Mobil Listrik TOGG Turki Pamer Kecanggihan di CES 2022

Pabrikan mobil Turki TOGG akan hadir di CES 2022 yang berlangsung dari 5-8 Januari di Las Vegas, memulai debutnya dengan teknologi “Use-Case Mobility”.

TOGG, dikenal sebagai Grup Usaha Patungan Otomotif asal negaraTurki, terdiri dari lima perusahaan lokal yang berkumpul untuk menciptakan berbagai kendaraan listrik. TOGG mengungkapkan jika prototipe untuk SUV dan sedan listriknya dua tahun lalu dan baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa produksi kedua model akan dimulai pada tahun 2022.

Dalam sebuah pernyataan, TOGG mengonfirmasi jika teknologi Use-Case Mobility yang akan dibawanya ke CES akan menyatukan “teknologi mobilitas listrik, otonom, dan terhubung bersama yang canggih dalam satu bidang desain.” Agaknya, pembuat mobil akan membawa SUV listrik dan prototipe sedan tetapi ini belum dikonfirmasi.

Model SUV dan sedan akan ditawarkan dalam konfigurasi motor tunggal dan ganda. Model entry-level akan menggunakan penggerak roda belakang dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan 200 hp sementara model unggulan akan menambahkan motor listrik di depan, menghasilkan gabungan 400 hp. Versi motor ganda harus mencapai 62 mph (100 km/jam) dalam 4,8 detik sementara motor tunggal harus mencapai angka yang sama dalam 7,6 detik.

Viral :   Fakta Menarik Mobil Listrik VW ID.3 yang Pernah Populer

Rincian jangkauan awal menyarankan model dasar akan dapat melakukan perjalanan setidaknya 186 mil (300 km) dengan sekali pengisian daya sementara model motor ganda harus memiliki jangkauan lebih dari 310 mil (500 km).

TOGG akan membangun kendaraannya di sebuah pabrik di distrik Gemlik di barat laut provinsi Bursa, yang akan selesai pada awal 2022.

Mimpi Recep Tayyip Erdogan punya mobil nasional terwujud. Dimana,proyek mobil nasional ini telah menjadi mimpi Erdogan untuk membuktikan kekuatan ekonomi pasar. Erdogan sendiri telah menyatakan bahwa ini adalah penantian berusia 60 tahun.

“Kita berkumpul di sini untuk menyaksikan mimpi 60 tahun kita menjadi kenyataan,” ujar Erdogan di masa lalu rencana untuk memproduksi mobil nasional Turki.

Viral :   Perpres Mobil Listrik Sudah Keluar, Simak Penjelasannya

“Kita sudah mencapai tujuan kita saat kita melihat mobil ini di seluruh dunia,” ujarnya.

Sejak era kepemimpinan Cemal Gürsel, keinginan Turki untuk memiliki mobil nasional sudah ada. Devrim –Revolusi merupakan sebuah mobil yang dikembangkan dan diproduksi oleh Turki pada tahun 1960.

Proyek pembuatan mobil listrik TOGG tersebut sempat mendapat kritikan dari berbagai pihak saat ini. Akibat rencana kurang matang, mobil nasional tidak dapat diwujudkan. Mesinnya sendiri merupakan hasil campur aduk dari Willy’s Jeep, Ford Consul, Warswa, Chevrolet, Fiat 1400, dan 1000. Semua mesin ada di Eskisehir, sedangkan girbok ada di pabrik Ankara.