Mobil Tenaga Surya Teknologi Terbaru yang Wajib Diikuti

Selama ini mobil tenaga surya memang hanya populer sebagai prototype atau digunakan saat kontes kampus. Produksi massal kendaraan satu ini memang belum pernah dilakukan hingga detik ini. Namun jangan khawatir pada akhir tahun 2021 sebuah proyek dari perusahaan startup asal Jerman.

Memang proyek kendaraan paling ramah lingkungan ini sudah dimulai sejak tahun 2017. Namun karena berbagai kendala mulai dari dana hingga masalah pandemi proyek beberapa kali harus ditunda. Pada tahun 2017 sebenarnya sudah ada satu buah prototype mobil yang dipamerkan di salah satu perhelatan otomotif dunia.

Rencananya kendaraan sipil dengan tenaga matahari pertama ini dipasarkan pada awal tahun 2021. Namun harus diundur pada pertengahan atau akhir 2021 untuk melakukan pengiriman generasi pertama para pemesannya. Proyek ini menjadi sebuah ambisi besar untuk menghilangkan ketergantungan pada bahan bakar fosil.

Sudah ada ribuan orang pemesan yang menunggu peluncuran pertama kendaraan tanpa bahan bakar ini. Bagi para cendekiawan waktu kurang dari lima tahun untuk mengembangkan memang terkesan sangat ambisius. Kita pantau saja bagaimana hasil akhir dari kendaraan masa depan tersebut.

Prinsip Dasar Mobil Tenaga Surya Sion Generasi Pertama

SEC (Sion electric car) adalah produk generasi pertama yang rencananya akan dikeluarkan tahun ini oleh Sono Motors. Prinsip dasar dari konversi tenaga matahari untuk menggerakkan matahari sebenarnya simpel. Bahkan prinsip ini sangat umum dilakukan pada saat kompetisi mobil surya tingkat kampus.

Pertama foton dari radiasi cahaya matahari akan ditangkap oleh panel surya. Dalam panel tersebut akan terjadi reaksi penyeimbangan semikonduktor bermuatan negatif dan positif. Proses penyeimbangan ini akan menghasilkan sebuah zona pelepasan energi (depletion region) yang berada pada pusat sel surya.

Viral :   Mercedes Vision EQXX EV Prototype Hadir di CES 2022, Akan Menjadi Benz Paling Efisien!

Dari zona pelepasan energi tersebut tenaga listrik dihasilkan dari konversi radiasi matahari. Energi tersebut kemudian akan disimpan dalam paket baterai kendaraan sebagai tenaga utama. Prinsip dasar mobil tenaga surya Sion ini cukup mudah dimengerti bahkan untuk kalangan orang awam.

Pada prototype awal yang diluncurkan tahun 2017 panel surya terletak di bagian atas dan samping bodi mobil. Di tahun tersebut prototype masih menggunakan bahan gallium arsenide yang memiliki beban besar. Kemungkinan peluncurannya nanti akan digunakan bahan monocrystalline yang lebih ringan.

Selain melihat faktor ergonomis monocrystalline juga memiliki harga jauh lebih murah. Meskipun murah namun efisiensinya paling tinggi diantara bahan lainnya. Sehingga sangat cocok jika digunakan untuk barang dengan kebutuhan listrik tinggi seperti mobil. Perawatan bahan tersebut juga jauh lebih mudah dilakukan.

Kemudian potensi yang akan berubah adalah jenis paket baterai dari mobil matahari ini. Awalnya direncanakan akan menggunakan lithium cobalt karena harganya yang terjangkau. Namun saat ini harga dari lithium manganese cobalt sudah lebih murah dan berpotensi dipasangkan pada mobil Sion.

Perawatan Panel pada Mobil Tenaga Surya Sion Terbaru

Perawatan utama mobil dengan tenaga matahari tentu berada pada panelnya. Hal tersebut karena panel merupakan bagian sensitif, tanpa perawatan rutin maka efisiensi dapat menurun drastis. Pengguna cukup rajin merawat saja, karena tingkat kesulitan dalam perawatan memang rendah.

Viral :   Jajaran Audi Q4 E-Tron Memperoleh Model all-wheel drive Dan Jarak Jauh Di Eropa

Cara membersihkan panel surya pada mobil sangat mudah cukup dengan mengelap saja. Apabila menginginkan hasil mengkilap bisa juga digunakan sabun pembersih bodi mobil. Jangan takut merusak panel karena permukaan dibuat tahan terhadap zat kimia sehingga daya tahannya tinggi.

Satu hal yang bisa merusak panel surya secara total adalah benturan keras. Jadi usahakan jangan memukul bagian panel dengan benda tajam, tumpul, atau keras karena dapat merusaknya secara signifikan. Panel tidak akan rusak jika hanya terkena hujan atau basah karena terdapat lapisan pelindung bagian luar.

Kemudian yang harus diperhatikan adalah kesehatan paket baterai pada mobil. Untuk menjaga kesehatan paket baterai juga tidak sulit. Pengguna hanya perlu menghidupkannya setiap beberapa hari sekali apabila kendaraan tidak digunakan. Hal tersebut untuk menghindari matinya sel baterai yang membuatnya tidak mampu menampung daya.

Untuk masalah mesin sendiri rencananya Sion akan menggunakan spesifikasi gearbox otomatis. Jadi perlakukan bagian mesin mobil seperti perawatan kendaraan transmisi matic. Perawatan biasa seperti layaknya kendaraan konvensional bisa dilakukan untuk menjaga performa mesin agar tetap prima.

Jangan mudah terhasut oleh mitos bahwa kendaraan dengan sumber tenaga utama menggunakan listrik mudah meledak. Sistem keamanan modern sudah sangat canggih dan mampu mencegah segala kemungkinan ledakan pada baterai. Jadi tidak perlu ragu lagi jika ingin membeli mobil tenaga surya karena dijamin aman.