Kenali Penyebab dan Cara Memperbaiki Kamera Mundur Mobil Tidak Berfungsi

Kita ketahui jika beberapa mobil keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dan modern. Dimana salah satunya adalah Kamera mundur mobil. Dengan adanya kamera mundur mobil ini akan mempermudah kamu ketika ingin melakukan parkir. Lantas bagaimana jika kamera mundur mobil tidak berfungsi ?

Kamera mundur mobil yang tidak berfungsi tentunya akan membuat anda repot dalam hal memarkirkan mobil, terlebih jika anda yang sudah terbiasa menggunakan fitur canggih satu ini. Nah, pada kesempatan kali ini wartaoto.com akan membahas tentang cara memperbaiki kamera mundur mobil tidak berfungsi dengan baik.

Namun, sebelum itu ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui beberapa penyebab kamera mundur mobil tidak berfungsi :

1. Instalasi Kabel Kamera mundur mobil Putus
2. Sensor Kamera mundur mobil Kotor Atau Rusak
3. Tegangan Listrik Ke Kamera mundur mobil Tidak Mengalir
4. ECU (modul) Sensor Mundur Rusak
5. Switch Sensor Mundur Rusak
7. Fuse lampu Mati
8. Salah Satu Bagian Terlepas (seperti cop kabel lepas atau salah satu komponen yang tidak tersambung)

Viral :   Menilik Jeep Mercy G Class AMG G63 | Spesifikasi dan Harga

Cara Memperbaiki Kamera mundur mobil tidak berfungsi

Ketika anda sudah mengetahu penyebab kamera mundur mobil tidak berfungsi, maka anda dapat dengan mudah untuk mengatasi kamera mundur mobil tidak berfungsi. Nah berikut ini cara memperbaiki kamera mundur mobil tidak berfungsi :

1. Menyambung Instalasi Kabel yang Putus

Jika penyebab masalahnya adalah kabel yang putus, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menyambungkan kembali kabel yang putus tersebut. Setelah itu, kalian cek kembali, sebelum semua komponen dapat dipasang kembali.

2. Membersihkan Sensor Parkir yang Kotor

Penyebab lainnya kamera mundur mobil tidak berfungsi adalah sensor yang kotor, solusinya cukup dibersihkan saja, dalam melakukan pembersihan, lebih baik semua komponen dibersihkan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Periksa Tegangan Listrik yang Mengalir Ke Sensor Parkir

Viral :   Mitsubishi Colt Diesel FE 71 Unggulan untuk Berbagai Proyek

Cara memperbaiki kamera mundur mobil tidak berfungsi yaitu memeriksa suplai tegangan listirk, anda dapat cek dengan alat ukur. Untuk diketahui jika komponen ini tidak bisa bekerja apabila suplai listrik kurang atau tidak stabil.

4. Mengganti Komponen Sensor Parkir yang Rusak

Jika sumber masalah yang terjadi dikarenakan salah satu komponen mengalami kerusakan, anda bisa megantianya dengan yang baru.

5. Melakukan Pengecekan Setiap Komponen yang Tersambung Ke Sensror Parkir

Jika dirasa semua bagian bagian dari kamera mundur mobil normal dan aman, maka kamu bisa melakukan pengecekan dari kabel, komponen, cop dan kelistrikannya saja. Apakah semua komponen yang ada didalam sensor parkir sudah terpasang dengan benar sesuai dengan semestinya.

Semoga ulasan diatas tentang cara memperbaiki kamera mundur mobil tidak berfungsi ini dapat membantu anda dalam mengetasi permasalahan yang terjadi pada kamera mundur mobil yang anda miliki.