Stellantis Mengonfirmasi 8 Model Listrik Platform STLA Baru Pada 2026

Eksekutif Stellantis memiliki jadwal yang cukup sibuk kemarin di acara EV Day grup di mana mereka mengumumkan rencana elektrifikasi untuk semua 14 merek. Sebagai bagian dari presentasi, telah dikonfirmasi bahwa 8 model baru berdasarkan arsitektur STLA Large baru akan debut pada tahun 2026. STLA Large ( Jangkauan hingga 500 mil ) adalah salah satu dari empat arsitektur modular sepenuhnya listrik yang akan digunakan Stellantis untuk model masa depannya, bersama STLA Small ( Jangkauan hingga 300 mil ), STLA Medium ( Jangkauan hingga 440 mil ), dan STLA Frame ( Jangkauan hingga 500 mil ). Kendaraan berdasarkan platform Besar akan memiliki panjang 4,70 – 5,40 m (185 – 212,6 inci) dan lebar 1,90 – 2,03 m (74,8 – 79,9 inci). Baterai akan memiliki kapasitas 101 kWh hingga 118 kWh yang menawarkan jangkauan hingga 500 mil (800 km) di antara pengisian daya.

foto : carscoops.com

 

Ralf Gilles, yang selaku chief design officer, mengatakan: “Pekerjaan pada platform STLA Large sudah berjalan dengan baik di studio desain kami. Sejauh ini mereka memandangnya sebagai beberapa mobil terindah yang pernah mereka rancang.” Kami tidak dapat memastikan apakah model 3D yang ditampilkan dalam video sebagai penggoda sedang mempratinjau desain akhir model untuk produksi atau jika itu adalah garis mock-up sederhana untuk tujuan pertunjukan. Namun, pengembangan desain harus dimulai jauh sebelum debut setiap model dan jika Stellantis tidak mengikuti contoh lucu dari mantan grup FCA yang keluar dengan rencana produk yang berbeda setiap tahun mengabaikan yang sebelumnya, kami berasumsi bahwa setidaknya beberapa penggoda akan memiliki beberapa kemiripan dengan produk akhir.

Viral :   Produksi Audi A6 E-Tron dikabarkan akan datang pada tahun 2023

Sedan Mewah Jarak Jauh

foto: carscoops.com

 

Sedan Mewah Jarak Jauh ini mungkin akan memakai lencana Chrysler. Teaser tersebut menunjukkan siluet fastback aerodinamis dengan spatbor kencang dan spoiler terintegrasi. Dilihat dari ukurannya, kami kira itu bisa menjadi saingan Tesla Model S, juga bersaing dengan Audi A6 e-tron, BMW i5 dan Mercedes-Benz EQE yang akan datang.

Dua model low-riding lainnya mungkin akan menjadi penerus listrik dari Dodge Charger dan Challenger yang sudah tua. Perancang kepala memberi kami petunjuk tentang “mobil otot yang menaklukkan segalanya” dan presentasi Dodge sendiri berbicara tentang eMuscle. Dodge akan meluncurkan mobil otot listrik baterai penuh pertama pada tahun 2024 dan dilihat dari teaser desainnya sebagian besar akan terinspirasi oleh Charger ’68.

Jeep SUV No1

Pindah ke SUV, ada berbagai model Stellantis yang datang kepada kami. Pertama ada SUV bermerek Jeep yang terlihat sedikit lebih kecil dari Jeep Grand Cherokee dua baris yang diluncurkan kemarin. Ini memiliki garis jendela yang berbeda dan pendekatan yang lebih lembut di ujung depannya sambil mempertahankan lengkungan roda persegi dan kisi-kisi khas. Semua ini membuat kita bertanya-tanya apakah ini adalah penerus Cherokee biasa yang dialiri listrik.

Jeep SUV No2

Ada Jeep kedua yang terlihat cukup menjanjikan dengan tampilan yang tangguh berkat bentuknya yang kotak, dimensi yang mengesankan, ban off-road, dan ban cadangan eksternal di bagian belakang. Ralf Gilles menggambarkannya sebagai “Jeep off-roading white space opportunity vehicle yang sangat mumpuni”. Konstruksi unibody platform STLA Large membedakannya dari model Wrangler dan Gladiator. Namun, ia dirancang dengan overhang depan dan belakang pendek yang memungkinkan sudut off-road yang bagus.

Viral :   Mazda Akan Luncurkan 13 Mobil Listrik Antara 2022 - 2025

Crossover Sporty

foto : carscoops.com

 

Model high-riding dengan pendekatan yang sama sekali berbeda adalah SUV sporty dan berotot yang juga merupakan bagian dari teaser. Meskipun tidak ada informasi resmi tentang desain ini, detail seperti lampu depan dan lampu belakang yang memanjang, kaca depan yang miring, dan garis dinamis pada kap mesin membuat kami percaya itu akan menjadi SUV listrik bermerek Dodge yang bertujuan untuk performa.

Dikabarkan bahwa Dodge sedang mengembangkan Hornet baru yang berbagi fondasinya dengan Alfa Romeo Tonale C-SUV yang akan datang. Namun, SUV yang digambarkan di teaser pasti lebih besar, berdasarkan arsitektur STLA Large. Dilihat dari siluetnya, itu bisa terkait erat dengan versi listrik penuh Maserati Grecale yang akan datang, meskipun tidak ada yang bisa memastikan saat ini. Meskipun rencananya terdengar membingungkan dan detailnya masih langka saat ini, kami sangat berharap Stellantis dapat melakukannya dengan benar dengan semua 14 merek mobil listrik, menghindari kesalahan di masa lalu.