Fungsi Kabel Grounding
Kabel Ground

Fungsi Kabel Ground pada Kendaraan

Fungsi Kabel Ground pada kendaraan adalah untuk menjaga kestabilan arus listrik dan juga membuat performa kelistrikan  menjadi lebih sempurna. Kabel Ground atau Grounding cable diyakini bisa mendongkrak performa sepeda motor hingga membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Fungsi Kabel Ground juga untuk menjaga keamanan arus kelistrikan pada kendaraan khususnya mobil. Istilah Kabel Ground ini memang lebih akrab oleh mekanik atau pecinta otomotif, sebab Fungsi Kabel Ground ini diklaim mampu membantu kinerja kendaraan menjadi lebih maksimal.

Fungsi Kabel Ground

  • Menjaga kestabilan sistem kelistrikan

Pertama, fungsi dari kabel ground ini untuk menjaga kestabilan arus listrik. Terlebih pada kendaraan seperti mobil yang usianya sudah belasan tahun dimana kondisinya sudah berkurang, maka disinilah diperlukan sistem grounding. Dengan kabel ground, kelistrikan pada kendaraan menjadi lebih stabil dan permasaahan kelistrikan pada mobil – mobil tua tidak akan muncul lagi dan anda pasti juga lebih nyaman ketika mengendarainya.

  • Mempermudah proses pengecekan kelistrikan menjadi mudah

Selanjutnya Fungsi Kabel ini pada Kendaraan bukan hanya menjaga kestabilan daya listrik, karena dalam komponen kabel grounding ini terdapat negative battery yang perannya cukup krusial dan pemeriksaan kondisi battery harus dilakukan secara rutin menggunakan alat khusus yaitu alat test aki. Negative battery letaknya di sebelalh rumah aki mobil, dimana posisinya lebih condong ke belakang dengan sudut sempit namun tetap mudah di periksa berkat adanya kabel grounding.

Viral :   Pick Up Isuzu E2, Mobil Terbaru dengan Spek Menarik

Pengecekan secara keseluruhan pada kelistrikan mobil juga menjadi lebih mudah, seperti yang biasa menimbulkan korslet, maka berkat kabel ground inilah keamanan kelistrikan kendaraan jadi lebih baik sebab posisi kepala posistif aki & ground terletak di area terbuka dan juga tidak terhalang oleh komponen lainnya.

Tentu setelah kita mengetahui Fungsi Kabel Ground pada Kendaraan seperti yang telah dijelaskan diatas, kini anda tahu apa yang mestsi dilakukan untuk menjaga performa kendaraan mobil tua agar lebih baik lagi. Dengan pemakaian kabel Ground maka kelistrikan pada kendaraan akan terpenuhi dan kinerja seluruh komponen menjadi sempurna.

Demikianlah informasi dari wartaoto.com. Semoga bermanfaat 🙂