Begini Cara Ganti Seal Master Rem Mobil Yang Benar

Umumnya cara ganti seal master rem mobil hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai dari memeriksa dinding master rem mobil terlebih dahulu, baru setelahnya mulai mengganti seal master termasuk dengan karet seal nya.

Sebelum kita melakukan pembahasan tentang cara ganti seal master rem mobil, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengetahui tentang induk dari sistem pengereman mobil yang biasa disebut master rem.

​​​​​​Master rem atau brake master cylinder adalah salah satu komponen yang terdapat dalam sistem pengereman mobil, yang memiliki fungsi untuk memberikan tekanan hidraulik pada rem sehingga dapat mengurangi laju mobil.

Komponen satu ini berada di ruang mesin, tepatnya di dinding pemisah ruang mesin dengan kabin (firewall) pada sisi pengemudi. Posisi penempatan master rem umumnya akan selalu berada di sisi pengemudi, hal ini karena master rem mesti dekat dengan pedal rem. Master rem ini menempel pada brake booster atau booster rem yang bertugas memperbesar energi injakan pedal rem oleh pengemudi.

Cara kerja master rem mobil ini tergantung pada jenis rem mobil itu sendiri. Jika mobil dengan jenis rem tromol maka cara kerja master rem mobil akan mendorong brake shoe floating secara hidrolik sehingga dapat mengungkit bagian brake shoe.

Viral :   3 Penyebab Oli Mesin Cepat Berkurang Wajib Diketahui!

Sedangkan untuk jenis rem cakram, master rem mobil akan bekerja dengan menekan agar minyak rem tidak dapat masuk ke bagian brake caliper. Untuk posisi master rem, Anda bisa melihatnya di balik roda. Memang terhitung mudah untuk ditemukan dengan cepat tanpa perlu membongkar mobil.

Dikarenakan komponen satu ini sangat penting dalam sistem pengereman, maka para pemilik mobil disarankan untuk selalu mengecek kondisi master rem mobil, jangan sampai membiarkannya mengalami kerusakan.

Kondisi master rem yang rusak bisa membahayakan pengemudi mobil sebab sistem pengereman akan menjadi tidak sempurna. Jika hal ini terjadi, maka mau tidak mau kita harus mengecek kondisi master rem, sebab kemungkinan besar ada salah satu komponen dari master rem yang harus diganti, salah satunya adalah pada bagian seal master rem.

Cara Ganti Seal Master Rem Mobil

Cara ganti seal master rem mobil sebenernya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Hal pertama yang harus anda lakukan dalam cara ganti seal master rem mobil adalah dengan membongkar seluruh komponen yang ada di bagian master rem mobil.

Viral :   Hindari 5 Kebiasaan buruk Ini ! Agar Plat Kopling Mobil Awet

Setelah master rem dibongkar, nantinya anda akan melihat bagian seal master rem, nah jika kondisi seal master rem sudah rusak atau tidak baik lagi, maka disarankan untuk segera diganti dengan yang baru.

Untungnya Anda bisa melihat apakah penyebab masalah di bagian master rem disebabkan oleh seal atau bukan. Ketika Anda melihat bahwa rem macet ketika berputar, biasanya posisi pad tidak rata saat menyentuh piringan. Inilah salah satu akibat dari masalah di bagian seal master rem.

Jika hal ini terjadi, maka sebaiknya segera ganti bagian tersebut dengan yang baru. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan rem cakram mobil Anda. Caranya, anda bisa menggunakan bensin untuk lebih mudah menghilangkan kotoran yang sudah terlanjur melekat.

Untuk diketahui jika kandungan yang ada di dalam bensin bisa membuat kebersihan rem cakram menjadi lebih terjamin. Disarankan untuk melakukan pembersihan ini secara rutin agar terhindar dari masalah yang lain.

Cukup mudah bukan cara ganti seal master rem mobil ? Dengan begitu anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus repot repot pergi kebengkel. Semoga bermanfaat.