Ingin Beli Motor Listrik Viar? Perhatikan 3 Hal ini

Motor listrik Viar sedang menjadi perbincangan hangat bagi para pecinta kendaraan listrik. Bagi Anda yang sudah menantikan kendaraan listrik, tentu sudah tidak asing dengan kehadiran motor listrik dari Viar, yaitu New Q1. Berbagai keunikan dimiliki motor listrik ini dan siap memanjakan Anda di setiap perjalanan.

Motor ini sudah bisa digunakan di jalan raya secara legal karena sudah dilengkapi surat-surat kendaraan. Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 18,95 juta, harga yang masih terjangkau untuk kendaraan. Anda bisa bandingkan dengan motor listrik lainnya karena harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda.

Penggunaan motor listrik dikatakan bisa lebih ramah lingkungan karena emisi gas yang dihasilkan bersih jadi tidak menimbulkan polusi udara. Selain itu, motor listrik masih memiliki beberapa kelebihan lain yang membuat semakin banyak peminatnya di Indonesia dan mungkin Anda salah satu pecinta motor listrik ini.

Bagi Anda yang ingin membeli motor listrik Viar, penting untuk memperhatikan spesifikasi yang dimilikinya agar sesuai dengan kebutuhan. Ada 3 hal penting dalam spesifikasi motor listrik yang harus Anda perhatikan sebelum membelinya dan berikut akan kami jelaskan 3 spesifikasi penting pada motor listrik.

Dimensi Motor Listrik yang Ramping dan Imut

Umumnya, motor listrik memiliki dimensi yang ramping dan imut jadi cocok bagi Anda yang suka mengendarai motor ramping. Begitu juga dengan motor listrik dari Viar ini karena hanya memiliki ukuran 1.680mmx690mmx1.220mm. Dengan begitu, motor listrik ini pas untuk pengendara yang memiliki tinggi kurang dari 160cm.

Viral :   Sejarah Mobil Tesla yang Terus Menorehkan Prestasi

Meski ukuran motor listrik viar ini relatif kecil, tidak masalah jika orang dengan tinggi lebih dari 170cm juga mengendarainya. Hanya saja, posisinya menjadi kurang nyaman karena harus duduk lebih mundur ke belakang. Akibatnya, tidak ada ruang di kursi belakang jadi tidak bisa untuk berboncengan.

Motor ini memiliki jok berukuran relatif kecil juga karena menyesuaikan dimensi motor listrik secara keseluruhan. Apabila motor ini digunakan oleh orang dengan tinggi kurang dari 160cm, maka posisinya akan lebih nyaman. Bahkan, Anda bisa memboncengkan satu orang di belakang dengan nyaman juga.

Baterai Motor Listrik yang Perlu Diketahui

Motor listrik viar memiliki 2 buah slot baterai dengan bisa diisi, tapi Anda hanya akan mendapatkan 1 buah baterai saat membelinya jadi jika ingin mendapatkan 1 buah baterai lagi, maka Anda harus membelinya secara terpisah. Baterai Lithium-ion ini dijual dengan harga cukup mahal, yaitu Rp6,5juta.

Baterai ini mampu melakukan charging cycle hingga 1.000 kali dan memiliki sistem battery management untuk menjaga suhu atau tegangan listrik secara akurat sehingga baterai mampu menyimpan tenaga dan mengeluarkannya secara efektif. Baterai viar terbaru memiliki spesifikasi yang lebih tangguh dibanding keluaran sebelumnya, yaitu 60v 23ah.

Pengisian daya baterai dari kosong hingga penuh dibutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 jam, waktu yang cukup cepat. Selagi Anda mengisi ulang daya atau melepas baterai, pastikan jika Anda sudah mematikan saklar pengaman menjadi posisi OFF. Dengan begitu, Anda bisa melepasnya dengan aman dan mengisinya.

Viral :   Mobil Tenaga Surya Teknologi Terbaru yang Wajib Diikuti

Jarak Tempuh Motor Listrik dengan Dua Baterai yang Disematkan

Viar mengklaim bahwa motor listrik keluarannya ini mampu menjelajah sampai 120km dengan dua baterai yang disematkan. Jadi, saat Anda menggunakan satu baterai saja maka jarak tempuhnya akan berkurang dua kali lipat, yaitu 60km. Angka tersebut merupakan jarak maksimal yang bisa ditempuh motor listrik Viar.

Ada berbagai faktor lain yang bisa memengaruhi jarak tempuh yang bisa dilakukan, seperti kecepatan, kondisi jalan hingga bobot pengendara juga berpengaruh. Daya baterai akan semakin cepat habis jika Anda melewati jalanan menanjak, melaju dengan kecepatan maksimal hingga sering stop dan go saat mengendarainya.

Namun, jika daya baterai kurang dari 50% lebih baik langsung melakukan pengisian ulang sebagai antisipasi jika Anda harus melakukan perjalanan lagi. Dengan estimasi ini, Anda bisa memperhitungkan jarak yang akan ditempuh terlebih dahulu sehingga tidak akan kehabisan daya baterai saat berada di tengah perjalanan.

Menariknya, baterai motor listrik dibuat portable jadi bisa dilepas sehingga pengisian daya baterai menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan begitu, Anda bisa menikmati perjalanan menggunakan motor listrik ini tanpa takut kehabisan daya listrik. Tidak ada salahnya jika Anda melengkapi motor listrik viar dengan baterai tambahan.