Jangan Asal Pasang, Segini Standart Ukuran Kaca Film Mobil

Ukuran Kaca Film Mobil – Setiap pemiliki mobil tentunya ingin memiliki kondisi kabin yang sejuk, nyaman dalam setiap berkendara. Terlebih di negara tropis seperti di Indonesia dimana sinar matahari bersinar sepanjang tahun. Hal inilah yang membuat penggunaan komponen AC sangat berpengaruh terhadap rasa sejuk dan nyaman disetiap berkendara.

Selain AC Mobil, terdapat salah satu komponen pendukung lainnya yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara menggunakan mobil yakni kaca mobil. Nah, kaca mobil ini memiliki pelapis kaca yang biasa kita kenal dengan kaca film mobil. Dimana kaca film mobil memiliki fungsi untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk kedalam mobil, sehingga tak heran jika banyak pemilik mobil mengaplikasikan kaca film mobil yang sangat gelap dengan asumsi semakin gelap kaca mobil maka tentunya akan semakin bagus.

Padahal, dalam pemilihan kaca film mobil tidak bisa sembarangan pasang. Maka dari itu disarankan untuk menghindari pemasangan kaca film yang terlalugelap terlebih jika diaplikasikan untuk kaca depan.

Kondisi kaca film yang terlalu gelap mungkin tidak akan mengganggu visibilitas berkendara disiang hari, namun jika malam hari pastinya akan mengganggu kenyamanan anda dalam berkendara. Hal ini dikarenakan pada malam hari tidak ada sinar matahari sehingga pandangan dari dalam mobil akan sangat buruk terlebih jika kondisi cuaca sedang hujan lebat.

Akibatnya pengemudi akan sulit mengidentifikasi jarak karena lampu berhenti mobil di depan terlihat redup. Sebaiknya dalam memilih kaca film pastikan tidak hanya berdasar pada gelap tidaknya. Akan tetapi juga kemampuan kaca film tersebut dalam menahan sinar Ultraviolet, Infra Red bahkan sampai pada menambah kekuatan kaca.

Viral :   Cara Kerja Shock Absorber Single Action untuk Kenyamanan Berkendara

Nah, bagi anda yang ingin mengganti or memasang kaca film mobil ? Berikut ini standart ukuran kaca film mobil yang bisa dijadikan acuan dalam memasang kaca film mobil :

1. Kaca Depan

Ukuran kaca film mobil untuk posisi depan dianjurkan hanya 20 % saja, namun jika dirasa masih terang, maka anda bisa menaikkan sampai maksimal 40%. Kelebihan memakai ukuran kaca film mobil 40 % di kaca depan membuat kita tidak akan terlalu silau di jalanan pada siang hari. Selain itu dengan memakai ukuran kaca film 40 % pada kaca depan mobil, pada saat malam hari kita bisa mengurangi gangguan karena silau dari sorotan lampu kendaraan yang berlawanan arah. Tapi kalau kamu sering keluar kota dengan jalanan yang banyak tidak bagus atau berlubang, disarankan pakai 20 %. Tetapi, Beberapa orang merasa kaca depan tidak perlu dipasang kaca film, alasannya takut tidak bisa melihat jelas kondisi jalan di malam hari.

2. Kaca samping kiri kanan pengemudi

Jika ukuran kaca film mobil pada posisi depan 20%, maka disarankan untuk jangan memasang kaca film mobil yang terlalu gelap untuk kaca samping kiri kanan pengemudi. Hal ini karena disaat mata melihat kaca depan yang terang lalu melihat kaca spion dari jendela kaca samping gelap, mata anda akan butuh waktu lama untuk mnangkap bayangan di spion.

Viral :   Memahami 3 Jenis Dempul Mobil dan Cara Mengerjakannya

Untuk itu disarankan untuk menggunakan ukuran kaca fil mobil 40% pada kaca samping kiri kanan pengemudi jika kaca depan 20%. Apabila kaca depan anda menggunakan 40 %, maka kamu bisa gunakan kaca film 40% atau 60 % di jendela samping ini. Disarankan sih, menggunakan ukuran kaca film mobil 60 %. Kenapa 60%? Karena diraasa lebih teduh di mata pada siang hari, dan di malam harinya kita terbantu dengan berkurangnya silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita dari spion.

3. Kaca samping kiri dan kanan ( row 2 dan row 3)

Bila mobil kamu sedan, hanya akan ada jendela row ke-2, dan bila mobil kamu MPV atau SUV jendela akan ada row ke-3. Untuk kaca film jendela kiri kanan dibelakang pengemudi ini, bebas, kamu bias menentukannya.

4. Kaca belakang

Lalu kaca belakang, bila mobil kamu di spion di tengah kabih sudah dilengkapi dengan rayben mode, maka kaca belakang bisa menggunakan ukuran kaca film mobil 20% atau 40%, jangan lebih. Namun bila belum ada mode rayben, disarankan pakai 60 %, untuk menghindari silau dari pantulan lampu mobil di belakang kita lewat spion tengah. Dan Jangan menggunakan 80%, hal ini tentunya akan menyulitkan anda saat jalan mundur (atret) di malam hari.