Elon Musk Siapa Sih? Tokoh Dibalik Kendaraan Ramah Lingkungan

Elon Musk siapa sih? Siapa yang tidak mengenal milliader dunia ini, hampir sebagian masyarakat mengenalnya, khususnya bagi pencinta otomotif. Tokoh ini adalah salah satu orang yang berpengaruh dalam perkembangan otomotif di dunia, khususnya pencetus inovasi-inovasi kendaraan ramah lingkungan.

Salah satu konstribusi terbesarnya adalah produksi mobil ramah lingkungan nol emisi yang saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat luas. Mobil listrik sendiri adalah kendaraan roda empat ramah lingkungan. Bahan bakar kendaraan ini tidak menggunakan bensin, melainkan daya listrik yang disimpan didalam baterai.

Mobil ini dirancang sebagai solusi dalam mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh gas emisi kendaraan berbahan bakar bensin. Maka dari itu siapa yang tidak mengenal Elon Musk. Tentu semua orang mengenalnya. Karena dia telah mengembangkan inovasi untuk mengatasi permasalah utama dalam pemanasan global.

Kenali Sosok Pendiri Perusahaan Otomotif Dunia

Elon Musk siapa sih? Tokoh terkenal ini memiliki nama lengkap Elon Reeve Musk, ia lahir pada tahun 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Elon lahir dalam keluarga terpandang di Afrika Selatan, namun keharmonisan rumah tangga orangtuanya tidak berjalan lama. Elon menjadi saudara tertua dari kedua adiknya.

Adik laki-lakinya bernama Kimbal Musk, ia adalah seorang pebisnis sekaligus pecinta lingkungan. Adik perempuannya bernama Tosca Musk, Tosca melebarkan karirnya di dunia seni yaitu sutradara dan produser. Sementara ayahnya adalah seorang konglomerat dengan berbagai bisnis, sementara ibunya adalah seorang model dan ahli gizi.

Elon lahir dalam keluarga yang penuh ambisius untuk menggapai keinginan. Seperti tokoh besar lainnya, masa kecil Elon Musk tidak mudah, ia harus menghadapi perceraian kedua orangtuanya. Pada mulanya ia tinggal di Pretoria bersama ayahnya selama beberapa tahun.

Viral :   Mercedes EQG Electric G-Class Debut Sebagai Konsep Di September Munich Auto Show

Elon Musk siapa sih? Selama bersekolah di Pretoria, Elon Musk bukanlah sosok yang populer seperti saat ini, ia cenderung diam dan menjadi pribadi yang tertutup. Selain itu ia banyak mendapatkan perilaku tidak mengenakan dari beberapa temannya.

Namun setelah itu ia pindah ke Kanada pada usia 17 tahun karena menghindari wajib militer disana. Selain itu, elon berpikir bahwa jika ia memiliki paspor Kanada akan lebih mudah untuk memasuki Amerika Serikat. Awal kehidupan di Kanada ia harus menumpang tempat tinggal dan bekerja serabutan.

Kemudian pada tahun 1990, Elon Musk melanjutkan studinya di Queen’s University di Ontario Kanda. Namun dua tahun kemudian dia pindah ke Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat dan lulus dengan gelar sarjana ekonomi pada tahun 1997. Elon kemudian mengambil kuliah strata 1 dalam Jurusan Fisika.

Tidak berhenti disitu, tokoh terkenal ini pernah mengambil studi di Universitas Stanford untuk mengejar gelar Ph.D, namun setelah dua hari berkuliah ia tidak melanjutkan studinya. Ia lebih memilih menekuni bisnis teknologi dan internet hingga sekarang.

Kesuksesan Elon Musk Membangun Industri Otomotif

Elon Musk siapa sih? Tokoh ini sangat dikenal setelah kendaraan ramah lingkungannya dapat diterima oleh masyarakat. Namun jejak perjalanannya jauh sebelum itu. Pada tahun 1995 ia dan adiknya Kimbal mendirikan sebuah perusahaan star-up bernama Zip2. Perusahaan ini menyediakan software untuk perusahaan konten online.

Viral :   Tips Memodifikasi Motor agar Bebas Tilang

Perusahaan rintisan ini berkembang sangat baik dan banyak mendapatkan investasi bernilai tinggi. hingga pada tahun 1999 Zip2 diakuisisi AltaVista yang saat itu sudah diakuisisi oleh Compaq. Nilai akuisisi yang besar membuat dua saudara ini menjadi milaider mudah saat itu.

Karir Elon sebagai milaider baru dimulai. Sebelum Zip2 diakuisisi oleh Compaq. Ia dan teman-temannya telah mendirikan sebuah perusahaan rintisan lainnya yang bernama X.com menyediakan layanan keuangan online yang kemudian diakuisi oleh Palm Pilot dan berganti nama menjadi PayPal. PayPal kemudian diakuisisi oleh eBay.

Tidak berhenti disitu, Elon Musk banyak mendirikan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi dan otomotif. Kecintaannya terhadap antariksa membuatnya membangun Space Exploration Technologies atau dikena dengan SpaceX yang bergerak dibidang roket. Selain mendirikan beragam perusahaan ternama, Elon Musk siapa sih?

Ia adalah pendiri perusahaan mobil listrik Tesla Inc. pada tahun 2003. Kecintaannya pada lingkungan hidup membuatnya berambisi untuk menciptakan kendaraan ramah lingkungan. Produk Tesla memanfaatkan listrik sebagai bahan bakarnya. Tesla telah meluncurkan beragam produk kendaraan ramah lingkungan dan terus berkembang hingga saat ini.

Mengembangkan segala keinginannya membuatnya menjadi salah satu tokoh inspiratif di dunia. Dengan segala keterbatasannya, ia dapat mendirikan berbagai perusahaan tekonologi. Ia juga mendirikan perusahaan yang ramah lingkungan sebagai kepeduliannya terhadap lingkungan. Maka dari itu yang tidak mengenal Elon Musk siapa sih?