Mobil Listrik Smart EQ Fortwo dan Fortfour

Mercedes Benz tidak ketinggalan menghadirkan kendaraan ramah lingkungan melalui mobil listrik Smart EQ Fortwo dan Forfour. Industri kendaraan ramah lingkungan yang semakin besar membuat produsen otomotif harus melakukan inovasi. Bukan hanya dari segi kapasitas baterai, namun juga pengembangan terhadap desain interior serta eksteriornya.

Melihat persaingan yang semakin ketat tersebut, Mercedes Benz akhirnya memilih untuk melakukan kolaborasi dengan Geely Holding asal China. Kedua perusahaan otomotif ini kemudian membuat perusahaan baru dengan nama Smart Automobile Co. Ltd. Perusahaan patungan ini memiliki komposisi sama besar dalam hal kepemilikan.

Untuk menjangkau pasar Asia dan Eropa, perusahaan patungan tersebut dibangun di China. Kemudian juga membuat anak perusahaan di Eropa untuk mendistribusikan ke seluruh Eropa. Untuk memenangkan pasar di Asia dan Eropa, Smart EQ dirancang dengan berbagai model menarik. Ditambah dengan beberapa varian baru yang dikembangkan.

Menyediakan Berbagai Macam Varian Terbaru

Mercedes Benz melakukan banyak inovasi pada mobil listrik Smart EQ Fortwo dan Forfour. Salah satunya adalah hadirnya Smart EQ edisi Bluedawn yang rencananya akan hadir pada bulan April mendatang. Edisi terbaru dari seri Fortwo tersebut mengusung banyak perubahan, termasuk desain eksteriornya.

Menariknya, dari segi tampilan luar edisi Fortwo Bluedawn mengambil tema matt velvet blue sebagai warna dominan. Warna ini membuat seluruh tampilan kendaraan tersebut terlihat sangat elegan dan futuristik. Edisi Bluedawn ini telah dibuka pemesanan sejak akhir 2020 lalu dengan harga 28.920 Euro di Jerman.

Viral :   Mengenal Jenis Baterai Lithium Mobil Listrik (Li-On)

Sedangkan untuk Smart EQ Forfour telah diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2020 lalu untuk model terbarunya. Beberapa perubahan dasar di bagian fungsi fitur telah ditambahkan untuk mengakomodir kenyamanan pengendara. Misalnya tentang lampu kabut berbentuk melingkar. Selain itu ada juga intake vertikal pada bagian samping.

Kapasitas Baterai yang Berjumlah Besar

Untuk mendukung penggunaan kendaraan ramah lingkungan tersebut, mobil listrik Smart EQ Fortwo dan Forfour dibekali dengan kapasitas baterai besar. Untuk seri Forfour saja sudah dibekali dengan baterai Lithium-ion berkapasitas 17,6 kwh. Memiliki 80 hp dan torsi sebesar 160 Nm serta mampu menempuh jarak 160 km.

Untuk Smart Fortwo sendiri juga akan memiliki kapasitas daya baterai tidak jauh berbeda. Hal ini karena pada dasarnya kedua seri ini diproduksi untuk kepentingan city car. Mengusung konsep ramah lingkungan sehingga dari segi desain eksterior juga disesuaikan dengan kapasitas daya baterai.

Meskipun begitu, untuk daya jelajah di kota besar Eropa rasanya kapasitas 17,6 kwh sudah cukup. Apalagi, jarak antar kota di Eropa juga tidak terlalu jauh sehingga tidak perlu kapasitas baterai terlalu besar. Jika dipaksakan, maka akan berpengaruh pada akselerasi mobil ketika melaju.

Membawa Suatu Konsep Mini Car

Smart EQ memang tidak diproduksi seperti kebanyakan mobil listrik lain. Jika kebanyakan kendaraan ramah lingkungan mengusung tema dan konsep sporty, maka Smart EQ berbeda. Smart EQ lebih memilih untuk membawa konsep mini car untuk mengadopsi keinginan menikmati perjalanan pribadi lebih nyaman.

Viral :   Porsche 718 Cayman GT4 Baru Bersinar Berkat Mesin NA Flat-Six

Seri Fortwo dan Forfour dinilai akan lebih cocok dengan kendaraan masa depan melalui bentuk mininya tersebut. Apalagi, desain futuristik masa depan dinilai akan lebih minimalis daripada model mobil saat ini. Untuk itu Smart lebih memilih melangkah lebih jauh demi hal tersebut.

Disisi lain, faktanya bentuk mini car ini juga masih menjadi primadona di kalangan masyarakat Eropa. Terutama untuk masyarakat yang tinggal di lingkungan padat dan tidak memiliki ruang garasi luas. Tidak heran jika penjualan seri Fortwo dan Forfour terus mengalami kenaikan tajam.

Akan Hadir di Negara Indonesia

Sama seperti mobil listrik lain, mobil listrik Smart EQ Fortwo dan Forfour akan hadir di Indonesia. Namun, untuk kapan pastinya masih belum bisa dipastikan karena beberapa alasan. Meskipun begitu, daya minat dan permintaan terhadap mobil ini cukup besar.

Meskipun dari segi desain eksterior kalah dalam hal daya angkut dan ukuran, namun jika dilihat melalui segi efisiensi maka tidak kalah. Seri Fortwo dan Forfour aan sangat cocok dipakai dalam kota sebagaimana mestinya konsep awal sebagai city car.

Persaingan dalam industri otomotif untuk menyediakan kendaraan ramah lingkungan telah membuka era baru. Pada produsen terus berlomba menyajikan kendaraan terbaik bagi semua masyarakat. Termasuk juga dengan adanya mobil listrik Smart EQ Fortwo dan Forfour yang sebentar lagi tiba di Indonesia.