Cara Menghilangkan Jamur Pada Jok Mobil

Cara Menghilangkan Jamur Pada Jok Mobil

Di musim hujan seperti saat ini, bukan hanya bagian luar kendaraan saja yang herus rajin di cuci, namun bagian dalam kabin juga perlu diperhatikan. Udara dan suhu yang dingin memiliki resiko timbulnya jamur di permukaan jok mobil. Sehingga anda harus rutin membersihkannya serta memastikan kondisinya tetap dalam keadaaan kering. Akan tetapi jika ternyata sudah terlanjur muncul jamur apa yang harus dilakuakan? Tenang anda tak perlu resah lagi karena kami telah menyiapkan Cara menghilangkan jamur pada jok mobil yang ampuh sesuai dengan model maupun jenis jok mobil anda.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Jok Mobil

  • Jok berbahan kulit sintesis

Bangku mobil berbahan dasar kulit sintesis sangat sering ditemukan. Pasalnya bahan yang satu ini banyak digunakan pada mobil Toyota. Selain warnanya yang cukup beragam, teksturnya juga nyaman sehingga banyak konsumen yang lebih menyukainya. Jika kendaraan anda berbahan kulit sintesis, maka cara membersihkannya sangat mudah yaitu cukup menggunakan kain yang halus yang sudah dibasai dengan air hangat. Lalu gosok perlahan pada area yang terdapat jamur. Namun apabila ada jamur yang agak sulit dihilangkan, anda bisa menggosoknya denan shampo bayi.

  • Jok berbahan kulit

Jok yang berbahan kulit memang menciptakan kesan elegan pada kabin kendaraan. Namun, bahan ini membutuhkan perawatan secara khusus, apalagi jika sudah mulai muncul jamur. Anda memerlukan cairan khusus yang perlu di sesuaikan dengan jenis kulit jok mobil anda untuk mengangkat jamur tersebut. Sebaiknya dilakukan setelah pembersihan, bangku mobil di beri leather coating / leather protection untuk menghindari munculnya jamur.

  • Jok beludru

Cara menghilangkan jamur pada jenis jok mobil yang berbahan beludru adalah menggunakan cairan pembersih yang disemprotkan. Untuk mengangkat jamurmya, anda dapat menggunakan sikat yang berbulu halus dengan menggosokkannya satu arah. Setelah bersih, keringkan denan lap kering, lalu jemur di terik matahari. Sehingga untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya lepas dahulu bangku dari mobil anda.

  • Jok berbahan nilon

Meski harganya terjangkau dan kualitasnya bagus, sayangnya jok berbahan nilon ini mempunyai kekuranga yakni mudah kotor. Ini dikarenakan pori-pori / lubang di bahan ini yang terlalu besar sehingga noda maupun kotoran menjadi mudah masuk. Apalagi kotoran cair amaka akan lebih cepat lagi meresap daripada di jok berbahan lainnya. Maka dari tiu, jamur yang mudah sekali tumbuh di jok jenis ini jika tidak rajin di rawat. Untuk menghilangkan jamurnya, anda bisa memakai cairan pembersih.

  • Jok berbahan tenun

Jok jenis yang satu ini memang jarang dipakai. Jok tenun biasanya digunakan untk modifikasi supaya tampil lebih keren dan berbeda. Jika di lihat dari segi kualitasnya, jok berbahan tenun ini sama dengan nilon dan begitu juga cara membersihkannya yakni dengan memakai cairan pembersih yang di semprotkan ke permukaanya. Gosok perlahan dengan bulu halus sambil dibilas. Jika jamur tidak kunjung ilang, anda bisa memakai kain yang di rendam air hangat.

  • Jok berbahan vinyl

Cara menghilangkan jamur pada jok yang berbahan vinyl sangat mudah. Cukup dengan pembersih khusus jamur yang umumnya digunakan untuk kendaraan. Atau anda juga bisa menggunakan campuran baking soda dengan air sebagai pembersihnya. Caranya, semprotkan cairan pembersih tersebut pada jok yang berjamur atau terkena noda, lalu lap dengan kain halus atau bisa juga dengan sikat berbulu lembut. Jika sudah, angin-anginkan sampai kering.

Viral :   Lampu Strobo Mobil

Nah demikianlah beberapa cara menghilangkan jamur pada jok mobil sesuai dengan bahan jok kendaraan yang bisa anda coba. Namun jika ternyata jamur sudah sangat parah, maka sudah saatnya anda mengganti jok mobil anda. Semoga bermanfaat 🙂