Review BMW iX 2022, SUV Bertenaga Listrik Dengan Body Bongsor

Ketika BMW pertama kali memperkenalkan konsep iNext mereka pada tahun 2018, mereka berjanji kepada dunia bahwa hasil ekspedisi yang terinspirasi dari listrik akan menjadi kendaraan yang tidak hanya sepenuhnya bebas dari mesin pembakaran, itu akan sama inovatifnya dengan EV terbaru di dunia. Hasil yang ditawarkan adalah BMW iX 2022 yang rencananya akan mulai diproduksi awal tahun depan.

Berbeda dengan BMW i3, yang merupakan serangan pertama BMW ke pasar EV, merek Bavaria memutuskan untuk menjadikan BMW iX 2022 sebagai SUV berukuran penuh. Salah satu keunggulan paling signifikan dari mobil ini adalah, meskipun sama panjangnya sama dengan BMW X5, namun memiliki lebih banyak ruang interior daripada BMW X7.

foto : cars.com

 

Ini terutama karena platform EV-nya yang menyimpan baterai di bawah mobil dan terdiri dari motor listrik yang secara fisik lebih kecil. Penumpang di kursi belakang akan sangat menghargai ini, karena EV tidak memiliki koneksi mekanis dengan gandar depan dan belakang, menghilangkan kebutuhan untuk terowongan tengah yang menyebabkan gundukan canggung di tengah lantai.

Viral :   Turki Bersiap Produksi SUV Listrik Pertamanya di Tahun 2022

BMW iX 2022 awalnya akan ditawarkan dengan dua motor listrik. iX xDrive40 yang menghasilkan daya 240kW (322 hp) dan menawarkan jangkauan hampir 265 mil (425 km) berkat baterai 77 kWh. xDrive50 yang lebih besar menghasilkan total 385kW (516 hp) dan menawarkan baterai 111 kWh hingga 390 mil (630 km) dengan sekali pengisian daya. Sebuah iX M60 akan muncul di masa depan dan diharapkan menghasilkan lebih dari 440kW (590 hp).

Untuk mencocokkan modernisasi yang datang dengan BMW iX 2022, BMW telah memutuskan untuk memberikan interiornya perubahan kontemporer. BMW iX 2022 terbaru nantinya akan dibekali dengan fitur layar digital cluster berukuran 12,3 inci serta memiliki sebuah layanan hiburan dengan layar cengkung yang membentang sepanjang 14,9 inci. Selain itu, untuk varian Sport akan dibungkus dengan material kulit serta panel soft touch di beberapa bagiannya, sedangkan M Sport akan memiliki sentuhan balap seperti karbon dan bahan stainless. BMW sendiri saat ini sedang merencanakan untuk menghadirkan iX M60 yang merupakan model teratas di jajaran iX pada tahun depan. Sementara jika diperhatikan untuk tampilan luarnya mobil satu ini juga menyediakan paket bespoke untuk varian M Sport seperti bumper dan side skirt tambahan yang juga meningkatkan nilai aerodinamika dan rear diffuser dan tirai tambahan di dalam kabin serta memiliki pengereman hasil garapan M Sport dan atap karbon yang mendukung tampilan lebih sporty.

Viral :   Sebelum Membeli, Simak 4 Daftar Harga Mobil Listrik Ini
foto :caranddriver.com

 

Berbicara soal baterai pastinya kita akan membahas tentang efisiensi, dimana pihak BMW mengklaim jika kehadiran iX xDrive40 dapat menurunkan 45% emisi gas buang dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil. Selain itu, baterai yang nantinya ditanam pada setiap keluarga iX diklaim akan memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat. Salah satunya yakni baterai 70 kWh yang terdapat pada xDrive40, dimana dapat diisi hanya selama 10 menit dan mampu dikendarai sejauh 90 km. Sementara itu, untuk varian tertingginya yakni BMW iX 2022 xDrive50 dapat diisi dayanya dengan kapasitas 200 kW, bahkan hal ini dapat mencapai daya tempuh hingga 120 km hanya membutuhkan waktu pengisian 10 menit.