Booster Rem Mobil : Pengertian, Fungsi Serta Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil Bocor

Disetiap kendaraan bermotor khususnya mobil, sistem pengeraman menjadi hal yang sangat penting, mengingat sistem pengereman merupakan salah satu penunjang keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Maka dari itu pentingnya pengecekan dan perawatan agar sistem pengeraman yang ada pada setiap mobil berfungsi dengan baik. Salah satu sistem pengeraman itu salah satu komponennya adalah booster rem mobil. Nah sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki booster rem mobil yang bocor, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu booster rem mobil serta fungsinya.

Pengertian Booster Rem Mobil

Booster rem mobil merupakan salah satu komponen yang diciptakan untuk membantu memberikan keringanan bagi para pengemudi mobil saat menginjak pedal rem. Sehingga dengan adanya komponen satu ini, para pengendara tidak harus mengeluarkan tenaga yang besar untuk menginjak pedal rem saat berkendara dijalan.

Booster rem mobil yang rusak dapat membahayakan para pengendara dikarenakan akan terasa berat untuk menginjak pedal rem,bahkan buruknya lagi bisa menyebabkan rem blong.

Booster rem mobil memiliki dua jenis yang biasanya terdapat pada mobil mobil saat ini :

  1. Booster rem tipe vakum
    Sistem kerjanya menggunakan intake manifold yang sudah divakum sehingga pengendara merasa lebih ringan saat menginjak pedal rem
  2. Booster rem tipe hidrolik
    menggunakan tekanan hidrolik dari power steering hidrolik sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan banyak energi saat menginjak pedal rem
Viral :   BMW i8 Sebagai Salah Satu Mobil Sport Istimewa Didunia

Fungsi booster rem mobil

Dari ulasan diatas dapat kita simpulkan jika fungsi booster rem mobil adalah untuk membuat para pengendara mobil merasa lebih ringat sangat menginjak pedal rem. Dengan hadirnya komponen ini, pengendara akan merasa lebih ringan saat menginjak pedal rem sehingga bisa melambatkan laju kendaraan saat dibutuhkan.

Sebagai tambahan informasi, jika booster rem mobil ini hanya akan bekerja disaat mesin mobil dalam kondisi hidup. Jadi jika kamu mencoba menginjak pedal rem saat mobil mati, maka pedal rem akan terasa berat saat diinjak. Lalu bagaimana cara memperbaiki booster rem mobil yang rusak atau bocor ?

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil Bocor / Rusak

  • Cara memperbaiki booster rem mobil yang rusak, hal yang harus kamu lakukan pertama kali adalah dengan memeriksa terlebih dahulu kondisi dari komponen satu ini agar bisa dilakukan perbaikan.
  • Cara memeriksanya, kamu bisa menggunakan 3 cara. Pertama periksa perubahan pada stasioner mesin, jika terdapat karet membran yang mengalami kebocoran maka nantinya akan terlihat stasioner mesin menjadi naik. Kedua, kamu bisa memeriksa sistem kevakuman dari manifold yang menuju booster, caranya dengan melepas selang yang terdapat pada tabung booster, perlu diingat sebelum melepas selang pastikan bila anda mencabut klem nya terlebih dahulu. Bila terdapat kevakuman maka selang tersebut tidak buntu, namun jika komponen tidak bisa menghisap maka dapat dipastikan jika karet membran mengalami kebocoran. Ketiga, kamu bisa memeriksa kebocoran baik dari selang vakum ataupun tabung booster. Karet booster yang sobek tentunya akan menyebabkan suara bising.
  • Setelah kamu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, maka kamu bisa memastikan bila masalah terjadi pada karet booster. Untuk memperbaikinya, maka kamu bisa melepas terlebih dahulu master rem yang menempel pada tabung booster sehingga tidak mengganggu proses perbaikan.
  • Setelah itu, kamu dapat melepaskan booster dari bodi serta pedal rem.
  • Untuk melepasnya, kamu dapat menggunakan obeng. Untuk diingat, pada proses ini kamu perlu hati-hati agar jangan sampai mengenai bagian karet membran booster.
  • Setelah itu, kamu dapat memeriksa apakah kondisi karet membran dalam keadaan sobek atau tidak. Jika iya, karet membran yang sobek dapat menyebabkan membran tidak dapat ditarik oleh manifold sehingga menyebabkan tidak adanya tarikan dari kevakuman manifold. Untuk karet yang sobek ini, anda perlu menambalnya sehingga karet dapat tertutupi lagi.
  • Setelah selesai menambal, anda dapat memasangkan kembali komponen-komponen yang anda lepas sebelumnya ke tempat semula.
  • Kemudian lakukan uji kendaraan untuk memastikan jika kondisinya sudah benar.
Viral :   Berikut 5 Merek Mobil Mewah Di Dunia

Semoga ulasan diatas tentang Pengertian, Fungsi Serta Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil yang Bocor bisa membantu kamu dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada booster rem mobil yang kamu miliki. Semoga bermanfaat