Lexus RZ 450e, SUV Listrik Mewah Yang Akan Hadir di Tahun 2022

Toyota baru saja mengumumkan Lexus RZ 450e yang merupakan mobil listrik terbaru perusahaan. Dalam jangka panjang, kendaraan ini akan menjadi lini kendaraan listrik (EV) global Toyota. Lexus RZ 450e dianggap sebagai versi mewah dari Toyota bZ4X yang sudah muncul, diperkenalkan saat berlangsungnya Media Briefing on Battery EV Strategies.

Menurut Toyota, model listrik terbaru akan memberikan pengalaman kendara baru dan mendefinisikan kembali standar Lexus untuk kendaraan listrik yang menggabungkan kenyamanan dan kinerja dinamis. Terlepas dari kenyataan bahwa itu telah diumumkan, Toyota akan membuat debut global Lexus RZ 450e di tahun mendatang. Senada dengan itu, soal teknologi apa yang ada didalam SUV satu ini, belum banyak dibicarakan oleh pabrikan Jepang ini.

Tidak banyak informasi yang tersedia tentang Lexus RZ 450e. Jika dilihat pada bagian depan terlihat masih mempertahankan klasik bentuk spindel ala Lexus. Hanya gril dan kisi-kisi aliran udara ke ruang mesin kini ditutup seperti desain fasia depan mobil listrik pada umumnya.

Viral :   Turki Bersiap Produksi SUV Listrik Pertamanya di Tahun 2022

Lampu utamanya juga agak tajam, dan dilengkapi dengan LED Daytime Running Light (DRL). Jika dilihat dari bentuk lampu belakangnya, sangat mirip dengan Lexus RX. Bedanya, lampu di bagian bawah dicat dengan gloss hitam. Garis atap pada Lexus RZ 450e memiliki lengkung yang mengalir dinamis di bagian samping. Semua pilar di cat hitam yang memberikan kesan atap mengambang, sehingga banyak desain yang mirip dengan Lexus RX.

Namun, Lexus RZ 450e hadir dengan menggunakan desain ganda pinggang. Yang pertama adalah garis yang membentang dari bagian bawah spatbor ke tengah bodi tepatnay di bagian bawah pilar B. Sementara itu, garis kedua berlanjut dengan posisi agak lebih rendah ke kiri, sehingga menghasilkan efek yang sangat menyenangkan.

Bibir fender diberi aksen hitam gloss untuk mengentalkan nuansa crossover atau SUV kompak. Selain itu ada tambahan side skirt dengan motif serif pada bagain bawah pintu. Ini senada dengan velg desain yang juga menggunakan kombinasi silver dan hitam.

Viral :   Kia EV6 Merupakan Mobil Korea Pertama Yang Menerima Sertifikasi Carbon Trust

Mobil Listrik Lexus RZ 450e memanfaatkan lampu LED unik di bagian belakang ruangan. Spoiler tersebut kemudian diletakkan di dalam tas atapnya. Namun, ada sedikit ekor bebek di dalam tas. Tak ada foto bagian interior yang dirilis Toyota.

Selain itu, jika Lexus RZ 450e berbagi teknologi dengan Toyota bZ4X, kemungkinan besar kekuatan baterai dan motor listrik akan mirip. Sebagai catatan, bZ4X menggunakan baterai 72,8 kWh dan motor listrik 215 PS. Baterai ini mampu menggerakkan mobil sejauh 350 kilometer hingga kehabisan daya listrik benar-benar. Meski demikian, menurut Autohome, Lexus telah meluncurkan model “RZ 450e” di Amerika Serikat, Eropa, dan Australia. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan Lexus sejak tahun 2020.