Audi RS Q e-tron 671-HP Merupakan Mobil Listrik Yang Digunakan Untuk Ajang Reli Dakar 2022

Audi merupakan kekuatan dominan dalam reli Grup B yang terjadi pada pertengahan 1980-an, menghasilkan dua kejuaraan pabrikan dengan Quattro all-wheel-drive revolusioner sebelum mengalihkan perhatiannya ke 24 Hours of Le Mans pada tahun 2000, menang 13 kali dalam 15 balapan berikutnya. tahun dan menjadi pemenang pertama dengan powertrain hybrid. Audi bertujuan untuk memeriksa item lain dari daftar ember olahraga motornya dengan menaklukkan Reli Dakar yang melelahkan dengan binatang off-road hibrida yang disebut Audi RS Q e-tron.

foto : audi-mediacenter.com

 

Pihak Audi mengatakan jika Audi RS Q e-tron, direncanakan akan bersaing diajang balap Reli Dakar 2022 pada bulan Januari. Audi RS Q e-tron adalah mobil bertenaga listrik yang harus bersaing di tahap harian yang panjangnya mencapai 497 mil (800 km). Karena tidak ada infrastruktur pengisian daya di padang pasir, model ini telah dilengkapi dengan mesin empat silinder TFSI 2.0 liter yang “sangat efisien” yang bertindak sebagai generator untuk mengisi ulang baterai.

Berbicara mengenai baterai, Audi RS Q e-tron dilengkapi dengan baterai yang memiliki berat sekitar 816 lbs (370 kg) serta memiliki kapasitas sekitar 50 kWh. Batterai ini nantinya akan menggerakkan motor listrik depan dan belakang, yang digunakan bersama dengan mobil balap Formula E e-tron FE07 tetapi menampilkan “modifikasi kecil” untuk penggunaan reli.

Viral :   Fakta Menarik Mobil Listrik VW ID.3 yang Pernah Populer

Motor listrik pada Audi RS Q e-tron akan menghasilkan output gabungan 671 hp (500 kW / 680 PS), tetapi penyelenggara masih memperdebatkan berapa banyak yang akan diizinkan selama Reli Dakar. Terlepas dari itu, Audi mengatakan model ini dapat berakselerasi dari 0-62 mph (0-100 km/jam) dalam waktu kurang dari 4,5 detik di permukaan yang longgar dan mencapai kecepatan tertinggi terbatas 106 mph (170 km/jam).

foto : truth-daily.com

 

Perusahaan mengatakan powertrain listrik menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk kemampuan untuk mengontrol motor listrik secara tepat untuk memastikan kemampuan berkendara yang baik. Seperti yang mereka jelaskan, as roda depan dan belakang Audi RS Q e-tron tidak terhubung secara mekanis sehingga distribusi torsi dapat bervariasi dan disesuaikan sesuai kebutuhan.

Audi RS Q e-tron tidak terlihat seperti Audi khas Anda dan perusahaan dengan bebas mengakui bahwa itu terlihat seperti UFO dari depan. Namun, pembuat mobil mencatat kendaraan “melompat banyak selama Reli Dakar dan biasanya mendarat dengan suspensi depan mereka dikompresi dan ujung depan mengarah ke bawah.” Akibatnya, desainer harus menjadi kreatif dan mengembangkan front end yang sebagian besar terbuka.

Viral :   Terbaru, Berikut Daftar Harga Mobil Lisrik November 2021 di Indonesia

Beralih ke bagian belakang, Audi RS Q e-tron memiliki bodywork sudut yang memberi penghormatan kepada Audi Quattro asli. Model ini juga memiliki kaca depan yang gagah dan atap miring yang curam, yang di atasnya terdapat saluran masuk udara besar yang digunakan untuk mendinginkan motor listrik. Ada juga sirip tengah, yang dilapisi dengan LED untuk memungkinkannya berfungsi sebagai lampu rem.

Fitur yang tak kalah penting lainnya yakni Audi RS Q e-tron dilengkapi dengan velg 17 inci yang dibalut ban BF Goodrich serta tonjolan di belakang pintu yang terinspirasi oleh bilah samping R8. Namun, mereka melayani tujuan yang sama sekali berbeda pada RS Q e-tron karena mereka memiliki dua roda cadangan. Audi merupakan produsen mobil pertama yang berjuang untuk kemenangan keseluruhan di Reli Dakar dengan kendaraan listrik.