Cara Mengatasi Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Mobil Susah Masuk Gigi Mundur – Gigi mundur mobil adalah salah satu teknik yang harus dikuasai bagi kalian para pemula untuk mengemudi mobil manual. Gigi mundur mobil matic ataupun gigi mundur mobil manual sama sama harus memposisikan tuas persneling ke R.

R sendiri merupakan kode dari nama Reverse adalah nama gigi mundur mobil didalam simbol persneling.

Namun, untuk gigi mundur mobil manual terkadang akan lebih cenderung merepotkan daripada gigi mobil matic. Karena gigi mundur mobil manual seringkali terganggu.

Untuk memberikan wawasan tentang penyebab gigi mundur mobil susah masuk, kami telah merangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil susah masuk gigi mundur.

Penyebab Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Penyebab mobil susah masuk gigi mundur biasanya dikarenakan terkikisnya dan kondisi aus komponen kampas kopling mobil, sehingga akan mengakibatkan kabel tuas transmisi macet.

Penyebab lainnya yang bisa membuat mobil susah masuk gigi mundur adalah karena adanya angin masuk ke bagian master kopling untuk tipe hidrolik.

Viral :   Spesifikasi Lengkap Mobil Porsche 918 Spyder Berjenis Hybrid

Umumnya desain sistem transmisi manual untuk gigi mundur tidak menyertakan komponen synchromesh melainkan langsung bersinggungan antara dua gigi.

Maka dari itu, jika proses tuas transmisi ke gigi mundur dalam hal ini memiliki perlakuan yang berbeda dengan proses memasukkan gigi perseneling ke gigi 1, 2, 3, 4, 5.

Jadi tidak heran jika Anda melakukan pengoperan ke gigi mundur pada waktu yang tidak tepat, atau posisi antar gigi tersebut belum sejajar, maka ada kemungkinan anda akan mengalami bahwa gigi mundur tidak dapat bergerak ke posisi R.

Cara Mengatasi Mobil Susah Masuk Gigi Mundur

Cara mengatasi mobil susah masuk gigi mundur adalah dengan menempatkan gigi perseneling ke posisi netral terlebih dahulu.

Kemudian, lepas pedal kopling dan kembalikan, sembari memindahkan tuas yang semula pada posisi netral ke gigi mundur.

Langkah Selanjutnya, jika cara memasukan gigi mundur pada mobil tadi sudah anda lakukan. Maka hal yang harus diperhatikan adalah dengan memastiakan menunggu kendaraan sampai berhenti dengan sempurna terlebih dahulu.

Viral :   Mobil Paling Mahal Lamborghini Aventandor SVJ Masterpiece Luar Biasa

Injak rem, kemudian memindahkan gigi perseneling dari posisi gigi selain gigi mundur. Cara gigi mundur mobil ini bertujuan agar putaran mesin berhenti secara sempurna dan akan mempermudah anda dalam perpindahan tuas persneling ke gigi mundur.

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa roda gigi pada transmisi tidak rompal atau aus.

Jika cara gigi mundur mobil di atas tidak berhasil, atau terlalu memakan waktu, cara lain adalah dengan memasukan terlebih dahulu tuas transmisi ke gigi 1. Setelah itu, ulangi langkah diatas, yaitu menekan kopling pedal dengan kuat dan mengoperkan tuas perseneling ke gigi mundur lagi.

Semoga ulasan diatas tentang cara mengatasi mobil susah masuk gigi mundur bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami permasalahan yang telah disebutkan diatas tadi.