Cara Memperbaiki Mobil Overheat

Cara Memperbaiki Mobil Overheat

Cara memperbaiki mobil overheat tidaklah sesulit yang Anda fikirkan, berikut ini kami akan menjelaskan tentang cara-caranya. Perlu Anda ketahui bahwa mesin mobil overheat memang bukan perkara yang nggak mungkin terjadi. Yang mana mesin overheat terjadi ketika kondisi suhu pada mesin mobil terlalu tinggi, salah satu penyebabnya ialah karena perjalanan jauh yang memaksa mobil Anda untuk bekerja dalam waktu yang lama atau mungkin karena sistem pendingin mesin mobil yang bermasalah. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara memperbaiki mobil overheat.

Cara Memperbaiki Mobil Overheat

  • Berhentikan Mobil Di Pinggir Jalan

Ketika mobil sudah menunjukkan tanda-tanda overheat, maka Anda harus langsung berhenti di pinggir jalan dan langsung matikan mesin mobil. Hal tersebut sangat perlu Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan pada mesin mobil. Jadi ini merupakan cara mengatasi mobil yang overheat yang pertama kali harus Anda lakukan.

  • Buka Kap Mesin Mobil

Cara memperbaiki mobil overheat yang selanjutnya ialah Anda harus langsung membuka kap mesin setelah berhenti di pinggir jalan. Biarkanlah panas pada mesin mobil Anda keluar sedikit demi sedikit, saat kap mobil sudah terbuka.

  • Hindari Langsung Membuka Tutup Radiator

Ya memang mengecek level air radiator pada mesin mobil sangat penting untuk mengatasi overheat pada mobil, tetapi apakah Anda tahu kalau kondisi tutup radiator pada mesin sangatlah panas, dan nantinya akan sangat beresiko melukai jari-jari Anda. Maka tunggulah beberapa menit sebelum Anda membuka tutup radiator.

  • Periksa Cadangan Air Radiator

Setiap radiator pasti memiliki cadangan air, jadi Anda harus memeriksanya ketika terjadi overheat pada mobil. Jika cadangan air nya kurang, maka isilah kembali dengan air untuk radiator atau coolant yang dapat mendinginkan mesin mobil dengan cepat.

  • Cari Kebocoran Sistem Pendingin

Penyebab lainnya dari mobil overheat ialah terjadinya kebocoran pada sistem pendingin. Maka untuk cara mengatasi overheat pada mobil selanjutnya adalah dengan mengecek kebocoran tersebut, seperti pada radiator, kepala silinder rusak, dan juga blok mesin.

Viral :   Cara Membersihkan Interior Mobil Inova

Jadi Anda tidak perlu panik ketika mesin mobil mengalami overheat, pasti ada jalan untuk mengatasinya dengan tips di atas. Dan juga jangan lupa untuk terus merawat mobil Anda baik dari mesin maupun penampilan luar mobil Anda.