Kenali Penyebab Klakson Mobil Mati Serta Cara Memperbaikinya

Hampir kebanyakan setiap pemilik kendaraan pastinya pernah mengalami situasi dimana klakson mobil mati tanpa tau penyebab pastinya.

Hal yang paling umum penyebab klakson mobil mati adalah adanya permasalah yang terjadi pada aki mobil. Dimana aki mobil yang bermasalah akan membuat seluruh komponen yang ada didalam mobil yang membutuhkan daya listrik akan mengalami gangguan tak terkecuali kalkson mobil.

Klakson mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Jadi ketika klakson mobil mati, maka disarankan untuk segeralah memperbaikinya dengan membawa mobil ke bengkel resmi terdekat.

Dan berikut ini beberapa penyebab klakson mobil mati serta cara memperbaikinya yang dirangkum dari berbagai sumber :

Penyebab klakson mobil mati

Untuk memperbaiki klakson mobil mati, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab klakson mobil mati :

1. Sekring klakson mobil rusak

Sekring klakson mobil yang rusak merupakan salah satu penyebab klakson mobil mati. Hal ini karena ada indikasi kelebihan arus listrik yang masuk. Fungsi sekring klakson mobil sendiri adalah sebagai pengaman untuk mangamankan rangkaian listrik. Sekring klakson mobil terletak di dalam ruang mesin berbentuk mirip dengan garpu yang dilapisi plastik berwarna.

Pentingnya peran sekring ini, sehingga apabila mengalami kerusakan seperti kabel putus pada sekring maka seluruh komponen mobil yang membutuhkan aliran listrik akan mengalami masalah seperti klakson mobil yang mati ini.

Umumnya, masalah kelistrikan yang dialami adalah ditemukannya jamur atau karat pada instalasi sekring tersebut.

2. Relay klakson yang sudah tua dan usang

Jika mobil kamu memiliki perangkat relay mobil, maka saat klakson mobil anda mengalami kadang hidup kadang mati sebaiknya segera melakukan pengecekan pada relay klakson mobil. Relay klakson mobil yang kotor dan terus menerus terkena air biasanya akan menyebabkan usang atau karat.

Viral :   Kenali Spesifikasi Kaca Film Berkualitas Serta Rekomendasi Merek Kaca Film Terbaik 2021

Selain itu, bila relay klakson mobil kamu sudah berusia tua maka disarankan untuk segera diganti dengan yang baru karena relay klakson yang telah habis masa pakainya tidak dapat bekerja dengan performa bunyi yang maksimal saat tombol klakson ditekan.

Untuk diketahui bahwa relay klakson mobil memiliki bentuk kotak hitam dan berperan sebagai penghubung arus listrik mobil dengan aki.

3. Kabel penghubung klakson putus

Penyebab klakson mobil mati selanjutnya adalah karena kabel penghubung klakson putus. Kabel yang putus atau terkelupas biasanya terjadi karena munculnya jamur atau kotoran lainnya yang menumpuk dibagian soket kabel. Selain itu, bisa juga karena terkena korosi. Fatalnya, bila didiamkan begitu saja maka kabel akan putus hingga menimbulkan korsleting listrik.

4. Switch klakson mobil

Switch adalah sebuah komponen yang berada di tombol klakson yang terhubung langsung pada setir mobil. Perannya sebagai penghubung dan akan memberikan tekanan melalui tombol klakson pada kemudi menuju sumber bunyi.

Bila switch bermasalah, hal itu dapat mengakibatkan kemacetan saat kemudi ditekan, jadi sekeras apaun anda menekan tombol klakson maka tetap tidak akan menghasilkan suara keluar.

5. Saklar berkarat

Kondisi saklar yang berkarat merupakan salah satu penyebab klakson mobil mati. Karat pada saklar ini umumnya dikarenakan menumpuknya kerak dan kotoran pada lempengan tembaga sehingga dapat menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan terutama kelistrikan pada klakson mobil.

Cara memperbaiki klakson mobil mati

Setelah mengetahui beberapa penyebab klakson mobil mati, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara memperbaiki klakson mobil mati.

1. Cek klakson mobil

Disaat anda menemukan jika problem klakson mobil mati ada pada rangkaian kabelnya, maka kamu bisa mengetes jalur kabel menggunakan alat khusus seperti test lamp secara berkala.

Viral :   Daftar Harga Mobil Avanza Bekas Terbaru 2021

Saat alat khusus tersebut telah terhubung dengan kabel klakson lalu segera tekan saklarnya. Jika lampu tidak menyala maka sudah dipastikan ada yang rusak pada kabel klakson mobil.

Solusi terbaiknya adalah segera mengganti kabel tersebut dengan kabel yang baru. Jangan lupa untuk membersihkan kabel terlebih dahulu sebelum memasangnya dengan yang baru.

2. Rutin membersihkan bagian klakson mobil

Jika problem klakson mobil mati dikarenakan sekring mobil, maka kamu bisa melaukan pengecekan kondisi sekring mobil. Terkadang sekring mobil akan mengalami kerusakan karena terdapat jamur atau kotoran. Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa mengatasinya dengan rutin melakukan pengecekan dan membersihkannya. Namun jika langkah membersihkan masih belum berhasil juga, maka kamu bisa menggantinya dengan yang baru sesuai dengan spesifikasinya. Sekring mobil berada di dalam ruang mesin dengan bentuk seperti garpu yang dilapisi plastik berwarna.

3. Bersihkan relay klakson mobil

Bila sumber masalah penyebab klakson mobil mati terletak pada relay klakson mobil. Maka cara memperbaiki klakson mobil mati yakni dengan cara membersihkan relay klakson mobil bila kerusakan hanya disebabkan oleh kotoran. Namun jika kerusakan sudah parah, sebaiknya ganti dengan relay klakson mobil yang baru dan memiliki spesifikasi yang sesuai dengan relay bawaan pabrik mobil.

4. Bawa ke bengkel terdekat

Jika tingkat kerusakan klakson mobil mati sudah parah, maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan membawa mobil kesayngan anda ke bengkel resmi terdekat guna dilakukan pembongkaran secara menyeluruh untuk mencari tau penyebab penyebab klakson mobil mati serta solusi mengatasinya.