Mengenal Cara Kerja Dan Fungsi Water Pump Mobil

Terdapat berbagai jenis komponen pendukung dalam sistem pendinginan mesin kendaraan, seperti radiator, termostat, pendingin air, dan bahkan pompa air atau water pump. Nah, kali ini wartaoto.com akan membahas tentang cara kerja dan fungsi water pump mobil yang terdapat pada mesin mobil.

Cara Kerja Dan Fungsi Water Pump Mobil

Didalam mesin mobil terdapat komponen water pump yang memiliki bentuk mirip dengan kincir air, yang mana poros kincir air tersebut tersambung dengan pulley dan digerakan oleh V belt sehingga putaran yang dihasilkan dari water pump ini berbanding lurus dengan kecepatan putaran mesin mobil.

Water pump yang terdapat pada mesin mobil berfungsi sebagai pemompa air pendingin, yang memungkinkan untuk bersikrkulasi sehingga dapat memaksimalkan pendinginan mesin.

Sirkulasi Air pendingin di saluran pendingin / water jacket ini membuat kinerja sistem pendinginan menjadi maksimal, karena salah satu syarat agar tidak mudah overheat adalah coolant atau pendingin harus bersirkulasi.

Viral :   Istimewanya Lykan Hypersport yang Dihancurkan Di Film Furious 7

Water pump ini juga didukung oleh komponen lain, yaitu termostat, yang berfungsi sebagai keran otomatis yang menghubungkan sistem pendinginan menuju kisi kisi radiator. Ketika air pendingin di mesin mulai naik panasnya, maka otomatis termostat akan aktif, dan air panas akan dialirkan ke kisi radiator, sedangkan air pendingin di radiator akan di hisap dan diarahkan ke ruang mesin untuk melanjutkan proses pendingin.

Komponen waterpump ini akan membahayakan mesin mobil jika sampai rusak, karena tidak maksimalnya sirkulasi udara membuat mesin menjadi terlalu panas. Beberapa kerusakan paling umum yang terjadi pada water pump adalah kerusakan komponen kincir air yang berkarat akibat menggunakan air radiator sembarangan, kemudian komponen bearing water pump bisa menjadi aus akibat terlalu seringnya mobil di pacu dengan keepatan tinggi sehingga timbul bunyi berisik, serta adanya kebocoran pada water pump yang diakibatkan karena faktor usia, atau kesalahan dalam perakitan kembali pasca mesin dibongkar.

Viral :   New Mobil Nissan GTR R50 Siap Test Car

Karena itu, sebaiknya Anda rutin mengecek kondisi water pump mobil dengan cara melihat secara visual apakah ada rembesan air, atau sewaktu mesin dinyalakan, apakah terdengar bunyi mencicit di area water pump atau tidak. Jika ada indikasi kerusakan, sebaiknya segera perbaiki jika memungkinkan, atau diganti dengan yang baru jika tidak memungkinkan.

Semoga ulasan singkat tentang Cara Kerja Dan Fungsi Water Pump Mobil yang telah dijelaskan diatas dapat menambah pengetahuan anda dalam memahami komponen water pump mobil.