Fakta Menarik Mobil Listrik VW ID.3 yang Pernah Populer

Mobil listrik VW ID.3 telah membuat gebrakan baru pada tahun 2020 lalu. Volkswagen memang terkenal dengan beberapa teknologi baru yang disematkan dalam kendaraan produksinya. Hal ini juga terjadi ketika pameran otomotif di Jerman pada 2019 lalu. Pameran tersebut memperkenalkan VW ID3 Hatchback.

Sebenarnya, dari segi tampilan VW ID3 tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, yaitu VW Golf. Namun ada beberapa pengembangan di bagian bagasi serta kabin sehingga lebih luas. Bahkan interiornya telah dipasang dengan head unit touchscreen berukuran 10 inchi. Ini yang membuatnya dianggap lebih baik.

Volkswagen ID3 telah diberikan teknologi terbaru supaya pengendara merakanan tingkat kenyamanan lebih tinggi. Apalagi baterai yang digunakan memiliki tenaga 45kwh yang bisa menempuh jarak hingga 330 km. Selain itu, ada sederet fakta menarik yang mengikuti mobil ini hingga akhirnya menjadi populer di dunia.

Sambutan Hangat dari Penggemar Otomotif

Frankfurt Motor Show yang digelar pada 2019 lalu ternyata menjadi tempat bagi banyak penggemar otomotif memesan mobil listrik VW ID.3. Dari pameran tersebut, semua spesifikasi baik dari segi desain visual hingga tenaga diperlihatkan kepada publik. Ini menandai bagaimana Volkswagen mampu menarik banyak perhatian.

Bahkan, sebelum mobil ini resmi diluncurkan ke publik sudah ada lebih dari 30 ribu orang yang memesan. Padahal pada saat itu Volkswagen berencana akan meluncurkan ke publik pada pertengahan 2020. Namun tidak menyangka bahwa sebelum diluncurkan sudah ada banyak orang ingin antre memesan.

Viral :   2025 Volkswagen Bertekad Menjadi Pembuat Mobil Listrik Terbesar di Dunia Mengalahkan Tesla

Spesifikasi yang Terlihat Lebih Modern

Ada beberapa pilihan mobil listrik VW ID.3 yang akan diproduksi. Beberapa pilihan daya baterai telah disediakan kepada para konsumen. Kapasitas daya paling rendah adalah 45 kwh yang diprediksi mampu menempuh jarak 330 km. Ada juga kapasitas 77 kwh yang mampu menempuh jarak hingga 550 km.

Beberapa teknologi modern juga disematkan untuk melengkapi kendaraan mewah ini. Misalnya seperti pemasangan LED Matrix Headlight hingga mekanisme Head up Display. Bahkan disini pengendara juga bisa mengaktifkan mekanisme semi-automous. Jadi pengendara akan bisa lebih mudah mengendarai di berbagai medan serta kondisi jalan.

Menariknya, Volkswagen ID3 sudah menggunakan mekanisme voice command untuk mengatur kabin. Pengendara nantinya cukup hanya mengucapkan voice command “Hello ID”. Setelah itu, sensor akan langsung mendeteksi perintah tersebut dan menyesuaikan keinginan. Jadi VW ID3 ini sangat cocok untuk pengendara yang tidak ingin kerepotan.

Mobil Terlaris pada Oktober 2020

Oktober 2020 menjadi puncak kejayaan dari VW ID3 dimana penjualan di seluruh Eropa mengalami peningkatan tajam. Bahkan, Volkswagen mampu mengungguli penjualan milik Tesla dan renault. Sepanjang Oktober 2020, Volkswagen telah mengirimkan sekitar 10.47t unit ke semua konsumen di seluruh Eropa.

Di bulan yang sama, Tesla hanya mampu menjual 834 unit saja dan Renault bahkan hanya mampu menjual 700 unit. Pencapaian Volkswagen memang sangat mengejutkan, apalagi mengingat VW ID3 merupakan seri mobil listrik pertama milik Volkswagen. Prestasi ini membuat Volkswagen siap meluncurkan seri VW ID selanjutnya.

Viral :   Mobil Listrik Volvo XC40 Recharge, Spesifikasi dan Desain Eksterior

Ada beberapa faktor mengapa VW ID3 laris di dataran biru Eropa. Salah satunya adalah karena harganya lebih terjangkau dari beberapa mobil listrik produksi produsen lain. Perbandingan harga antara VW ID3 paling rendah dengan Tesla Model 3 rendah saja sudah hampir berbeda 2x.

Suatu Tonggak Sejarah Bagi Volkswagen

Mobil listrik VW ID.3 dianggap sebagai sejarah baru bagi perusahaan otomotif dari Negeri Bavaria tersebut. Hal ini karena VW ID3 dianggap sebagai bagian ketiga perjalanan Volkswagen dalam menyediakan kendaraan ramah lingkungan. Bagian pertama adalah pada seri Bettle dan diikuti oleh Golf di seri kedua.

Hadirnya VW ID3 juga menjadikan Eropa semakin banyak alternatif pilihan mobil listrik. Hal ini karena Benua Biru tersebut sudah sepakat ingin mengakhiri masa pemakaian mobil bertenaga diesel. Kemudian menggantinya dengan tenaga baterai yang lebih ramah lingkungan.

Kehadiran VW ID3 juga mendapatkan sambutan hangat di Eropa karena sejak 24 jam mengumumkan membuka pemesanan, sudah ada 10 ribu orang yang memesan. Hal ini membuat persaingan mobil listrik di Eropa menjadi lebih kompetitif lagi.

Eropa memang sudah mulai giat mempromosikan penggunaan mobil listrik. Janji setiap negara mengurangi produksi mobil konvensional faktanya diikuti dengan berbagai produsen otomotif. Hal ini juga dilakukan oleh Volkswagen dengan mobil listrik VW ID.3 yang sudah diperkenalkan sebelumnya.