Mobil Listrik Autonom

Mobil Listrik Autonom, Bagaimana Cara Kerjanya Mesinnya?

Mobil listrik autonom merupakan cikal bakal era baru dari kecanggihan teknologi dibidang otomotif. Mobil listrik sendiri sudah ada sejak abad ke-18 dan terus mengalami perkembangan. Saat ini alat transportasi dengan sumber utama listrik sudah banyak beredar dan telah dikemudikan oleh masyarakat dari berbagai negara.

Transportasi ini menjadi salah satu solusi dalam mengurangi polusi udara, karena tidak mengeluarkan gas emisi sama sekali. Transportasi ramah lingkungan menggunakan listrik yang disimpan dalam baterai sebagai sumber utama penggerak kendaraaan. Sehingga benar-benar terbebas dari gas emisi.

Dalam perkembangannya, alat transportasi ramah lingkungan menyajikan fitur terbaru yaitu mobil listrik dari autonom yang dikemudikan tanpa menggunakan sopir atau kemudi. Meski belum mengalami tahap penyelesaian, namun mobil ini akan menjadi kendaraan masa depan yang dinantikan banyak orang.

Keberadaan Mobil Listrik di Indonesia

Sebelum mengetahui tentang mobil listrik autonom, kamu perlu tahu bagaimana cara kerja dari mobil listrik yang sekarang sudah banyak beredar. Transportasi ramah lingkungan sudah ada sejak abad ke-18 namun tidak dikembangkan atau dipasarkan hingga meluas, karena terdapat beberapa permasalahan didalamnya.

Seorang ilmuwan Thomas Alva Edison saat itu menyebutkan bahwa kendaraan roda empat ramah lingkungan akan menjadi kendaraan masa depan. Mobil listrik tidak dapat bersaing dengan kendaraan konvensional lainnya yang menggunakan bensin sebagai bahan dasarnya, melainkan menggunakan baterai sebagai penyimpan sumber utama kendaraan ramah lingkungan.

Viral :   Mengenal BMW 1602 Klasik Yang Hadir Kembali Dengan Motor Listrik 120 HP

Transportasi ini menggunakan baterai dengan bahan dasar dari nikel sulfat, kobalt, dan lithium. Di Indonesia sendiri kendaraan ramah lingkungan belum banyak beredar, namun pemerintah mulai membangun pabrik pembuat baterai dan sudah meresmikannya. Ini adalaah bentuk dari apresiasi pemerintah terhadap kendaraan ramah lingkungan ini.

Tingginya tingkat polusi yang disebabkan oleh gas emisi kendaraan membuat pemerintah dan perusahaan otomotif dari seluruh negara untuk menciptakan alat transportasi ramah lingkungan, baik motor, mobil, maupun lainnya. Ini akan menjadi salah satu solusi untuk mengatasi pemanasan global.

Tingginya mobilitas masyarakat membuat pemerintah tidak mungkin untuk membatasi kepemilikan kendaraan pribadi, meskipun cara ini sudah dilakukan dengan peraturan sistem pajak kendaraan, namun tidak memberikan hasil maksimal. Volume kendaraan semakin meninggi dan tingkat polusi juga semakin tinggi, terutama di kota-kota besar.

Berbeda dengan mobil listrik. Kendaraan ini tidak dikenakan PPnBM karena tidak mengeluarkan gas emisi sama sekali. Selain itu memiliki kecanggihan yang nantinya akan membuat masyarakat beralih kea lat transportasi satu ini. Bentuk kecanggihan dan inovasi dari kendaraan ramah lingkungan ini adalah diciptakannya mobil listrik autonom.

Kendaraan ini tidak bisa dikemudikan tanpa sopir, sehingga pengemudi bisa nyaman ketika merasa kelelahan saat perjalanan jauh. Sistem ini bisa dibayangkan seperti kemudi auto pilot pada pesawat. Sehingga pengemudi manusia dapat digantikan dengan kecanggihan pengemudi otomatis yang aman dan canggih.

Viral :   Tahun 2022 Hyundai Akan Hentikan Semua Model Veloster Kecuali Untuk N

Apa Itu Kecanggihan Autonomous Vehicle

Autonomous Vehicle atau mobil listrik autonom merupakan kendaraan dengan sistem pengganti kemudi otomatis. Dengan menggunakan kecanggihan ini pengemudi manusia tergantikan oleh adanya kendaraan otomatis yang aman dan cerdas, dikendalikan oleh perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang didalamnya telah terprogram dan tertanam sistem cerdas.

Autonomous vehicle tanpa awak mempunyai sistem kendali yang canggih dalam mengambil data dari sensor serta menganalisa data tersebut yang kemudian dapat mendeteksi dan membedakan obyek disekitar kendaraan, baik pejalan kaki/manusia, maupun benda-benda lain yang berada di sekitarnya untuk menghindari kecelakaan.

Metode pengaturan kendali mobil listrik autonom menggunakan perpaduan perangkat keras dan lunak dengan memanfaatkan algoritma sistem kecerdasan buatan berupa machine learning dan deep learning, sehingga dapat mempelajari berbagai objek atau situasi yang berada disekitar kendaraan.

Namun, dalam perkembangan saat ini sistem ini masih dikatakan kemudi semi-otomatis, karena masih dengan pengawasan atau pengendalian operator. Sehingga sistem akan menyampaikan jika ada kendala atau peringatan kepada operator. Dengan menggunakan kecanggihan ini, masa depan otomotif semakin canggih dan meringankan kerja manusia.

Selain dapat mengurangi polusi udara karena ramah lingkungan, kendaraan ini juga menjadi masa depan yang canggih, karena memiliki sistem Autonomous Vehicle. Namun saat ini masih dalam perkembangan dan pengawasan sehingga nantinya mobil listrik Autonom dapat bekerja secara aman dan maksimal.