Porsche 911 GT3 Touring 2022 – Generasi Terbaru Porsche 911 Dengan Transmisi Manual 6-Percepatan

Generasi terbaru dari Porsche 911 hadir kembali, kali ini dengan beberapa tambahan varian kencang yang merupakan derivatif untuk 911 GT3. Sebelumnya mobil balap GT3 telah meluncur sejak beberpa waktu lalu. Dan kini, pihak pabrikan Porsche kembali hadirkan 911 GT3 yang lebih beradab saat dijalan raya yakni Porsche 911 GT3 Touring.

foto : motortrend.com

 

Yang membuat Porsche 911 GT3 Touring ini terlihat istimewa adalah mobil ini telah dilengkapi dengan opsi transmisi manual 6 percepatan disamping otomatis PDK 7 percepatan sebagai satndarnya, yang menarik dari hal ini ialah jika mobil Porsche 911 GT3 Touring menunjukan bahwa ia memiliki rasio gigi yang hampir sama dengan 718 Cayman GT4, sebuah girboks yang telah dikritik memiliki persneling yang sangat panjang. Porsche 911 GT3 Touring ini tidak menyentuh mesin flat-six 4.0 liter naturally aspirated seperti bawaan GT3. Namun, tetap dengan kombinasi output tenaga 503 horse power dan torsi 470 Nm. Sehingga mobil satu ini mampu akselerasi 0-100 km/jam dalam 3,7 detik untuk versi manual dan 3,2 detik dengan PDK, sebelum menyentuh top speed 317 km/jam.

Viral :   BMW 1602 Klasik Yang Hadir Kembali Dengan Motor Listrik 120 HP

Mengarah ke area interiornya, Porsche 911 GT3 Touring ini memiliki trim yang mendapat lapisan material kulit yang lebih ekstensi agar sesuai dengan tema touring pada mobil ini. Dashboard dan sisi atas trim panel pintu pada mobil ini terdapat embos khusus yang menandakan varian baru, dengan kata lain ini merupakan pembeda antara 911 GT3 reguler dengan versi touring. Porsche 911 GT3 Touring saat ini juga dilengkapi dengan rem baja biasa, bukan keramik karbon, namun dengan rem standar ini lebih dari cukup untuk dikemudikan di jalanan.

Perusahaan yang bermarkas di Stuttgart ini mengulangi caranya untuk menawarkan sportscar berperforma ganas layaknya seperti mobil balap sirkuit, namun dengan tampilan yang lebih stylish dan tidak menarik perhatian. Dari 911 generasi 991, kini Porsche 911 GT3 Touring ditawarkan juga pada generasi 992. Dimana segala keganasan ala GT3 tetap ditawarkan oleh Porsche, kecuali tidak dipasangnya sayap belakang yang besar.

Viral :   Mobil Listrik Mini Elektrik yang Sangat Ramah untuk Lingkungan
foto : carbuzz.com

 

Secara visual, pabrikan porsche ini hanya melepas GT wing alias sayap gawang di bagian belakang. Tapi, downforce yang hilang karena absennya sayap belakang dikompensasi oleh spoiler yang lebih besar, sehingga kerugian downforce menjadi tidak terlalu besar. Tidak hanya itu saja, Porsche juga telah membekali sejumlah pembeda pada trim untuk menegaskan perbedaannya dengan GT3 biasa.

Bersifat minor, Porsche 911 GT3 Touring mengalami perbedaan trim berupa bingkai aluminium pada kaca samping bagian luar, emblem Touring di sejumlah bagian, dan spoiler depan yang sewarna body. Biasanya pada bagian ini akan dibuat hitam oleh Porsche, demi tonjolkan kesan balap.

Sementara itu secara bobot, Porsche 911 GT3 Touring versi PDK terhitung 1.418 kg, dan 1.435 kg untuk versi manual. Kabarnya Porsche membanderol mobil satu ini dengan nilai $161,100 setara sekitar Rp 2,295 miliar. Tentunya angka ini belum termasuk pajak, opsi personalisasi, dan biaya pengiriman.