Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Carry

Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Carry

Cara memperbaiki pompa bensin mobil carry sebenarnya tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Mobil carry ini memang cukup familiar di tahun 80an, tetapi tahukah Anda bahwasannya hingga saat ini keberadaan mobil Carry masih ada dan diminati masyarakat untuk menunjang berbagai kebutuhan. Tetapi mungkin karena faktor usia terkadang terjadi masalah seperti rusaknya pompa bensin. Maka jika terjadi masalah seperti itu, Anda harus simak penjelasan selengkapnya tentang cara memperbaiki pompa bensin mobil carry berikut ini.

Tetapi sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya Anda mengetahui tentang apa fungsi dari pompa bensin. Pompa bensin pada mobil berfungsi sebagai media menarik bahan bakar dari tangki ke karburator mobil.  Dengan rusaknya pompa ini, tentu akan berdampak buruk seperti mobil mati serta tidak bisa distarter.

Cara Memperbaiki Pompa Bensin Mobil Carry

  • Lepas Kabel Pada Pompa Bensin Mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ialah melepas kabel pada pompa yang terdiri dari 2 biji. Untuk kabel plus (+) ikut pada coil, dan yang minus (-) ikut body. Setelah itu lepaskanlah pompa bensin tersebut dari letak pangkon, dan jangan lupa untuk melepas selang bensinnya juga. Yang mana selang yang satu terdapat pada filter rotax, dan sedangkan yang satu lagi dari rotax ke karbirator.

  • Buka Satu Baut Menggunakan Obeng

Jika langkah pertama telah selesai Anda lakukan, maka letakkanlah rotak di tempat datar. Kemudian bukalah satu baut menggunakan obeng plus. Setelah itu tarik kabel kemudian dorong kabel untuk membuka tutupnya. Jika diamati, bagian atas dari pompa bensin ini hampir serupa dengan switch otomatis pada pompa air. Jadi tidak heran memang, namanya juga pompa bensin jadi fungsi dan juga cara kerjanya tidak jauh dari pompa air atau sanyo.

  • Amati Bunyi Cetik-cetik Dari Pompa Bensin

Pada dasarnya jika pompa bensin mobil berjalan dengan normal, maka secara otomatis pompa akan menimbulkan suara cetik-cetik. Meskipun sedikit berisik, tetapi sejatinya bunyi ini menandakan kalau pompa sedang berjalan dengan lancar. Yang mana bunyi tersebut, berasal dari komponen switch otomatis yang bergerak naik turun, dan kebanyakan kerusakan terjadi pada bagian ini.

  • Ganti Platina Rotax Pompa Elektrik

Setelah Anda mengetahui tentang kerusakan komponen pompa, maka langkah berikutnya ialah dengan mencari komponen yang rusak tersebut. Spare part ini dapat dibeli atau juga bisa ditemui dengan mudah di toko onderdil terdekat. Bicara soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena harga untuk komponen ini sangat terjangkau.

Viral :   Begini Cara Mengatasi Ban Motor Pecah saat Berkendara

Biasanya petugas toko akan menawarkan 2 jenis, yaitu versi orisinil atau versi spare part imitasi alias KW. Tentu saja sudah dapat Anda tebak jika yang berbau orisinil akan lebih mahal, bergaransi dan lebih awet. Berbalik ke versi kw, dibandrol dengan harga murah, tetapi untuk kualitasnya tentu berbeda.

Jika dilihat dari segi harga, untuk yang asli atau yang orisinil dibandrol sekitar Rp360.000,00 dan sedangkan untuk yang imitasi atau yang kw, biasanya dihargai sekitar Rp60.000,00 saja.

  • Pasang Platina Rotax Pompa Bensin

Pada cara memperbaiki pompa bensin mobil Carry selanjutnya ialah dengan memasang platina rotax yang telah Anda beli tadi. Untuk memasang switch platina ini sebenarnya cukup mudah. Adapun caranya ialah dengan membuka kedua baut dengan solder. Kemudian pasang onderdil dan kembalikan komponen pompa bensin ke tempat semula, dan dengan begitu masalah akan segera terselesaikan.

Viral :   Cara Bersihkan Kaca Mobil Baret Mudah & Murah