Turki Bersiap Produksi SUV Listrik Pertamanya di Tahun 2022

Tekad negara Turki untuk memiliki sebuah mobil listrik buatan dalam negri kelihatannya akan segera terwujud dalam beberapa bulan kedepan. Belum lama ini perusahaan otomotif asal Turki yakni TOGG telah mengumumkan melalui akun twiter resmi miliknya, dimana mereka telah berhasil menyelesaikan pembuatan body panel mobil SUV Listrik TOGG. Dimana perusahaan otomotif turki TOGG mengatakan “ini adalah body panel pertama yang dirakit di Gebze dengan menggunakan suku cadang yang ada di negara kami” tulis TOGG.

foto : autoevolution.com

 

Saat ini pembuatan mobil TOGG memang dipusatkan di Bursa,Turki. Direncanakan mobil SUV listrik yang merupakan buatan TOGG itu nantinya akan benar-benar mengaspal di jalanan Turki awal tahun 2022. Mobil buatan dalam negeri pertama Turki sedang menuju produksi dengan konfirmasi bahwa perakitan bodi awal telah selesai.

Viral :   Mobil Listrik FCEV (Fuel Cell Electric Vehicle) Terobosan Terbaru

Kendaraan listrik ( EV ) ini berasal dari Automotive Joint Venture Group (TOGG) Turki dan gambar yang dibagikan di Twitter menunjukkan bodi secara penuh. Fasilitas produksi TOGG terletak di distrik Gemlik tepatnya di barat laut provinsi Bursa dan direncanakan selesai pada awal 2022.

foto : move2turkey.com

 

TOGG dibangun pada pertengahan 2018 dan meluncurkan prototipe dari dua model pertamanya pada upacara khusus pada akhir 2019. Kedua mobil ini memiliki powertrain listrik dengan satu sedan kompak dan yang lainnya adalah SUV segmen-C. Produksi SUV listrik akan dimulai tahun depan setelahnya produksi sedan akan segera menyusul. TOGG juga berencana menyiapkan tiga kendaraan lagi hingga 2030.

Untuk suplai komponen TOGG, bahwa 75 persen pemasok TOGG berlokasi di Turki, dan 25 persen sisanya dari Eropa dan Asia. Versi entry-level SUV listrik dan sedan hadir dengan motor listrik tunggal yang terletak di bagian belakang yang menghasilkan tenaga 200 hp. Pelanggan yang ingin mencari tenaga lebih akan dapat membuat versi varian dengan motor listrik kedua di gandar depan, menghasilkan total 400 hp. Model unggulan juga akan dilengkapi dengan baterai yang lebih besar (namun untuk kapasitasnya belum dikonfirmasi) yang menawarkan jangkauan lebih dari 310 mil (500 km) dan dapat diisi ulang hingga 80 persen dalam waktu kurang dari 30 menit.

Viral :   Hyundai Ioniq Electric dengan Fitur Lengkap dan Harga Terjangkau