Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil
Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil

Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil Yang Harus Anda Ketahui!

Setiap mobil pasti mempunyai stabilizer link yang terletak di bagian kaki mobil. Dimana Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil Ini sangat penting. Tanpa komponen stabilizer link, laju kendaraan anda akan terganggu dan tidak hanya berdampak pada kenyamanan ketika mengemudi namun juga keamanannya. Mengingat fungsinya yang cukup vital, sebagai pemilik mobil, anda harus tahu apa itu stabilizer sekaligus perawatan yang perlu diperhatikan secara rutin.

Apa itu Stabilizer Link

Seperti namanya, komponen ini memiliki peran utama dalam menjaga keseimbangan mobil dan bentuknya sendiri berbentuk batang besi panjang yang letaknya dibawah kendaraan. Jenis besi yang dipakai adalah logam yang kekuatannya tentu sangat baik serta tahan terhadap puntiran. Jika diperhatikan pada masing – masing ujung stabilizer link ini terhubung dengan suspensi mobil di kiri dan kanan. Stabilizer link juga diyakini memiliki ketahanan yang sangat lama sehingga mustahil jika rusak kecuali bila terjadi kecelakaan. Sekalipun rusak, maka kerusakannya terletak pada karet bushing yang fungsinya sebagai penyangga bukan pada batang besinya. Akan tetapi tak menutup kemungkinan juga jka terjadi kerusakan pasa link stabilizernya. Maka dari itu, disinilah perlunya perawatan secara rutin, karena karet bushing bisa saja mengeras karena di makan usia. Bila terjadi kerusakan, maka kenyamanan berkendara akan sangat terganggu.

Viral :   Bentley Hammington, Konsep SUV Futuristik Paling Revolusioner di Dunia

Fungsi Stabilizer Link

Stabilizer link merupakan salah satu komponen kaki kaki mobil yang sengaja dirancang kuat agar tidak mudah patah saat digunakan. Dibawah ini terdapat bebereapa fungsi dari stabilizer link, antara lain:

  • Menimilisir efek limbung pada mobil

Ketika berbelok, mobil yang tak diterpadang stabilizer link akan terasa limbung dan anda pasti akan merasa sangat tidak nyaman. Berbeda halnya, jika link stabilizer diaktifkan, maka limbung akan berkurang sehingga dapat mengurangi kemiringan pada mobil. Alhasil saat mobil berbelok akan terasa tetap nyaman.

  • Mobil menjadi tetap stabil

kestabilan mobil sangat dibutuhkan pada area apapun. Baik  saat melintasi jalan berbelok maupun lurus. Sebab mobil yang stabil tidak hanya tergantung pada balancing & spooring pada ban saja, namun juga memerlukan stabilizer link untuk membuat mobil tetap stabil.

  • Meningkatkan daya cengkram ban mobil

Ban mobil merupakan bagian yang akan bergesekan secara langsung dengan aspal. Ban mobil juga dirancang memiliki kembangan supaya tidak licin ketika berjalan di aspal serta membuat daya cengkram meningkat. Akan tetapi tahukan anda, daya cengkram mobil juga bertumpu pada link stabilizer, sebab Fungsi dari Stabilizer Link Pada Mobil dapat meningkatkan daya cengkram ban pada aspal agar tidak mudah tergelincir.

  • Membantu suspensi meredam guncangan

Guncangan yang muncul akibat laju kendaraan bukan hanya berkat suspendi namun juga berkat stabilizer link. Anda dapat memnuktikannya dengan menonaktifkan stabilizer link lalu gunakan untuk melintasi jalur yang bergelombang, maka guncangan akan sangat terasa. Tak hanya itu, bantingan mobil juga terasa tidak nyaman.

Viral :   Rekomendasi Harga GPS Mobil Murah dan Terbaik

Adapun tanda – tanda kerusakan pada komponen stabilizer link biasanya ditandai dengan timbulnya getaran yang terasa sangat keras, mobil menjadi tidak stabil serta terdengar suara kasar dari bawah mobil. Jika sudah muncul tanda – tanda demkian, sebaiknya anda harus segera membawa kendaraan anda ke bengkel resmi terdekat untuk melakukan perbaikan atau penggantian karet bushing yang ditangani langsung oleh mekanik atau teknisi profesional. Demkianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait Fungsi Stabilizer Link Pada Mobil. Semoga bermanfaat 🙂