Kenali Penyebab-Penyebab Kipas AC Mobil Berisik Serta Solusi Mengatasinya

Selain Ac mobil yang kurang dingin, kipas AC mobil berisik juga kerap menjadi masalah yang sering dialami oleh setiap pemilik kendaraan roda empat ini. Dimana suara berisik yang timbul pada AC mobil tentu akan sangat mengganggu kenyaman berkendara pengemudinya.

Kipas ac mobil terbilang sangat penting, sebab dengan adanya kipas ac mobil maka udara yang ada disekitar kipas ac mobil dapat terhisap dan kemudian Udara dihembuskan ke ruang kabin mobil menggunakan sirip evaporator. Di sinilah udara kemudian melepaskan panas menuju bagian freon yang memiliki suhu yang memang lebih rendah.

Suara berisik yang muncul pada AC terbilang cukup bahaya dan harus segera diatasi. Karena jika dibiarkan terlalu lama, komponen lain yang ada pada kipas ac mobil akan cepat rusak. Dari sinilah pentingnya kita mencari tahu apa penyebab kipas AC mobil mengeluarkan suara berisik ?

Penyebab Kipas AC Mobil Berisik

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kipas AC mobil berisik, berikut ulasan lengkapnya :

1.Adanya gesekan pada mesin AC mobil

Penyebab yang sering terjadi yang mengakibatkan kipas ac mobil berisik adalah adanya gesekan yang terjadi pada mesin ac mobil.

Piston yang kehabisan oli merupakan penyebab utamanya. Gesekan juga bisa terjadi ketika mesin AC sudah mulai aus karena masa pakai yang sudah terlalu lama. Mesin ac yang sudah terlalu tua, membuat kinerjanya semakin berat sehingga dapat menimbulkan suara yang berisik.

2. Poros kipas yang sudah oblak

Penyebab kipas ac mobil berisik selanjutnya adalah dikarenakan poros kipas yang sudah oblak. Kipas AC mobil berisik biasanya dikarenakan poros kipas yang sudah oblak alias oleng ke kiri dan ke kanan karena sekrupnya longgar. Jika ini masalahnya, Kipas AC di mobil Anda akan mulai mengeluarkan bunyi berisik.

Jika porosnya sudah oblok, maka kipas ac akan menjadi oleng saat ac dihidupkan. Hal inilah yang memicu suara berisik dikarenakan mengenai frame kipas ac mobil.

Viral :   Penyempurnaan Maserati Levante Model SUV Keluaran Pertama dari Maserati

Alasan ini terjadi karena poros kipas ac yang sudah aus dan bushing atau rumah penahan poros blower yang sudah melebar. Komponen ini biasanya terbuat dari plastik, jadi sangat mudah berubah bentuk.

3. Bearing kipas ac yang sudah aus

Penyebab lain kipas ac mobil berisik adalah dikarenakan bearing kipas yang sudah aus.

Bentuk Bearing yang dimaksud minyerupai cincin yang terbuat dari aluminium. Aluminium yang sering bergesekan akan mengikis salah satu logam jika terlalu lama. Inilah yang mengubah bearing menjadi aus setelah beberapa saat.

Saat kipa AC mobil dihidupkan, keausan yang dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan timbulnya suara.

4. Terdapat benda asing pada AC mobil

Penyebab kipas ac mobil berisik bisa juga terjadi karena adanya benda asing pada ac mobil. Maka dari itu periksa bagian AC mobil anda, apakah ada benda asing atau tidak ? Benda asing yang ada pada ac mobil merupakan salah satu penyebab mengapa suara kipas AC mobil berisik.

Dedaunan kering, kertas, maupun bekas tisu yang masuk ke dalam mesin AC mobil yang paling sering masuk. Benda ini dapat membuat kinerja mesin AC mobil terganggu, yang akibatnya dapat memunculkan bunyi yang berisik karena ikut masuk ke dalam kipas ac mobil.

5. Komponen mesin AC yang tidak terpasang dengan tepat

Harap dipastikan untuk selalu memasang komponen ac mobil dengan tepat. Karena pemasangan komponen mesin AC mobil yang tidak tepat dan tidak presisi akan memicu timbulnya suara berisik pada kipas ac mobil.

6. Kebocoran, salah satu penyebab kipas AC mobil berisik

Dalam beberapa kasus, saat saluran AC mobil yang bocor juga bisa menjadi penyebab kipas ac mobil berisik. Hal ini karena jika ada kebocoran, freon, dan oli di area tersebut akan cepat terkuras dan habis.

Viral :   Harga Terbaru 2021 Renault Triber Indonesia

Jika sampai oli ac mobil habis, maka akan menimbulkan gesekan dibagian piston, dimana gesekan ini dapat menimbulkan suara pada kipas ac mobil menjadi berisik.

7. Magnetic clutch yang bermasalah

Alasan lain mengapa kipas AC mobil berisis adalah adanya masalah pada bagian magnetic clutch. Bagian ini merupakan salah satu komponen terpenting di bagian AC mobil karena menjadi penghubung antara mesin dan kompresor.

Jika magnetic clutch bermasalah, maka akan mempengaruhi kinerja AC mobil, dengan gejala yang paling umum adalah munculnya suara yang berisik.

Cara mengatasi kipas AC mobil berisik

Jika kipas AC mobil anda menimbulkan suara yang berisik, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengatasi kipas ac mobil berisik :

  • Matikan kipas dengan menekaan saklar yang terdapat di panel AC.
  • Untuk memeriksa bagian rumah blower, buka dashboard kiri belakang laci.
  • Lihat apakah ada debu, kotoran, atau benda asing yang terhisap oleh kipas ac dan sulit keluar dari kipasnya. Jika hal ini terjadi, anda bisa mengambilnya dengan menggunakan tangan.
  • Jika penyebab kipas ac mobil berisik terdapat pada bearing yang sudah aus, Anda cukup mengganti bearing dengan yang baru.
  • Jika penyebab kipas ac mobil berisik terdapat pada motor blower yang rusak, maka gantilah dengan yang baru.
  • Jangan lupa untuk melengkapi mobil dengan filter AC
  • Untuk menghindari pemasangan komponen ac mobil yang tidak tepat, pastikan Anda selalu membawa mobil kesayangan anda ke bengkel resmi AC mobile.

Semoga ulasan diatas tentang penyebab kipas ac mobil berisik dapat membantu anda dalam menemukan permasalah yang terjadi pada kipas ac mobil yang anda miliki. Semoga Bermanfaat.