Kenali 5 Penyebab Stir Mobil Goyang Serta Cara Mengatasinya

Mungkin anda pernah mengalami dimana saat mengendarai sebuah mobil stir mobil terasa goyang. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu rasa aman serta kenyamanan anda saat berkendara bukan ? Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab stir mobil goyang, penasaran ? Simak ulasannya dibawah ini !

5 Penyebab Stir Mobil Goyang Serta Cara Mengatasinya

1. Ban mobil tidak stabil

Kondisi ban mobil yang tidak stabil juga bisa menjadi penyebab stir mobil goyang. Hal ini disebabkan karena pengguna sering kali melewati jalan yang rusak tanpa memperdulikan laju yang terlalu kencang. Jika hal ini terus dilakukan secara berulang kali, bisa menyebabkan setir mobil goyang.

Jika stir mobil kamu goyang dan kamu memang sering melewati jalan yang rusak, solusinya hanya satu. Segera bawa mobil kamu ke bengkel. Mintalah kepada teknisi untuk melakukan spooring balancing. Tujuannya adalah untuk mengembalikan seluruh ban mobil kamu ke posisi yang seimbang. Dengan begitu, setir mobil kamu akan kembali normal lagi.

2. Adanya masalah pada sistem pengereman

Penyebab stir mobil goyang yang pertama biasanya dikarenakan adanya masalah pada sistem pengereman. Hal ini bisa sangat mengganggu kinerja stir mobil, sebab ada beberapa komponen penting dalam rem mobil seperti cakram rem, kanvas, hingga sepatu rem. Masalah yang biasa terjadi adalah terjadinya keausan atau penipisan. Saat hal ini terjadi, biasanya akan muncul bunyi yang cukup mengganggu dan setir mobil terasa goyang atau bergetar.

Viral :   Harga Mobil Honda Jazz dan Keunggulannya

Nah, penyebab stir mobil goyang ini bisa jadi karena durasi penggunaan yang sudah cukup lama sehingga sistem pengereman menipis. Kalau penyebab stir mobil oblak karena usia, solusinya hanya satu. Kamu perlu menggantinya dengan komponen yang baru dan asli. Selain penggunaan, masalah sistem pengereman juga bisa terjadi akibat pemasangan yang kurang tepat. Solusinya, bongkar lalu pasang kembali dengan standar yang benar.

3. Velg mobil yang bermasalah

Penyebab lainnya yang membuat setir mobil goyang adalah dikarenakan velg mobil yang bermasalah. Jika kamu sering melewati jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi, bukan hanya ban mobil saja yang bisa bermasalah. Velg mobil juga bisa bengkok, Nah kondisi inilah yang khirnya membuat velg mobil kamu tidak lagi bulat sempurna sehingga akan membuat stir mmobil goyang. Sebagai solusinya, kamu perlu ke bengkel dan mengganti velg mobil kamu dengan yang baru.

MAka dari itu, disarankan agar kamu menjauhi jalanan yang rusak dan berlubang disaat berkendara. Kalau tidak bisa dihindari, coba melewatinya dengan kecepatan rendah alias tidak ngebut.

Viral :   Penting, 4 Filter mobil yang Wajib Diperiksa Secara Berkala

4. Adanya Salah satu baut yang longgar

Masalah yang satu ini memang terdengar cukup sepele. Namun kalau kamu tidak mengetahuinya, stir mobil bisa menjadi goyang dan tetap sangat mengganggu kamu selama di perjalanan. Tapi kalau kamu mengetahuinya, solusinya cukup mudah. Tinggal lakukan pengecekan pada masing-masing baut stir mobil kamu. Setelah menemukan baut mana yang longgar, tinggal kencangkan saja baut tersebut. Nah, stir mobil kamu sudah bisa digunakan dengan baik kembali tanpa tiba-tiba terasa goyang.

5. Kom setir rusak

Penyebab stir mobil goyang yang terakhir adalah dikarenakan kom setir rusak. Sudah cek semua baut ternyata tidak ada yang longgar? Tapi stir mobil tetap goyang. Berarti kerusakannya bukan terjadi pada baut. Kamu bisa lanjutkan pengecekan ke bagian kom setir mobil kamu. Jika kerusakan memang akibat masalah pada kom setir, maka disarankan untuk langsung saja bawa ke bengkel dan minta diganti dengan kom stir yang baru.

Usahakan, kom stir mobil yang digunakan adalah yang memiliki kualitas tinggi, supaya kamu tak perlu kembali ke bengkel lagi kalau saja masalah yang sama terjadi lagi. Dengan begitu, kamu sudah menghemat waktu untuk melakukan perbaikan berkali-kali untuk setir mobil kamu.