Mobil Listrik Seres E1
Foto: dfskmotors.co.id

Mengungkap Kehebohan Mobil Listrik Seres E1 yang Mendominasi GIIAS 2023

Kawan Oto yang selalu setia mengikuti tren terbaru di dunia otomotif, kali ini kita akan membahas sorotan yang tak terbantahkan dari GIIAS 2023, yakni hadirnya mobil listrik Seres E1 yang menyita perhatian semua pengunjung. Dengan kinerja yang luar biasa dan teknologi mutakhir, Seres E1 telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bintang terang pameran otomotif ini. Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi seluk-beluk mengagumkan tentang Seres E1, termasuk spesifikasinya yang menarik dan wawasan terbaru tentang harga di pasar mobil Indonesia yang semakin berkembang.

Kehebohan Seres E1 di GIIAS 2023

Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) selalu menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh para pecinta mobil di seluruh tanah air. Pada edisi tahun 2023, satu nama yang berkilauan di antara sejuta kendaraan adalah Seres E1. Dipenuhi dengan keunikan dan teknologi canggih, mobil listrik ini mampu menghipnotis ribuan pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat tentangnya.

Mengapa Mobil Listrik Seres E1 Begitu Laku Keras?

Tentu saja, pertanyaan ini muncul di benak kita. Mengapa Seres E1 begitu laku keras di GIIAS 2023? Jawabannya terletak pada kombinasi faktor yang menciptakan magnetisme tersendiri:

1. Performa yang Menggoda

Seres E1 menawarkan performa luar biasa yang tak tertandingi. Ditenagai oleh mesin listrik canggih, mobil ini mampu memberikan akselerasi halus dan torsi instan yang langsung terasa saat gas diinjak. Kecanggihan ini tentu saja mengundang perhatian dari mereka yang mencari pengalaman berkendara yang tak terlupakan.

2. Desain Futuristik yang Memikat

Desain luar Seres E1 memancarkan aura futuristik yang mengundang pandangan. Garis-garis tajam dan desain aerodinamis bukan hanya menciptakan kesan modern, tetapi juga mengoptimalkan efisiensi energi. Ketika dipadukan dengan lampu LED canggih dan detail estetika yang cermat, Seres E1 benar-benar mencuri perhatian.

3. Teknologi Interior yang Terdepan

Berjalan masuk ke dalam kabin Seres E1 adalah seperti memasuki dunia teknologi yang mutakhir. Panel kontrol yang intuitif, layar sentuh interaktif, dan sistem infotainment canggih memberikan kenyamanan serta hiburan yang tak tertandingi. Material berkualitas tinggi dan perhatian terhadap detail juga menjadikan interior Seres E1 sebagai tempat yang mewah dan nyaman.

Spesifikasi Mobil Listrik Seres E1 yang Menjadi Sorotan

Dengan harga yang terjangkau pada Seres E1 tahun 2023, bagaimana spesifikasi lengkapnya? Ternyata mobil listrik ini bisa menjadi alternatif yang menarik selain Wuling Air EV.

Dari segi dimensi eksteriornya, mobil ini memiliki ukuran yang kompak, dengan panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, jarak sumbu roda 1.960 mm, dan ground clearance 135 mm. Selain itu, pintunya hanya dua, sehingga untuk mengakses jok belakang diperlukan lipatan jok depan terlebih dahulu.

Viral :   Polestar Bertujuan Menggandakan Kehadiran Globalnya Pada Tahun 2022

Mengenai kinerja baterai dan motor elektriknya, Seres E1 yang telah diproduksi secara lokal ini menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh untuk Type B. Akibatnya, jarak tempuh maksimalnya hanya mencapai 180 Km. Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan melalui soket AC Type 2 dalam waktu 3,5 jam untuk mencapai 10-90 persen. Motor listriknya terletak di roda belakang, menghasilkan torsi sebesar 100 Nm dan daya 25 kW atau setara dengan 34 PS.

Sementara untuk Seres E1 Type L, digunakan baterai Lithium Iron Phosphate 16,8 kWh yang dipasangkan dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous berdaya 30 kW atau sekitar 41 PS dengan torsi 100 Nm. Dengan konfigurasi ini, jarak tempuh maksimalnya diklaim mencapai 220 km.

Dalam hal fitur, Seres E1 hadir dengan berbagai teknologi keselamatan dan kenyamanan. Beberapa di antaranya termasuk Seat Belt Reminder, Isofix, Tire Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake with Auto Hold (untuk varian Type L), Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Electronic Stability Control (ECS) with Traction Control System (TCS) (untuk varian Type L), Anti-lock Braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, Brake Assist (untuk varian Type L), sistem airbag, Event Data Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Cruise Control, Mode Eco/Sport, Energy Managing Display, dan Charging Status Display.

Salah satu fitur menarik lainnya adalah Collision Power Failure Protection. Ini merupakan sistem keamanan berupa sensor tabrakan yang terpasang pada Seres E1. Fungsinya adalah untuk mendeteksi dampak dari tabrakan yang terjadi. Sensor ini kemudian mengirimkan sinyal ke sistem Air Bag untuk diaktifkan, serta ke BMS untuk memutus sirkuit tegangan tinggi, mencegah terjadinya situasi yang tidak diinginkan.

Fitur keselamatan lain yang patut dicatat adalah High-strength Steel Cage Frame Body. Dalam hal ini, Seres E1 telah mengadopsi kerangka longitudinal yang membentuk kerangka perlindungan berbentuk kubah dengan struktur “herringbone” berlapis. Di samping itu, kerangka bawah diperkuat dengan struktur ganda untuk melindungi baterai.

Interior Mobil Listrik Seres E1

Berpindah ke dalam kabin, interior Seres E1 2023 memancarkan gaya futuristik. Di dalamnya, headunit mengusung dimensi 8 inci, terutama pada varian Type L, yang memiliki kemampuan untuk mengakomodasi fitur audio dan kendaraan.

Viral :   Ternyata Ini Penemu Mobil Listrik?

Selain itu, pengaturan persnelingnya menggunakan selector yang ditempatkan pada dashboard bagian tengah, di sisi setir. Ini bertujuan untuk mempermudah pengemudi dalam mengaksesnya. Panel instrumen telah mengadopsi teknologi digital dengan layar berukuran 7 inci, dan sistem AC dilengkapi dengan panel sentuh. Selain itu, tersedia fasilitas Smart USB charging serta antarmuka USB.

Dengan memasuki kabin, interior Seres E1 2023 mengusung desain yang futuristik. Terlihat bahwa headunit hadir dengan layar 8 inci, terutama pada tipe L, yang dirancang untuk menampung fungsi audio dan berbagai fitur mobil.

Pengalaman berkendara semakin dimudahkan dengan pemilihan posisi selektor persneling yang ditempatkan di dashboard bagian tengah dekat setir. Ini bertujuan untuk mempermudah jangkauan pengemudi. Di samping itu, panel instrumen yang kini tampil dalam format digital dengan layar 7 inci, serta pengoperasian AC melalui panel sentuh, menunjukkan kemasan teknologi yang semakin modern. Tidak hanya itu, fasilitas Smart USB charging dan antarmuka USB juga menjadi bagian dari fitur-fitur yang tersedia

Harga Mobil Listrik Seres E1

Apakah Anda tertarik untuk memiliki mobil listrik kompak ini? Harga Seres E1 tahun 2023 dimulai dari Rp 189 juta (OTR Jakarta) untuk varian Type B. Sementara varian Type L hanya dihargai sekitar Rp 219 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, harga mobil ini sebanding dengan Wuling Air EV.

Namun, ada kekurangan pada Seres E1 yang perlu diperhatikan, yaitu belum memenuhi syarat untuk mendapatkan subsidi mobil listrik, meskipun telah diproduksi secara lokal atau dalam bentuk CKD. Hal ini disebabkan oleh persyaratan komponen lokal yang belum mencapai 40 persen.

Berikut ini adalah daftar harga lengkap untuk mobil listrik Seres E1 tahun 2023:

  • Seres E1 Type B: Rp 189 juta
  • Seres E1 Type L: Rp 219 juta

“Penetapan harga Seres E1 mencerminkan komitmen PT Sokonindo Automobile dalam mengpopularisasikan kendaraan listrik serta dukungan aktif terhadap pengembangan ekosistem mobil listrik yang diusung oleh Pemerintah Indonesia. Ini juga sesuai dengan upaya Indonesia untuk mencapai Net Zero Emisi pada tahun 2060, yang membutuhkan dukungan penuh dari semua pihak,” ungkap COO PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Setelah memahami spesifikasi dan harga Seres E1 tahun 2023, apakah Anda tertarik untuk memiliki mobil listrik ini? Tetap pantau wartaoto.com untuk informasi menarik seputar dunia otomotif lainnya.