Kekurangan Mobil Mesin Diesel
Kekurangan Mobil Mesin Diesel

Kekurangan Mobil Mesin Diesel Yang Jarang Diketahui

Mobil dengan jenis mesin diesel sempat menjadi primadona dan banyak diminati di pasar Tanah air karena sederet kelebihannya, dianataranya karena konsumsi bahan bakarnya yang terbilang irit. Akan tetapi tahukah anda ada Kekurangan Mobil Mesin Diesel yang jarang diketahui orang. Berbeda seperti tahun – tahun lalu, dimana kini mobil mesin diesel sangat terbatas. Apalagi sekarang banyak pabrikan yang lebih memilih untuk mengembangkan jenis mesin bensin karena dinilai lebih ramah lingkungan.

Untuk itu dibawah ini wartaoto telah merangkum beberapa kelemahan mobil mesin diesel yang masih jarang diketahui banyak orang. Mari simak ulasannya berikut.

Kekurangan Mobil Mesin Diesel

  • Akselerasi yang lambat

Kekurangan yang terdapat pada mobil dengan mesin diesel ialah akselerasinya yang cenderung lebih lambat sebab karakter mesin memakai tipe mesin long stroke. Padahal mesin diesel terkenal dengan tenaga serta torsinya yang tinggi dan bertenaga.

  • Wajib rutin ganti filter solar

Filter solar sendiri merupakan salah satu perangkat penting yang perlu diperhatikan kondisinya supaya performa mobil tetap prima, sebab tugasnya untukmenyaring bahan bakar. Bila filter solar tak berfungsi dengan normal, maka kotoran yang tidak tersaring akan ikut masuk menuju saluran common rail yang akibantnya menyumbat supali bahan bakar. Penggunaan bahan bakar (solar) dengan kualitas rendah juga bisa mempercepat penggantian komponen filter solar ini, sehingga yang biasanya tiap 15.000 km, kini menjadi tiap 10.000 km.

  • Tidak bisa dipaksa jalan saat bahan bakar habis

Kekurangan Mobil Mesin Diesel berikutnya adalah jika anda mengendarai mobil dengan jenis mesin diesel maka harus memperhatikan kapasitas bahan bakar yang ada pada tangki. Jika kondisinya minim bahan bakar, tetapi mobil tetap dipaksa untuk jalan, ini akan berakibat.  Mobil ‘masuk angin’. Pada saat bahan bakar pada tangki habis, secara otomatis vakum akan menyedot udara dan dialirkan menuju injekstor nozel. Masuknya udara ini. Bisa membuat penurunan solat ke ruang bakar, akibatnya mobil menjadi tidak bertenaga karena terisi udara. Dalam kondisi yang lebih parah, mobil bisa mogok.

  • Emisi yang dihasilkan tinggi

Sudah menjadi kebenaran umum bahwa mobil mesin diesel memang bukan kendaraan yang ramah lingkungan. Kerena emisi gas buangnya yang masih tinggi dibandingkan dengan mobil dengan jenis mesin bensin.

Viral :   Cara Modif Kaki-kaki Mobil Sesuai dengan Kebutuhannya

Demikianlah Kekurangan Mobil Mesin Diesel yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda kembali ketika ingin membeli kendaraan bermotor. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi pembaca 🙂