Kenali Ciri-ciri, Penyebab Dan Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil Yang Rusak

Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil – Tie Rod Mobil adalah komponen yang terdpat pada sistem kemudi atau streering. Tie Rod bisa dibilang memegang peranan yang cukup penting untuk membuat mobil dapat berjalan dengan mudah dan dapat dikendalikan. Sehingga, komponen ini harus benar-benar diperlakukan dengan cukup baik dan mendapatkan perawatan.

Tie rod sendiri terletak diantara steering gearbox (steering rack) dan knuckle roda depan. Tie rod inilah yang akan menjadi penghubung kedua bagian tersebut yang mana jika digerakan ke salah satu arah, maka secara otomatis roda pun akan mnegikuti gerakan tersebut, sehingga mobil akan berbelok sesuai dengan putaran tie rod mobil.

Fungsi Tie Rod Mobil

  1. Penghubung Putaran Kemudi ke Roda Depan
    Fungsi tie rod mobil yang pertama adalah sebagai penerus putaran roda kemudi (setir) yang dihasilkan oleh pengemudi ke bagian belakang rod. Gerakan putar dari kemudi akan diubah menjadi gaya tarik dan dorong melalui steering gear box, sehingga kendaraan dapat dengan mudah bergerak dari kanan ke kiri.
  2. Peredam Getaran Roda
    Kemudian fungsi dari tie rod mobil yaitu sebagai peredam getaran roda pada body mobil. Peredaman ini tidak akan langsung dilakukan oleh tie rod, melainkan melalui inner tie rod dan tie rod end yang merupakan ball joint yang bisa bergerak ke berbagai arah.
  3. Pengatur Toe Roda Depan
    Komponen tie rod mobil juga memiliki fungsi sebagai pengatur sudur toe yang berada dibagian roda. Dengan penambahan komponen ini, Anda dapat mengatur jarak sesuai yang diinginkan menggunakan sambungan antara tie rod bagian dalam dan luar, serta ujung tie rod. Caranya mudah, karena kalian hanya perlu memanjang atau memedekan ulir yang berada di antara kedua jenis tie rod ini. Toe sendiri merupakan selisih jarak di antara roda depan bagian muka dan roda depan bagian belakang yang akan terlihat dari sisi atas kendaraan.
Viral :   Referensi Ukuran Wiper CR-V Gen 4 dan Berdasarkan Jenis Mobil

Sebelum kita melanjutkan ke tentang Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil, ada baiknya kita juga harus mengetahui terlebih dahulu ciri ciri dan penyebab tie rod mobil rusak :

Ciri-Ciri Tie Rod Mobil Rusak

  • Terdapat Bunyi pada Bagian Kaki-Kaki Mobil
  • Ban Aus Secara Tidak Merata
  • Kendaraan Sering Membuang ke Satu Arah
  • Ada Getaran Saat Mobil Dibelokan

Penyebab Tie Rod Rusak

  • Baut Tie Rod End Kendor
  • Long Tie Rod Bengkok
  • Karet Pembungkus Ball Joint Sobek

Cara Memperbaiki Tie Rod Mobil

tie rod mobil sebenarnya bisa dibilang mudah, namun akan lebih maksimal jika dikerjakan oleh para montir berpengalaman yang ada di bengkel kepercayaan kalian. Dan, dalam kebanyakan kasus, langkah-langkah yang tercantum di bawah ini akan diikuti untuk mengamankan tie rod bergerak.

  1. Mendongkrak mobil pada bagian roda depan, kemudian kalian goyangkan bagian roda ke sisi kanan dan kiri untuk melihat apakan kondisi roda oblak atau tidak. Jika ya maka bisa dipastikan tie rod bermasalah.
  2. Kemudian kalian juga bisa mencoba untuk memutar setir ketika roda depan kalian angkat dengan dongkrak mobil. Jika terasa berat maka bisa dipastikan tie rod aman, namun jika kalian puter setir justru terasa enteng maka tie rod bermaslah karena ball jont yang sudah mulai rusak.
  3. Kemudian kalian juga bisa melihat pada bagian karet pembungkus ball joint, pastikan bahwa kondisi karet tersebut baik mengingat karet ini menjadi wadah untuk pelumas ball joint.
  4. Dan jika semua cara memperbaiki tie rod mobil diatas sudah kalian lakukan, namun tidak ada hasil. Kalian dapat memperbaikinya dengan cara menggani dengan yang baru.
Viral :   Intip Interior Honda HRV, Mobil Idaman Eksklusif Kaum Muda

Semoga ulasan diatas tentang cara memeperbaiki tie rod mobil dapat membantu anda dalam mengatasi permasalah mobil kesayangan anda. Semoga Bermanfaat.