Cara Mengelap Mobil Yang Benar

Cara Mengelap Mobil Yang Benar Supaya Tidak Lecet

Cara mengelap mobil yang benar supaya tidak lecet atau tergores memang wajib diketahui oleh para pemilik kendaraan. Apalagi dalam perawatan eksterior kendaraan rod empat ini tentu anda sudah sangat akrab dengan istilah lap atau mengelap. Sehingga cara mengelap yang benar menjadi suatu yang harus dimiliki. Hal ini tentu untuk menunjang tampilan mobil kesayangan anda agar selalu terlihat mengkilap dan bersih. Namun sayangnya masih banyak yang mengelap permukaan bodi mobil yang asal asal saja atau sembarangan.

Padahal jika salah dalam mengelap maka permukaan mobil anda bisa lecet halus atau bahkan bisa tergores. Mulai dari penggunaan bahan lap hingga cara mengelapnya perlu anda ketahui supaya bisa menerapkan cara mengelap mobil yang benar. Supaya anda mudah untuk menerapkan cara mengelap yang benar, maka dibawah ini kami bagi menjadi tiga kondisi. Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

Cara Mengelap Mobil Yang Benar

  • Setelah dicuci

Tahapan terakhir ketika anda mencuci mobil adalah melakukan pengeringan mobil dengan menggunakan lap. Cara yang benar dalam penggunaan lap setelah dicuci yang pertama ialah memastikan jenis lap yang anda pakai sudah tepat. Maka dalam hal ini anda harus memakai lap chamois. Kami sarankan untuk menggunakan dua lap chamois supaya menghasilkan permukaan bodi yang kering dan bersih secara optimal. Lap chamois yang pertama pilihlah ukuran yang besar dan gunakan khusus untuk mengeringkan kaca dan bodi mobil. Sementara lap chamois yang kedua pilihlah yang agak kecil dan gunakan untuk menelap velg serta komponen-komponen di bagian bawah.

Viral :   Miliki Aksesoris Mobil Ini ! Agar Mobil Semakin Aman dan Nyaman.

Selanjutnya, cara mengelap yang benar ialah memulai dari bagian atap kemudian lanjut turun ke bagian kaca sampai anda mengganti lap chamois kedua yang digunakan untuk mengelap velg. Ingat, pastikan lap chamois yang anda pakai selalu dalam kondisi bersih. Jika ternyata lap terjatuh, maka segera bersihkan dengan air himgga kotorannya betul-betul hilang. Karena jika anda telat mengeringkan atau mengelap bodi mobil dengan lap yang kotor, dikhawatirkan akan menimbulkan lecet halus atau bahkan goresan.

  • Setelah terkena hujan

Cara mengelap mobil setelah terkena hujan sebetulnya sangat mirip seperti kondisi setelah mencuci. Mobil yang sehabis kehujanan jika tidak segera di lap maka akan berisiko terkena jamur atau berkarat. Maka dari itu sangat penting melakukan pengelapan ini sampai mobil anda berul-betul kering. Apalagi seperti yang kita ketahui bersama bahwa air hujan juga mengandung asam, sehingga jika dibiarkan terlalu lama maka cat mobil anda akan rusak.

Akan tetapi sebaiknya sebelum anda mengelap mobil yang kehujanan tersebut, bilaslah terlebih dahulu semua bagian permukaan bodi mobil termasuk bagian velg menggunakan air bersih secara merata. Jika kotoran beserta air hujan sudah rontok karena dibilas air bersih, kini saatnya anda memulai melakukan pengelapan. Sama seperti sebelumnya, anda harus memastikan dahulu bahwa lap yang akan dipakai adalah lap dengan jenis chamois. Dan lakukan cara pengelapan seperti diatas yaitu, memulai dari bagian atap kemudian lanjut turun ke bagian kaca sampai anda mengganti lap chamois kedua yang digunakan untuk mengelap velg.

  • Mengelap mobil yang benar saat kondisi kering dan berdebu

Masalah yang sering kita dapati ialah kondisi mobil yang kering dan berdebu walaupun tidak digunakan hanya di simpan saja di bagasi. Mungkin terlihat sepele penanganannya karena hanya tinggal dilap saja. Namun ternyata untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak boleh asal lap saja. Sebab kondisi bodi mobil yang kering dan berdebu anda harus menggunakan lap dari bahan khusus yaitu lap yang berbahan mikrofiber. Lap jenis ini mempunyai kemampuan mengangkat debu yang baik. Untuk cara pengelapannya bisa dilakukan mulai dari bagian atas hingga ke bagian bawah secara berurutan. Anda juga bisa memakai kemoceng berbahan kain mikrofiber untuk mempercepat proses pengangkatan debu lebih efisien. Ingat, jangan pernah memakai kemoceng  ulu yang biasa dipakai untuk membersihkan peralatan rumah tangga karena justru bisa menimbulkan goresan pada cat bodi mobil.

Viral :   Harga Mobil Bekas Honda dan Tips Aman Membelinya

Itulah cara mengelap mobil yang benar yang harus anda terapkan. Dengan melakukan beberapa langkah di atas maka mobil kesayangan anda bisa selalu terjaga kebersihannya dan eksterior mobil juga menjadi lebih awet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya:)