Mengenal Mobil Listrik Toyota yang Dipasarkan di Indonesia

Mobil listrik Toyota mulai berhasil menarik minat banyak pencinta otomotif. Minat tersebut bisa tertarik karena kendaraan tipe ini tidak lagi harus menggunakan bahan bakar. Penggunaan listrik sudah cukup untuk menjadi sumber dayanya. Menurut beberapa sumber, Toyota sudah mengeluarkan uang hingga puluhan triliun untuk program ini.

Tentu, uang tersebut jumlahnya tidak sedikit dan membuktikan bahwa Toyota memang serius membuat programnya. Sebenarnya di tahun 2022 nanti, sudah ada target agar mobil listrik menjadi produksi lokal di Indonesia. Namun melihat kurangnya pemahaman masyarakat tentang produk ini, entah bagaimana kelanjutan dari target tersebut.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa mobil listrik Toyota yang dipasarkan. Tentu, kualitas produknya tidak akan mengecewakan konsumen. Jika kamu menaruh minat pada mobil listrik, merek Toyota bisa dijadikan pilihan. Jika kamu belum mengetahui, mari mengenal lebih jauh mengenai produk yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Lexus dan Corolla Menjadi yang Pertama

Lexus adalah tipe pertama yang bisa dipilih. nama lengkapnya sendiri adalah Lexus UX 300e. Pertama kali kendaraan ini rilis adalah di bulan november tahun 2020. Tentu, usianya sekarang belum mencapai satu tahun. Baterainya sendiri tidak main-main. Lexus UX sudah mengusung baterai lithium ion.

Kualitas baterai tersebut sudah tidak perlu diragukan. Ketahanannya sangat baik dan tidak membutuhkan waktu terlalu lama ketika dilakukan pengisian daya. Kapasitas mobil listrik Toyota ini juga cukup tinggi. Tercatat, kapasitasnya mencapai 54.35 kWh. Dengan kapasitas itu, 201 tenaga kuda akan bisa dikeluarkan.

Viral :   Spesifikasi Dan Harga Mobil Toyota bZ4X

Selain itu, torsinya juga mencapai 300 Nm. Hanya dengan melakukan sekali pengisian daya, jarak tempuhnya bisa langsung mencapai 300 km. Karena masih baru, harganya jelas cukup tinggi. Untuk mendapatkannya, diperlukan uang sekitar 1,25 milliar rupiah. harga tersebut adalah untuk otr Jakarta.

Selain lexus, corolla juga bisa dijadikan pilihan. Corolla yang dimaksud adalah Corolla Cross Hybrid HEV. Kendaraan ini juga dirilis di Indonesia pada tahun 2020. Hanya saja, waktu keluarnya lebih cepat dibanding lexus UX. Itu karena, Cross Hybrid keluar pada bulan agustus 2020.

Jika melihat pada mesinnya, mobil listrik Toyota ini sudah menggunakan mesin dengan kode 2ZR-FXE. Kapasitas mesin tersebut cukup tinggi. Tercatat, kapasitas mesinnya mencapai 1.798 cc. Kapasitas tersebut ditunjang dengan dengan 4 silinder. Selain itu, teknologi VVT-i juga ditambahkan sebagai penunjang.

Dengan gabungan spesifikasi tersebut, tenaga maksimumnya mencapai 72 PS. Tidak seperti desain mobil listrik biasanya, kendaraan ini dapat dikatakan cukup panjang. Panjangnya saja hampir mencapai 4,5 meter. Tingginya juga normal di angka 1,6 meter. Untuk mendapatkannya, kamu perlu mengeluarkan uang 500 juta rupiah untuk otr Jakarta.

Corolla Altis, Camry, dan C-HR Juga Bisa Dipilih

Masih ada jenis corolla lain yang dipasarkan di Indonesia. Jenisnya sendiri adalah corolla altis. Jenis ini sebenarnya memiliki spesifikasi lebih tinggi dari corolla hybrid. Namun, usianya sedikit lebih tua. Itu karena, kendaraan ini sudah keluar sejak september 2019. Harganya juga sedikit tinggi karena berada pada angka 586 juta rupiah untuk otr Jakarta.

Viral :   Mobil Listrik Autonom, Bagaimana Cara Kerjanya Mesinnya?

Spesifikasinya cukup tinggi. Mesin Corolla altis mengusung mesin Atkinson Cycle. Dengan mesin tersebut, kendaraan ini dapat mengeluarkan out put hingga 98 PS. Torsinya juga mencapai 142 Nm. Jenis mobil listrik Toyota yang bisa dipilih selanjutnya adalah camry hybrid. Usia kendaraan ini sudah lebih tua lagi.

Pertama kali kendaraan ini datang ke Indonesia adalah pada bulan Januari 2019 lalu. Keunikan dari kendaraan ini terletak pada keberadaan moonroof. Selain itu, mesinnya sudah mengusung A25A-FXS. Camry Hybrid juga sudah memakai audio system yang mempuni. Audio systemnya menggunakan AVN 8 inch layar sentuh.

Tipe terakhir yang juga bisa dipilih adalah C-HR Hybrid. Mesinnya menggunakan ZR-FXE. Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan cukup lumayan. Tercatat, kendaraan ini bisa mengeluarkan tenaga hingga 100 PS. Keunggulan lain dari kendaraan ini terletak pada emisi CO2. Emisinya lebih rendah 60 persen dibanding kendaraan lain. Harganya adalah 546 juta untuk otr Jakarta.

Sebenarnya hingga tahun 2025 nanti, Toyota sudah membuat program untuk terus memperbanyak mobil listriknya di Indonesia. Jika ingin program tersebut sukses, Indonesia sendiri perlu terus memperbaiki infrastruktur yang ada. Dengan perbaikan infrastruktur, program mobil listrik Toyota di Indonesia pasti bisa sukses.