New Mobil Nissan GTR R50 Siap Test Car

Setelah pertama kali merilis prototipe pada Juni 2018, akhirnya new mobil Nissan GTR R50 test car telah tiba di Jepang. Sebelumnya, pada akhir tahun lalu, akun Twitter @NissanMotor sudah memberi bocoran bahwa test car dalam pengiriman.

Akhirnya, pada 12 Januari kemarin, akun yang sama mengumumkan mobilnya telah tiba dan akan dipamerkan di Nissan Crossing, Tokyo, hingga 31 Maret nanti.

New Mobil Nissan GTR R50: dari Concept Car hingga Test Car

Nama sport car mahal yang disebut ultra-limited ini telah populer di kalangan penggemar otomotif sejak 3 tahun lalu. Mobil hasil kerja sama Nissan dan Italdesign ini dirilis untuk merayakan setengah dekade Nissan GT-R pada tahun 2019 dan 50 tahun Italdesign di tahun 2018. Bagaimana perjalanan produksi mobil mewah ini?

Rilis Pertama

New mobil Nissan GTR R50 pertama dirilis sebagai concept car pada 28 Juni 2018. Tak berapa lama kemudian, pada Mei 2020, diadakan juga peluncuran model produksinya di Italia. Setelah 2 tahun modifikasi, Nissan akhirnya mengumumkan hanya akan memproduksi 50 unit mobil ini untuk merayakan ulang tahun mereka.

Pemesanan Sesuai Keinginan Pelanggan

Saat memesan mobil ini, pelanggan juga bisa memberikan saran keinginan kepada tim produksi untuk melahirkan mobil unik miliknya sendiri.

Karena merupakan edisi khusus dengan jumlah unit sangat terbatas, Nissan GT-R R50 ditawar mulai €990.000, setara hampir Rp 16 miliar. Angka ini lima kali lebih mahal dari GT-R Nismo, edisi termahal yang dijual Nissan saat ini.

Viral :   Harga BMW X6 2021 dan Spesifikasi

Desain Mobil dan Mesin

Basis desain mobil khusus 50 tahun Nissan GT-R ini sendiri memang adalah Nissan GT-R Nismo. Namun, perbedaan utama mereka terletak pada mesin yang sudah diperbarui.

Italdesign memberikan Mesin V6 3.800 cc twin-turbocharged yang dapat memacu tenaga 710tk dan torsi 780 Nm, jauh lebih besar dari mesin standar GT-R Nismo yang hanya menghasilkan tenaga 592tk.

Selain itu, atapnya juga dibuat lebih rendah 54 mm agar terlihat lebih ramping dari mobil GT-R lainnya. Cat luarnya menggunakan kombinasi Striking Liquid Kinetic Grey dengan highlight berwarna emas. Desain eksterior dan interior ini dibuat oleh tim desain Nissan di Eropa dan Amerika.

Penghentian Produksi Akibat Pandemi

Seperti perusahaan lain pada umumnya, Nissan juga merasakan dampak pandemi corona. Salah satunya adalah penghentian produksi mobil, termasuk Nissan GTR R50. Untungnya, proses bisa dilanjutkan kembali pada Mei 2020.

Sesuai jadwal, super car ini akan dikirimkan ke pelanggan dari akhir tahun 2020 hingga akhir 2021 nanti. Sekarang, test car sudah berada di Nissan Crossing, Ginza, Jepang, untuk dipamerkan.

Viral :   Cari Mobil Terjangkau? Ini Dia Informasi Harga Mobil Mobilio

New mobil Nissan GTR R50 sendiri masih merupakan bagian dari seri GT-R R35. Model termutakhir GT-R ini diproduksi dari Desember 2007 dan saat ini sudah ada model 2020.

Juga ada model Nismo yang bisa menghasilkan 600 tenaga kuda, 35 tenaga kuda lebih banyak dari model standar. Kisaran harga Nissan GT-R berada antara Rp 1,8 miliar hingga 3,4 miliar.

Sebelumnya, Nissan memiliki tujuh generasi mobil yang terkenal sejak produksi pertamanya di tahun 1965. Dimulai dari Prince Skyline GT-B, mobil yang mereka produksi sudah menoreh prestasi tinggi di arena balap. Hingga akhirnya. pada tahun 1989, model GT-R R32 kembali membuat legenda baru.

Seri GT-R R32 adalah mobil yang mengawali cikal bakal julukan Godzilla. Julukan ini diberikan oleh majalah otomotif Australia Wheels setelah mobil ini berkali-kali memenangkan Touring Tour Championship di Jepang dan Australia. GT-R R33 sebagai penerus langsungnya juga melanjutkan karier indah di arena balap.

Varian GT-R R34 sendiri terkenal setelah tampil berkali-kali dalam serial Fast and Furious. Model ini berhenti diproduksi tahun 2002 dan Nissan pun melepas nama Skyline di seri GT-R selanjutnya.

Kedua model ini hanya dua dari banyak model dalam sejarah 50 tahun Nissan GT-R sebelum produksi ulang tahun New mobil Nissan GTR R50.