Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak sebenarnya tidak mudah untuk dilakukan dan bisa beresiko. Untuk itu, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa sebenarnya penyebabnya. Karena jika koil mobil Anda sudah rusak, maka sistem pengapian mobil tidak mungkin untuk bisa berjalan sempurna.

Jadi Anda sebaiknya tahu cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Berikut ini kami akan menjelaskan selengkapnya tentang cara memperbaiki koil mobil yang rusak, yang bisa Anda peraktekkan sendiri.

Cara Memperbaiki Koil Mobil Yang Rusak

Sebagai salah satu bagian dari sistem kerja pengapian pada mesin mobil, termasuk dengan busi dan tensioner, koil memegang memiliki peranan yang sangat penting. Kalaupun ada kerusakan pada koil, tidak hanya bisa disebabkan oleh 1 hal saja, akan tetapi ada beberapa faktor pendukung. Untuk lebih lengkapnya, simaklah penjelasan selengkapnya di bawah ini.

  • Untuk Koil Yang Rusak Karena Panas

Koil yang ada di sistem kerja pengapian mesin mobil memang akan sering terkena panas dan itu merupakan suatu hal yang wajar. Tetapi ketika koil sudah terlalu sering terkena panas yang terlalu tinggi, maka koil pun akan cepat rusak. Sehingga bunga api tidak akan muncul dari busi ataupun koil menjadi mati saat mesin sudah panas. Kalau sudah sudah seperti itu, mau tidak mau Anda harus mengkompres koil menggunakan lap basah. Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan serta terhitung sebagai penanganan sementara. Tapi setelah itu, sebaiknya segera Anda cek mobil Anda dengan melakukan servis.

  • Untuk Koil Mobil Yang Rusak Karena Listrik Bocor

Di dalam koil terdapat aliran listrik yang memang merupakan hal yang sangat wajar. Akan tetapi ketika terjadi kebocoran listrik, maka Anda harus mencari tahu dari mana sumbernya. Mobil bensin yang memiliki sistem karburator dengan kabel busi panjang, bisa saja mengalami masalah seperti ini. Kabel busi yang terputus akan membuat api melompat dari koil menuju body koil. karena listrik dengan tegangan tinggi yang berasal dari koil mencari jalan pintas ke massa.

Viral :   Cara Cek Ban Mobil Kadaluarsa. Penting!

Maka untuk memperbaiki masalah seperti ini, Anda harus menutup bagian yang bocor dengan melakukan isolasi menggunakan lem yang sangat kuat. Anda bisa gunakan lem besi atau pun plastic steel. Dengan menggunakan lem tersebut, maka akan menghalangi listrik tegangan tinggi untuk melompat ke koil. Anda juga bisa mengganti koil atau pun kabel cup businya, jika memang kerusakannya sudah terhitung sangat parah. Pastikan Anda mengecek busi mobil Anda terlebih dahulu dan pastikan tidak ada masalah dengan busi mobil Anda.

  • Untuk Koil Mobil Yang Rusak Karena Tidak Keluar Api Di Busi

Koil yang rusak karena tidak ada api yang keluar di busi juga sangat sering terjadi. Masalah ini disebabkan karena kontak penghubung antara kabel busi dengan koil memiliki kerak. Maka sudah parti dengan kemunculan kerak ini, maka akan menghalangi aliran listrik koil menuju ke busi. Sehingga akhirnya bunga api tidak akan keluar pada busi mobil. Jika sudah begini, sebaiknya Anda segera untuk mengganti koil pada mobil Anda, apalagi jika kondisinya sampai retak. Lebih baik Anda menghindari pemakaian koil yang sudah retak hingga tidak mampu bekerja dengan optimal. Agar Anda tidak mendapatkan masalah saat sedang berkendara.

Viral :   Mobil Matic Atau Manual? Ini Dia Pertimbangan Memilihnya