truk hino 500

Komponen Dump Truk Hino 500

Truk hino 500 – Mempunyai wilayah tambang serta perkebunan sawit yang cukup luas menjadikan Indonesia jadi salah satu pasar penjualan kendaraan niaga yang cukup besar dengan beberapa macamtipe kendaraan, mulai darai minibus sampai truk-truk besar yang memiliki jarak jelajah anatar pulau. Berbagai pabrikan misalnya seperti Mercedez Benz sudah menjadi pemain lama di Tanah air, bahkan sejak. Era orde baru. Oleh sebab itu banyak sekali truk-truk buatan Mercedez yang masih dipakai walaupun model dari tahun 50 an dan mesin yang terbilang tua yang menimbulkan adap-asap hitam saat sedang digunakan di daerah pertambangan. Hino juga mnenjadi salah satu pabrikan asal Jepang juga mempunyai produk-produk yang tidak kalah modern dengan produk buatan Mercedez Benz dan Scania yang dinilai mempunyai model lebih bagus dan lebih futuristik dengan banyak macam fitur-fitur unggulan.

Spesifikasi Truk Hino 500

Hino sendiri mempunyai bermacam-macam produk yaitu salah satunya Hino ranger 500 yang bodinya sangat besar serta sudah sangat mendominasi di jalanan Tanah Air. Truk ini memilki jarak jelajah yang cukup jauh dan bisa membawa barang yang sangat banyak sekali sehingga banyak pabrik-pabrik manufaktur ataupun jasa ekspedisi yang sangat menyukainya. Pasalnya bisanya pabrikan tersebut memerlukan mesin yang sangat besar atau tenaga yang sangat besar yakni kapasitas mesin 7.5 L dengan daya maksimum hingga 130Ps serta torsi 38Kgm untuk melakukan perjalanan antar kota bahkan antar pulau.

  • Mesin & Dimensi

Hino 500 ini mesinnya berkapasitas 7.500cc dengan daya maksimm 130Ps dan torsi hingga 38Kgm sehingga mesin ini bisa memberikan kecepatan 118km/h. Angka ini mungkin tidak terlalu tinggi sebab umumnya truk-truk seperti ini mempunyai tingkat kestabilan yang tentu akan terganggu jika harus berjalan dengan kecepatan yang cukup tinggi serta juga harus membawa barang-barang yang banyak sehingga perlu berjalan dengan pelan-pelan dan juga santai.

  • Fitur Keamanan

Truk yang satu ini diklaim menjadi salah satu. Truk dengan keamanan yang cukup tinggi. Selain seatbelt /sabuk penumpang yang memakai teknologgi pretensioner yang bisa menajan pengemudi beserta asistennya supaya tidak terlempar saat terjadi kecelakaan. Kemudian rangka dari truk ini memang dibuat dengan beberapa bahan baku yang sangat kokh serta mempunyai bobot yng cukup bert sehingga membuatnya stabil dan tidak mudah terguling saat harus melintasi jalanan dengan kontur naik turun.

  • Harga

Truck Hino 500 tentu saja dijual dengan harga yang tidak. Mahal dan juga tidak murah sesuai dengan keperluan para pemilik jasa ekspedisi yang memerlukan truk besar untuk mengangkut banyak barang serta untuk mengurangi biaya operasional supaya lebih rendah dalam mencari keuntungan. Adapun harganya truk ini dijual mulai dari Rp 500 jutaan.

Viral :   Spesifikasi dan Harga Mobil Honda HRV Terbaru

Komponen Dump Truk Hino 500 – Sebuah Panduan Lengkap

Dump truck Hino 500 adalah salah satu kendaraan komersial yang populer di industri konstruksi dan pertambangan. Dikenal karena kehandalannya, truk ini memiliki berbagai komponen penting yang bekerja secara sinergis untuk memberikan kinerja optimal. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara rinci komponen-komponen utama dump truk Hino 500. Mari kita mulai!

  • Rangka dan Sasis

Rangka dan sasis adalah tulang punggung dari dump truk Hino 500. Mereka memberikan kekuatan dan kestabilan pada kendaraan. Rangka terbuat dari baja yang kokoh dan dirancang untuk menahan beban berat yang diangkut oleh dump truk. Sasis, di sisi lain, adalah struktur yang menghubungkan berbagai komponen kendaraan, termasuk suspensi, roda, mesin, dan bodi bak. Rangka dan sasis yang kokoh memastikan stabilitas kendaraan selama operasional di berbagai medan.

  • Mesin

Mesin dump truk Hino 500 menggunakan mesin diesel berkinerja tinggi yang memenuhi standar emisi Euro 4 atau lebih tinggi. Mesin ini memiliki daya tahan yang baik dan memberikan tenaga yang cukup untuk menggerakkan kendaraan dengan beban berat. Mesin Hino 500 juga dilengkapi dengan teknologi injeksi langsung yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

  • Transmisi: Dump truk Hino 500 dilengkapi dengan transmisi manual atau transmisi otomatis. Transmisi manual memberikan pengendalian yang lebih baik atas tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin. Sementara itu, transmisi otomatis memberikan kemudahan penggunaan dan perpindahan gigi yang mulus, mengurangi kelelahan pengemudi selama perjalanan.
  • Sistem Pengereman

Dump truk Hino 500 dilengkapi dengan sistem pengereman yang canggih untuk memberikan keamanan dan keandalan selama beroperasi. Sistem pengereman ini meliputi rem cakram hidrolik pada roda depan dan rem tromol pada roda belakang. Beberapa model Hino 500 juga dilengkapi dengan sistem pengereman anti-lock (ABS) yang membantu mencegah terkunci saat pengereman mendadak.

  • Suspensi

Suspensi adalah komponen yang bertanggung jawab untuk menyerap guncangan dan menjaga stabilitas kendaraan. Dump truk Hino 500 menggunakan suspensi depan berupa per daun dengan peredam kejut ganda, sementara suspensi belakang dapat berupa per daun tunggal atau per daun ganda, tergantung pada model dan konfigurasi kendaraan. Suspensi yang baik membantu mengurangi getaran dan meningkatkan kenyamanan pengemudi dan penumpang serta menjaga stabilitas kendaraan saat membawa beban berat.

  • Bodi Dump

Bodi dump merupakan komponen yang paling khas pada dump truk Hino 500. Bodi dump terbuat dari material baja yang kuat dan dirancang khusus untuk menangani muatan berat. Bodi dump dilengkapi dengan mekanisme hidrolik yang memungkinkan pengangkatan dan pembongkaran muatan dengan mudah. Dump truk Hino 500 juga dilengkapi dengan pintu belakang yang dapat digerakkan secara hidrolik untuk membuka dan menutup dengan lancar.

Viral :   Perbedaan Spesifikasi dan Harga Mobil Xenia untuk Semua Tipe
  • Sistem Hidrolik

Sistem hidrolik pada dump truk Hino 500 berperan penting dalam pengoperasian bodi dump. Sistem ini terdiri dari pompa hidrolik, tangki hidrolik, katup kontrol, dan silinder hidrolik. Pompa hidrolik menghasilkan tekanan hidrolik yang diperlukan untuk mengangkat dan menurunkan bodi dump. Tangki hidrolik menyimpan fluida hidrolik yang digunakan dalam sistem. Katup kontrol mengatur aliran fluida hidrolik ke silinder hidrolik untuk menggerakkan mekanisme angkat dan turun. Silinder hidrolik adalah komponen yang bertanggung jawab langsung dalam mengangkat dan menurunkan bodi dump. Sistem hidrolik yang baik dan efisien memastikan operasi yang lancar dan cepat saat memuat dan membongkar muatan.

  • Sistem Kemudi

Sistem kemudi pada dump truk Hino 500 dirancang untuk memberikan kendali yang baik dan responsif kepada pengemudi. Sistem ini terdiri dari roda kemudi, gearbox kemudi, dan mekanisme kemudi. Dump truk Hino 500 dapat dilengkapi dengan sistem kemudi hidrolik yang memudahkan pengemudi saat melakukan manuver di area yang sempit.

Kelebihan & Kekurangan Dump Truk Hino 500

1. Kelebihan Dump Truk Hino 500:

  • Keandalan dan daya tahan yang tinggi.
  • Performa mesin yang kuat dan efisien.
  • Kemampuan angkut muatan berat.
  • Sistem pengereman yang aman dan responsif.
  • Mekanisme hidrolik bodi dump yang mudah digunakan.
  • Suspensi yang mampu mengatasi medan yang berat.
  • Kabin yang ergonomis dan nyaman.

2. Kekurangan Dump Truk Hino 500:

  • Biaya perawatan dan suku cadang yang mungkin lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan non-komersial.
  • Konsumsi bahan bakar yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan non-komersial.
  • Ukuran yang besar dan kurang cocok untuk operasi di area dengan ruang terbatas.

Kesimpulan

Dump truk Hino 500 merupakan kendaraan komersial yang handal dan tangguh untuk mengangkut muatan berat. Dengan komponen-komponen seperti rangka dan sasis yang kuat, mesin diesel yang efisien, sistem pengereman yang aman, bodi dump yang fungsional, sistem hidrolik yang canggih, dan sistem kemudi yang responsif, dump truk Hino 500 siap untuk menghadapi tugas-tugas berat dalam industri konstruksi dan pertambangan. Meskipun ada beberapa kekurangan seperti biaya perawatan yang lebih tinggi dan konsumsi bahan bakar yang relatif lebih