racing Green metallic yang segar. Yang lebih menyenangkan, Anda juga bisa menambah sentuhan personal, misalnya tutup spion dan atap dilabur warna putih atau hitam.

  • Mesin Turbo

Mesinnya berjenis bensin 3-silinder 1.499 cc plus induksi turbo, torsi puncak 220 Nm pada 1.480-4.100 rpm, tenaga 135 hp pada 4.500-6.500 rpm. Kendaraan ini melesat dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 9.2 detik dengan kecepatan puncak 205 km/jam. Konsumsi BBM 16,7 km/liter, transmisi Streptonik 7 percepatan dual clutch.

Untuk varian S Clubman, mesinnya 1.998 cc turbo empat silinder, daya 192 hp pada 5.000-5.600 rpm, torsi puncak 280 Nm pada 1.350-4.600 rpm, kecepatan maksimal 228 km/jam dengan akselerasi 7,2 detik untuk mencapai 0-100 km/jam. Konsumsi BBM rata-rata 16,1 km/liter, transmisi Streptonik 7 percepatan.

  • Interior Mewah

Kesan mewah akan langsung terasa begitu Anda memasuki kabin mobil berkapasitas 5 orang ini. Pelapis jok terbuat dari cloth/leatherette dengan paket Mini Yours Interior Style dalam Piano Black iluminasi.

Fitur terdiri dari bezel pintu iluminasi bersama bezel kokpit, trim kokpit, dan elemen trim konsol tengah. Untuk S Clubman, ada Mini Yours Walknappa Leather Sports Steering Wheel dan varian pelapis jok, Mini Yours Walknappa Leather Lounge dalam Carbon Black, dan sandaran kepala bermotif Union Jack.

Viral :   Daihatsu Terios R MT DLX, Salah Satu Mobil Low SUV (LSUV) Terbaru 2021 Yang Paling Ideal

Pada Cooper S Clubman, terdapat Panoramic Sunroof. Kemewahan ini tentu sepadan dengan harga mobil Mini Cooper yang dibanderol cukup tinggi.

Untuk fitur entertainment, ada layar sentuh 6,5 inci, 6 speaker dan soket USB untuk streaming audio melalui Bluetooth, telepon handsfree dengan antarmuka USB, dan radio mini Visual Boost.

Kamera belakang dengan sistem park distance control memudahkan parkir kendaraan. Ada juga fitur navigasi dengan petunjuk arah suara dari Apple CarPlay untuk varian S Clubman.

  • Aksesoris

Tersedia fitur tambahan Mini Original Accessories seperti scuttle samping, penutup spion eksterior, desain atap Night Jack, finishing hitam pekat, dan lencana Mini pada kap mesin dan buritan.

Harga Mobil Mini Cooper Clubman 2020

Terdapat dua varian Mini Cooper yaitu, Mini Cooper Clubman dan Mini Cooper S Clubman. Beberapa perbedaan kedua varian ini sudah disinggung pada bagian review dan spesifikasi di atas. Tentu saja, harga keduanya juga berbeda, dengan selisih cukup lumayan, yakni Rp170 juta.

Harga Mini Cooper Clubman dibanderol pada angka Rp705 juta, sedangkan varian S Clubman ditawarkan pada harga lebih tinggi, yaitu Rp875 juta. Harga tersebut adalah harga off-the-road.

Nah, rasa-rasanya, dengan posisinya sebagai mobil ikonik dengan desain klasik dan mewa serta fitur yang modern, harga mobil Mini Cooper  tersebut cukup layak, bukan?