Volkswagen ID.8 Berukuran Atlas Dikonfirmasi Sebagai Merek SUV Listrik Unggulan Yang Akan Datang

Volkswagen terus memperluas jangkauan mobil listrik sepenuhnya ( Full Electric ) pada keluarga ID, dalam upayanya untuk menjadi salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia pada tahun 2025. Seperti yang diumumkan oleh CEO VW Group, Herbert Diess dalam pidatonya mangatakan “tambahan terbaru yang akan datang adalah Volkswagen ID.8, SUV besar yang berfungsi sebagai andalan merek mobil listrik”

foto : slashgear.com

 

Volkswagen ID.8 merupakan jenis mobil listrik berwujud SUV berukuran Atlas yang nantinya akan bergabung dengan jajaran model listrik saat ini termasuk ID.3 (Hatchback berukuran Golf), ID.4 (SUV berukuran Tiguan), ID.6 (SUV berukuran Passat), ditambah ID.5 (coupe-SUV) yang akan datang, dan ID.BUZZ (MPV berukuran T7) yang akan diluncurkan tahun depan. Model-model ini nantinya akan bergabung dengan versi produksi dari proyek unggulan Trinity yang menawarkan kemampuan mengemudi otonom Level 4. Volkswagen Atlas diluncurkan pada 2016 dan facelift pada 2020, merupakan kendaraan terbesar berdasarkan platform MQB berukuran panjang 198,3 inci (5,037mm), lebar 77,9 inci (1,979mm), dan tinggi 69,6 inci (1,767mm).

Volkswagen ID.8 nantinya akan memiliki dimensi eksterior yang serupa dengan mobil Volkswagen Atlas tetapi akan menawarkan lebih banyak ruang interior yang diuntungkan dari arsitektur listrik MEB dan kurangnya mesin pembakaran internal di muka. Dengan demikian kapasitas tempat duduknya akan menjadi 7-seater penuh, bahkan ID.6 CROZZ dan ID.6 X yang lebih kecil dari China sudah menawarkan tiga baris berukuran 4,8 meter (192 inci). SUV listrik terbesar Volkswagen akan mengintegrasikan bahasa desain yang sama dengan keluarga ID lainnya dengan sedikit berevolusi untuk tampilan yang lebih mengesankan

Viral :   Mean Metal Motors Memperkenalkan Azani Hypercar Listrik Azani Dengan 1.000 HP
foto : thetorquereport.com

 

Adapun spesifikasi teknisnya, kemungkinan Volkswagen ID.8 akan menggunakan baterai 77 kW yang lebih besar untuk menawarkan jangkauan yang kompetitif. Ini juga diharapkan menampilkan tata letak motor listrik ganda yang lebih bertenaga dengan output gabungan 225 kW (301 hp / 306 PS) dan penggerak semua roda. Kami tidak memiliki tanggal rilis tetapi dari presentasi, kami memahami bahwa Volkswagen ID.8 akan menjadi model global sehingga kami mengharapkannya di Amerika Serikat.

Meskipun belum ada yang resmi, mengetahui berbagai macam SUV di jajaran global Volkswagen, kami tidak akan terkejut jika perusahaan Jerman ini akan meluncurkan ID.9 coupe-SUV sebagai setara listrik dari Atlas Cross Sport berbagi fondasinya dengan Volkswagen ID.8. Lagi pula, ini merupakan strategi yang sama yang diikuti oleh saudara kandung ID.4 dan ID.5.

Viral :   Tahun 2026 Audi Berencana Hanya Menjual EV, Bertujuan Untuk Menghilangkan Mesin Pembakaran Internal Pada 2033

Herbert Diess yang merupakan CEO VW Group telah mengumumkan bahwa platform MQB, MLB, MEB, dan PPE yang saat ini menopang semua mode Grup VW, akan berkonsolidasi dalam satu “platform super”, mengurangi kompleksitas dan biaya produksi. Ini akan menjadi bagian dari investasi 800 juta yang diumumkan untuk fasilitas pengembangan di Wolfsburg, di mana platform dan modulnya akan dirancang.

Scalable Systems Platform (SSP) akan berfungsi sebagai basis untuk semua model EV masa depan di seluruh portofolio merek Grup VW. Angka daya akan berkisar dari 114 hp (85 kW / 116 PS) untuk model dasar hingga 1.140 hp (850 kW / 1.155 PS) untuk kinerja flagships. Semua model akan siap secara otonom dan dilengkapi dengan perangkat keras (sensor, kamera, dll), sedangkan perangkat lunak yang memungkinkan fungsi tertentu akan ditawarkan melalui pembaruan over-the-air yang tersedia sesuai permintaan dengan biaya tertentu.